5 Cara Menyimpan Ikan Asin Biar Awet dan Baunya Nggak Kemana-mana

11 November 2019, at 16:00
0
0
5 Cara Menyimpan Ikan Asin Biar Awet dan Baunya Nggak Kemana-mana

Ada yang suka banget sama ikan asin? Olahan hasil laut yang satu ini biasanya dimasak menjadi penyetan dengan sambal terasi pedas.

Nggak hanya enak dijadikan sambal, tapi juga nikmat disajikan dengan menu berkuah seperti sayur asem. Di pasar tradisional atau modern, ikan asin bisa ditemukan dengan mudah.

Nah, buat kamu yang ingin mengolahnya nanti, ketahui dulu deh cara menyimpan ikan asin biar awet dan baunya nggak menyebar ke seluruh ruangan. Simak yuk!

1. Jangan Simpan di Wadah Plastik

menyimpan ikan asin
photoshelter.com

Cara menyimpan ikan asin yang pertama adalah jangan pernah menaruhnya di wadah plastik dengan jangka waktu yang cukup lama.

Wadah plastik memiliki suhu yang panas dan bisa membuat garam dalam ikan asin mencair. Hal inilah yang membuat ikan asin terasa lebih lembab.

2. Gunakan Kertas Polos

menyimpan ikan asin di kertas
dreamstime.com

Untuk menghindari ikan asin menjadi lembab, ada baiknya untuk menyimpannya dalam bungkusan kertas polos.

Ingat, yang digunakan adalah kertas polos ya. Bukan koran ataupun kertas hasil fotokopi. Hal ini karena bahan kimia dari tinta kertasnya bisa memudar, sehingga akan membahayakan tubuh.

3. Jemur Ikan Teri Sesekali

menjemur ikan teri asin
woolymossroots.com

Buat kamu yang akan membeli ikan asin teri dalam jumlah yang banyak, kamu harus menyempatkan waktu untuk menjemurnya sesekali.

Gunanya agar kadar air dalam ikan teri tetap berkurang dan nggak menjadi lembab. Jemur di bawah sinar matahari selama 3 jam saja.

Baca juga: 8 Cara Terbaik Menyimpan Makanan Dalam Kulkas, Agar Tetap Awet dan Menyehatkan

4. Pastikan Tangan Kering Saat Menjemurnya

menjemur ikan asin teri
alicdn.com

Sebelum menjemur kembali ikan teri, sebaiknya kamu memastikan tanganmu dalam keadaan kering ya. Karena ikan teri yang lembab akan membuatnya lebih cepat bau. Sayang banget kan kalau nggak bisa dipakai?

5. Jangan Langsung Menyimpan Ikan Asin dalam Wadah Kaca

menyimpan ikan asin dalam toples kaca
seriouseats.com

Seperti yang sudah dijelaskan, menyimpan ikan asin nggak boleh di wadah plastik. Tapi juga jangan langsung dimasukkan dalam wadah kaca.

Pastikan dulu ikan asin dibungkus dengan kertas polos dan dimasukkan dalam wadah kaca.

Itulah tips menyimpan bahan masakan agar tetap awet yang penting kamu ketahui. Hayo, mulai sekarang jangan sampai salah-salah lagi ya!

0 Comment