Qupas Family

5 Cara Tepat Merencanakan Pendidikan Anak, Orang Tua Wajib Menyimak!

02 May 2020, at 05:00
5 Cara Tepat Merencanakan Pendidikan Anak, Orang Tua Wajib Menyimak!

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Bagi hampir semua orang tua, masa depan anak merupakan hal yang utama. Agar si kecil dapat meraih kesuksesan, pendidikan merupakan salah satu hal terpenting yang nggak boleh diabaikan.

Bukan hanya terkait dengan finansial, beberapa hal berikut ini juga perlu diperhatikan saat merencanakan pendidikan anak. Apa saja ya?

1. Ketahui Bakat dan Minatnya Sejak Dini

Merencanakan Pendidikan Anak (Foto: flickr.com)
flickr.com

Mengetahui bakat dan minat anak sejak dini merupakan hal yang penting dalam merencanakan pendidikannya. Hal tersebut dilakukan agar orang tua bisa memiliki gambaran dalam hal mengarahkan buah hati sesuai dengan apa yang ia sukai.

Setiap anak lahir istimewa dengan bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Mengetahuinya sejak dini dapat memaksimalkan tahap perkembangan dan pertumbuhannya.

2. Menentukan Sekolah yang Terbaik

Menentukan Sekolah Anak (Foto: steemkr.com)
steemkr.com

Setelah mengetahui bakat dan minat anak, orang tua bisa mulai menentukan mana sekolah terbaik yang bisa mengembangkan hal tersebut secara maksimal. Meskipun kesukaan dan cita-cita buah hati pasti akan berubah-ubah seiring dengan bertambahnya usia, nggak ada salahnya kan mencoba?

Memberikan pendidikan yang terbaik sesuai dengan apa yang mereka senangi bisa jadi membuat si kecil memiliki gambaran masa depan sejak dini.

3. Lakukan Estimasi Biaya Pendidikan

Dana Pendidikan Anak (Foto: winnie.com)
winnie.com

Setelah menentukan sekolah terbaik untuk anak berdasarkan bakat dan minatnya, orang tua sebaiknya mencari tahu biaya pendidikan di tempat tersebut.

Kondisi finansial sering kali menjadi penghambat utama dalam perencanaan pendidikan anak. Maka dari itu, orang tua sebaiknya nggak lupa untuk melakukan estimasi biaya pendidikan.

Baca juga: Catat! 6 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar untuk Anak

4. Jadi Teman untuk Anak

Pendidikan Anak (Foto: letgrow.org)
letgrow.org

Orang tua juga perlu menjadi teman untuk anak. Bagaimana pun, kesuksesan pendidikan nggak hanya tanggung jawab guru di sekolah namun juga orang tua di rumah.

Jadilah tempat ternyaman bagi anak untuk berbagi semua hal, termasuk bercerita. Hal ini akan mempermudah orang tua untuk mengetahui perkembangan dari pendidikan dan pergaluan buah hati.

5. Jangan Memaksakan Kehendak

Pendidikan untuk Anak (Foto: todaysparent.com)
todaysparent.com

Hal penting lainnya dalam merencanakan pendidikan anak adalah nggak memberikan paksaan. Apabila anak masih terlalu kecil, hal ini mungkin bisa saja dilakukan. Akan tetapi jika buah hati sudah bisa diajak berdiskusi, sebaiknya jangan memutuskan secara sepihak ya!

Libatkan buah hati untuk menentukan arah pendidikannya sejak dini melalui diskusi. Hal tersebut akan membuat anak menjadi pribadi yang lebih terbuka dan bertanggung jawab.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara tepat merencanakan pendidikan anak sejak dini. Nggak hanya masalah finansial yang perlu diperhatikan!