Qupas Family

5 Cara Mudah Bangunkan Anak Sahur, Nggak Perlu Banyak Drama!

03 May 2020, at 05:00
5 Cara Mudah Bangunkan Anak Sahur, Nggak Perlu Banyak Drama!

Membangunkan anak untuk sahur bisa menjadi tantangan tersendiri untuk orang tua. Pasalnya, si kecil bisa saja ngambek dan berujung dengan terjadinya banyak drama.

Akan tetapi, Bunda nggak perlu bingung karena Qupas punya 5 tips mudah membangunkan anak sahur. Penasaran kan apa saja? Yuk langsung simak saja!

1. Buat Jadwal Tidur

Cara Membangunkan Anak Sahur (Foto: health.clevelandclinic.org)
health.clevelandclinic.org

Tahu nggak sih, jam tidur menjadi salah satu faktor penting yang harus diatur agar anak bisa bangun sahur dengan mudah. Semakin malam si kecil tidur, maka akan semakin sulit saat dibangunkan untuk sahur.

Maka dari itu, orang tua sebaiknya mengubah jadwal tidur anak menjadi lebih awal dibandingkan hari-hari biasanya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan durasi tidur ideal sesuai usia buah hati ya!

2. Bangunkan dengan Lembut

Membangunkan Anak Sahur (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Meskipun mungkin akan sulit, namun orang tua sebaiknya membangunkan anak untuk sahur dengan cara yang lembut. Biarkan si kecil mengumpulkan kesadarannya secara perlahan dan nggak tergesa-gesa.

Membangunkannya dengan terburu-buru, marah, dan lain sebagainya justru akan membuatnya kaget dan membuat suasana hatinya jadi buruk.

3. Siapkan Menu Kesukaan Anak

Tips Membangunkan Anak Sahur (Foto: thriveglobal.com)
thriveglobal.com

Cara membangunkan anak untuk sahur dengan mudah lainnya adalah dengan menyiapkan menu kesukaannya. Sebelum tidur, bunda bisa memberikan bocoran tentang hal tersebut.

Secara nggak langsung, menu makanan itu akan membuat si kecil bersemangat lho! Walau demikian, jangan lupakan kandungan gizinya ya!

Baca juga: 5 Cara Mudah Melatih Anak Berpuasa, Jangan Dipaksa Ya Bunda!

4. Beri Pujian

Membangunkan Sahur Anak (Foto: parenting.lk)
parenting.lk

Selain itu, jangan lupa memberikan pujian kepada buah hati atas segala pencapaian yang mereka lakukan. Termasuk, saat belajar puasa dan bangun sahur.

Meskipun terkesan sederhana, namun hal ini dapat membuat si kecil lebih bersemangat bangun sahur dan menjalani puasanya lho!

5. Pastikan Si Kecil Memahami Makna Sahur dan Puasa

Tips Membangunkan Sahur Anak (Foto: atlantaparent.com)
atlantaparent.com

Sebelum melakukan empat hal di atas, orang tua sebaiknya memastikan bahwa si kecil sudah memahami makna sahur dan puasa.

Berikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh buah hati.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara membangunkan anak sahur dengan mudah dan nggak perlu banyak drama.