Qupas Family

5 Cara Mudah Membuat Anak Jatuh Cinta pada Pelajaran Matematika

05 February 2020, at 10:00
1
5 Cara Mudah Membuat Anak Jatuh Cinta pada Pelajaran Matematika

Orang tua mana sih yang senang kalau buah hatinya mendapatkan nilai yang memuaskan? Meskipun ada banyak aspek dalam kehidupan, akan tetapi mengusai materi dan mendapatkan nilai bagus memang masih menjadi salah satu hal yang ditekankan dalam pendidikan anak Indonesia.

Salah satu mata pelajaran yang seringkali menjadi momok menakutkan bagi anak-anak adalah matematika. Dengan berbagai alasan, bidang studi ini seringkali menjadi hal yang paling dibenci.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa cara mudah membuat anak suka matematika.

1. Tanamkan Mindset Bahwa Matematika Menyenangkan

Menghitung (Foto: marvelmama.net)
marvelmama.net

Mindset atau pola pikir yang menyebutkan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membingungkan seringkali membuat anak takut sebelum mencobanya.

Maka dari itu, perkenalkan buah hati pada matematika dengan cara yang santai dan interaktif melalui lagu dan permainan. Hal ini akan membentuk mindset si kecil sehingga ia menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan.

2. Gunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Belajar Menghitung (Foto: mommabe.com)
mommabe.com

Selain menanamkan pola pikir bahwa matematika merupakan pelajaran yang menyenangkan, orang tua bisa membiasakan si kecil untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membuat buah hati merasa bahwa bidang studi itu mudah.

Cobalah untuk mengajak anak untuk membandingkan harga barang di swalayan, menghitung jumlah mainannya, dan lain sebagainya.

3. Berikan Apresiasi

Hadiah (Foto: forbes.com)
forbes.com

Semua orang pasti sedang mendapatkan pujian atau penghargaan. Hal tersebut juga berlaku untuk anak-anak lho! Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi pada si kecil setiap kali ia berhasil dalam hal yang terkait dengan matematika.

Sesuaikan apresiasi dengan tingkat keberhasilannya ya! Hal tersebut akan membuat anak terus termotivasi dan menyukai matematika.

Baca juga: Anak Sulit Memahami Pelajaran di Sekolah, Orang Tua Bisa Lakukan Ini untuk Membantunya

4. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Belajar (Foto: sittercity.com)
sittercity.com

Nggak hanya memberikan apresiasi saat si kecil berhasil saja, namun orang tua juga perlu meningkatkan kepercayaan dirinya setiap saat.

Apabila si kecil merasa kesulitan, orang tua harus selalu memberikan dukungan. Jangan mematahkan semangatnya karena setiap proses belajar pasti diwarnai dengan berbagai kegagalan.

5. Jangan Memaksa!

Belajar Matematika (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Cara mudah membuat anak jatuh cinta pada pelajaran matematika yang satu ini nggak boleh diabaikan. Pasalnya, memaksa hanya akan membuat anak tertekan dan kesulitan.

Bukannya suka, hal tersebut justru membuat anak membenci matematika lho!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara mudah membuat anak suka matematika. Yuk coba di rumah!