5 Cara Tepat Mengurangi Porsi Makan Tanpa Harus Menahan Lapar

15 September 2019, at 20:00
0
0
5 Cara Tepat Mengurangi Porsi Makan Tanpa Harus Menahan Lapar

Sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan? Tentu, kamu pun juga harus memilih-milih bahan masakan untuk mengurangi porsi jatah makan. Pasalnya, makanan yang kamu pilih bisa berpengaruh pada tingkat kepuasan makan dan kekenyangan.

Nah, biar nggak salah perkiraan dan berujung lapar, ini lho cara tepat mengurangi porsi makan biar bisa nahan lapar. Simak yuk!

1. Usahakan untuk menggunakan piring kecil

tips mengurangi porsi makan sedikit
pinterest.com

Menggunakan alat makan juga perlu diperhatikan lho. Sekitar 70 persen orang cenderung mengisi piring makan sesuai dengan ukuran piring yang digunakan.  

Penelitian yang dilakukan Cornell University tahun 2012, jika ingin mengurangi porsi makan sebaiknya gunakan piring berwarna putih dan memiliki ukuran yang kecil.

2. Mengisi piring dengan sayur dan buah terlebih dahulu

mengisi piring dengan sayuran
cookinglight.timeinc.net

Cara tepat mengurangi porsi makan atau dengan mengisi piring dengan sayur dan buah-buahan terlebih dahulu. Itu karena sayur dan buah nggak menyumbang kalori berlebihan dalam tubuh.

Penuhi dengan buah atau sayur, setidaknya hingga memenuhi setengah dari sayur dan buah. Biar kamu nggak perlu takut kelaparan.

3. Minum air putih sebelum makan

minum air putih sebelum makan
medicalnewstoday.com

Biar porsi makanmu yang dikurangi nggak membuatmu khawatir kelaparan, ada baiknya untuk meminum sebanyak 500 ml air mineral sebelum makan.

Kamu bisa mencobanya di pagi hari, maka kamu akan memakan asupan makanan 13 persen lebih sedikit. Air putih juga bisa menghilangkan dahaga sebelum makan.

Baca juga: Trik Memasak Sederhana ala Koki Resto Bintang Lima, Ibu Muda Wajib Tahu Nih

4. Terapkan “mindful eating”

mindful eating
yogajournal.com

Kalau sedang makan, sebaiknya terapkan “mindful eating”. Itu artinya berikan perhatian penuh pada makanan. Usahakan untuk menghindari melakukan aktivitas lainnya sambil makan.

Contohnya seperti makan sambil menonton televisi. Hal itu justru akan membuat tubuh cepat merasa kekenyangan.

5. Pastikan ada bahan makanan dengan sumber protein di piringmu

bahan makanan dengan sumber protein
harvard.edu

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa makanan dengan kandungan sumber protein tinggi bisa meningkatkan rasa kenyang lebih besar daripada yang kaya akan karbo atau lemak.

Jadi, selalu pastikan di piring makanmu selalu ada telur, ayam tanpa kulit, atau pun tempe.

Itulah lima cara tepat mengurangi porsi makan tanpa perlu khawatir merasakan lapar. Jadi, sudah siap menjalani diet?

0 Comment