Qupas Family

5 Cara Seru Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini, Yuk Coba!

11 December 2019, at 10:00
1
5 Cara Seru Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini, Yuk Coba!

Mengajarkan anak tentang uang dan menabung memang nggak semudah kelihatannya. Faktanya, ada banyak orang tua yang mengaku kesulitan dalam hal tersebut.

Padahal, menabung merupakan salah satu hal penting yang harus dikenalkan dan dibiasakan sejak dini. Hal tersebut akan membantu si kecil dalam hal mengatur keuangan saat sudah dewasa nanti.

Meskipun mungkin sulit bagi beberapa orang, namun berikut ini 5 cara menyenangkan ajarkan anak menabung sejak dini yang bisa kamu terapkan.

1. Kenalkan Konsep Uang

anak belajar menabung
stocksy.com

Hal pertama yang perlu orang tua lakukan sebelum mengajarkan anak untuk menabung adalah memperkenalkan konsep uang beserta fungsinya.

Orang tua bisa mulai dengan hal-hal sederhana seperti mengenalkan pecahan uang dari yang terkecil hingga trebesar kepada buah hati. Hal tersebut akan membuat si kecil mengerti tentang nilai uang.

Selain itu, orang tua juga perlu memberikan penjelasan sederhana kepada buah hati tentang tujuan menabung.

2. Berikan “Pancingan” untuk Menabung

anak menabung
todaysparent.com

Setelah buah hati mengenal konsep uang, cobalah untuk membuat “pancingan” agar si kecil tergerak untuk menabung.

Misalnya dengan memberikan uang saku secukupnya dan tegaskan bahwa kamu sebagai orang tua nggak akan memberikan uang melebihi yang telah ditetapkan.

Secara nggak langsung, hal ini akan membuat si kecil berinisiatif untuk menyisihkan uangnya alias menabung apabila ingin membeli sesuatu yang lain.

3. Kenalkan dengan Celengan

ajarkan anak menabung
blackenterprise.com

Meskipun terlihat klasik, namun celengen merupakan salah satu media yang penting untuk mengajarkan pentingnya menabung pada anak lho.

Belikan celengan yang lucu dan menarik untuk menambah semangat si kecil dalam hal menabung. Beri tahu anak bahwa misinya adalah mengisi celengan tersebut dengan uang sampai nggak ada ruang.

Baca Juga: 5 Cara Menyenangkan Mengajarkan Anak Tentang Uang

4. Berikan Tantangan

tantangan untuk anak
123rf.com

Untuk menambah semangat buah hati dalam hal menabung, orang tua bisa memberikan tantangan bagi mereka. Buatlah situasi yang membuat anak-anak “bekerja” untuk mendapatkan uang sebagai imbalan.

Minta si kecil untuk melakukan tugas-tugas sederhana seperti mencuci piringnya sendiri, membersihkan kamar, merapikan mainannya, dan lain sebagainya. Sebagai imbalan, berikan uang saku yang jumlahnya nggak terlalu banyak untuk ditabung.

Hal tersebut secara nggak langsung akan membuat si kecil lebih menghargai uang dan belajar untuk bertanggung jawab.

5. Ajarkan Anak Menabung di Bank

anak menabung di bank
kidspot.com.au

Setelah anak-anak terbiasa menabung di celengan, orang tua bisa mulai mengenalkan media menabung lainnya yaitu bank. Kamu dan si kecil bisa membuka tabungan khusus anak-anak juga lho!

Pada tahap awal, orang tua bisa membantu anak untuk mengisi rekening tabungannya terlebih dahulu. Setelah itu, ajarkan si kecil untuk menabung terlebih dahulu di celengan dan menyetorkannya secara berkala di bank.

Baca Juga: Panduan Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Baik Versi Harvard University

Kamu juga bisa memperlihatkan jumlah saldo yang tercetak di buku rekening setiap kali selesai menabung. Hal tersebut pasti membuat buah hati senang dan semakin semangat.

Wah, ternyata menabung bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan ya Sobat Qupas. Berani mencobanya nggak?