Qupas Beauty

5 Deodoran Alami yang Ampuh Usir Bau Badan dan Ketiak Menghitam

15 September 2019, at 11:00
5 Deodoran Alami yang Ampuh Usir Bau Badan dan Ketiak Menghitam

Untuk mengatasi bau ketiak, banyak orang memilih cara instan dengan menggunakan deodoran. Setelah pemakaiannya, produksi keringat hingga aroma kurang sedap memang bisa berkurang.

Tapi banyak yang nggak tahu, penelitian telah munjukkan bahwa jumlah bakteri yang ada di ketiak pengguna deodoran lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang nggak pernah memakainya.

Itulah yang menyebabkan bau ketiak jadi lebih menyengat apabila berhenti memakai deodoran. Untuk menyiasatinya, kamu bisa lho memanfaatkan bahan di bawah ini sebagai deodoran alami.

1. Minyak Esensial

minyak esensial
norfolkbotanicalgarden.org

Minyak esensial biasanya terbuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan. Dengan aroma yang beragam, kamu pun bisa memanfaatkannya sebagai pengganti deodoran.

Misalnya saja lavender oil, rosemary oil, coconut oil, hingga tea tree oil. Terlebih lagi, beberapa minyak esensial punya kandungan anti bakteri yang ampuh untuk mengusir bau badan.

2. Lidah Buaya

lidah buaya
instagram.com/biofreshbe

Banyak kandungan di dalam lidah buaya yang bermanfaat bagi kecantikan. Salah satunya, ada antioksidan dan antibakteri yang berfungsi mengusir perkembangbiakan bakteri.

Cara membuat deodoran alami dari lidah buaya pun mudah. Cukup campurkan dua sendok aloe vera gel dengan satu sendok madu.

Setelah itu, oleskan ke ketiak selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini tiga kali dalam seminggu, dan kamu pun nggak perlu memakai deodorant lagi deh.

Baca juga: 5 DIY Lip Scrub Alami yang Gampang Dibuat Meski dengan Budget Terbatas

3. Lemon

lemon
natural-cure.org

Manfaat lemon untuk kecantikan juga sangat banyak. Salah satunya bisa mencerahkan kulit.

Itulah mengapa, buah masam ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk memutihkan ketiak yang hitam sekaligus menghilangkan bau yang menyengat.

Untuk penggunaannya, kamu bisa belah buahnya jadi dua dan oleskan langsung ke ketiak.

4. Cuka Apel

cuka apel
hearstapps.com

Beberapa tahun belakangan, manfaat cuka apel untuk kecantikan mulai dikenal. Bahkan bahan alami ini digunakan juga oleh selebriti Hollywood untuk merawat kulit.

Kamu pun bisa menggunakannya sebagai deodoran alami. Karena cuka apel mengandung bahan anti-bakteri yang ampuh mengatasi bau badan yang sering kali bisa mengurangi rasa percaya diri.

5. Kunyit

kunyit
onecms.io

Nggak banyak yang tahu, kunyit bisa dipakai untuk mengusir komedo, mencerahkan kulit, memerahkan bibir, mengatasi wajah kering, hingga menghilangkan bulu ketiak.

Selain itu, mengoleskan masker dari bubuk kunyit ke ketiak secara teratur ternyata juga ampuh untuk mengatasi ketiak menghitam dan menghilangkan baunya lho.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu pakai untuk menggantikan deodorant. Selain lebih aman, kamu juga nggak perlu keluar budget banyak.