5 Cita Rasa Khas Makanan Dibungkus Daun Pisang ala Indonesia

11 June 2018, at 14:00
1
0
5 Cita Rasa Khas Makanan Dibungkus Daun Pisang ala Indonesia

Beberapa restoran luar negeri yang sudah banyak masuk dan menjamur di Indonesia memang menjadi favorit lidah orang Indonesia. Namun, siapa yang diantara kalian masih menjadi penggemar berat dari masakan Indonesia yang dibungkus daun pisang? Qupas, akan mengingatkan kembali 5 makanan yang dibungkus daun pisang dengan cita rasa lezat ala negeri kita tercinta, Indonesia.

 

1. Arem-Arem

 

ikikoue.com

 

Bentuk arem-arem seperti jajanan tradisional lain yaitu lemper. Namun arem-arem berisi nasi dengan sayur-sayuran dan ayam sambal pedas di dalamnya. Jajanan ini sering kali menjadi pengganti sarapan dan sebagai alternatif lain membawa nasi agar tidak ribet dan memakan banyak tempat.

 

2. Bothok

 

masteresep.com

 

Makanan khas Jawa ini merupakan masakan yang berbahan dasar ampas kelapa dan dibumbui dengan cabe merah besar dan beri tambahan tahu, tempe, dan udang. Dibungkus dalam daun pisang membuat aroma khasnya terasa dan gurih saat dimakan.

 

3. Garang Asem

 

sajiansedap.grid.id

Masakan yang berasal dari Jawa Tengah ini merupakan olahan ayam yang berkuah santan. Garang asem memiliki cita rasa asam dan pedas yang bertemu di satu piring yang lezat. Untuk mencicipi masakan ini kamu bisa menemukannya di daerah Semarang, Demak, dan Kudus. Masakan ini lebih nikmat lagi jika kamu santap dengan nasi panas.

 

4. Nasi Bakar

 

sportourism.id

Jika kamu ingin membuatnya, cara sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan nasi dan daging sapi yang sudah dibumbui pedas. Bungkus dengan daun pisang dan bakar sampai bau daun pisang mulai tercium harum. Cukup mudah bukan?

 

5. Nasi Kucing

 

gulalives.co

Kalau kamu sedang berada di Yogyakarta, kamu pasti akan mudah menemukan nasi imut yang dibungkus dengan daun pisang ini. Dengan porsi super mini, nasi kucing ini dijual dengan harga sekitar 1000 sampai 2500 rupiah. Kamu bisa lahap memakannya hanya dengan satu kali suapan. Biasanya, nasi kuning dijual dengan sambal dan ikan kecil seperti teri. Nasi kucing cocok untuk pengganjal perut di saat perjalanan mudik.

Persiapan mudik yang sebentar lagi akan dilaksanakan oleh warga Indonesia perantauan memang menjadi tradisi unik tersendiri. Tentunya berbagai persiapan menjelan mudik sudah banyak dilakukan. Termasuk membawa perbekalan makanan di jalan. Makananan dengan bungkus daun pisang ini bisa kamu jadikan untuk bekal makananmu yang pastinya tidak ribet dan membutuhkan banyak tempat saat membawanya.

 

 

0 Comment