5 Ecolodges di Indonesia, Penginapan yang Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Alam

22 November 2019, at 11:00
0
0
5 Ecolodges di Indonesia, Penginapan yang Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Alam

Soal pariwisata, Indonesia nggak perlu diragukan lagi. Berbagai macam wisata nyaris ada di seluruh penjuru negeri dan mampu mendatangkan traveler dari pelosok Nusantara hingga mancanegara.

Selain tempat wisata, akomodasi dengan beragam konsep juga bisa ditemukan. Salah satunya adalah ecolodge, sebutan penginapan yang diklaim ramah lingkungan dan bikin kita lebih dekat dengan alam.

Buat para traveler sejati, kamu bisa menemukan ecolodge di beberapa wilayah Indonesia lho. Dimana saja sih lokasinya?

1. Kelimutu Crater Lakes Ecolodge

kelimutu crater lakes ecolodge ntt
instagram.com/krystyadarma

Berada di kawasan Desa Moni, Flores bagian timur, Kelimutu Crater Lakes Ecolodge dekat dengan wisata Danau Kalimutu.

Mengusung konsep yang ramah lingkungan, penginapan di Nusa Tenggara Timur ini memanfaatkan tenaga panel surya untuk kebutuhan listrik.

Selain bisa melihat dari dekat salah satu wisata eksotisnya Indonesia, rumah singgah ini tepat buat kamu yang suka mengamati perilaku burung.

kelimutu crater lakes ecolodge
instagram.com/connieandluna

Akomodasi ini terdiri dari 21 kamar pribadi yang bersih dan nyaman. Dimana 16 ruang tidurnya berada di pondok pribadi. Sedangkan lima lainnya di atas restoran.

Beberapa fasilitas yang bakal kamu dapat cukup lengkap, meliputi:

  • Sarapan selama menginap
  • Kamar mandi modern dengan air panas dan handuk
  • Tempat tidur nyaman dengan kelambu nyamuk
  • Balkon pribadi
  • Air minum
  • Akses wifi

Nah, soal tarifnya, kamu cukup menyediakan budget kurang lebih Rp800 ribuan per malamnya.

Lokasi Kelimutu Crater Lakes Ecolodge : Kota Uneng, Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

2. Baloeran Ecolodge

baloeran ecolodge
instagram.com/baloeranecolodge

Sesuai namanya, penginapan ramah lingkungan ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran. Baloeran Ecolodge didirikan dengan tujuan mengedukasi warga sekitar tentang pentingnya konservasi.

Didominasi oleh perabotan kayu, kamu pun akan merasa seolah sedang berada di rumah zaman dulu. Di dalamnya, terdapat pula galeri foto satwa liar sebagai informasi visual Taman Nasional Baluran.

kamar baloeran ecolodge
instagram.com/baloeranecolodge

Selain itu, penginapan ini bisa menampung hanya 8 tamu saja. Sementara kamar yang tersedia ada 4. Untuk bisa bermalam di penginapan Situbondo ini, kamu cuma perlu menyediakan budget sekitar Rp400 ribuan saja.

Beberapa fasilitas lain yang bisa kamu dapat dari penginapan ini antara lain mesin cuci, perlengkapan mandi, hingga dapur. Saat menginap di sini, kamu juga dapat sarapan gratis juga kok. 

Lokasi Baloeran Ecolodge : Kendal, Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

3. Rimba Orangutan Ecolodge

rimba orangutan ecolodge
instagram.com/amandahesser

Ecolodge di Indonesia ini ada di kawasan Sungai Sekonyer, Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Rimba Orangutan hanya bisa diakses menggunakan perahu kayu.

Kamu bisa menempuhnya melalui Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat dengan jarak tempuh kurang lebih selama 2 jam.

Berada di penginapan unik ini, kamu bisa lebih dekat dengan orangutan dan primata jenis lain. Tapi tentunya dengan didampingi oleh petugas.

kamar rimba orangutan ecolodge
instagram.com/shaqilamawani

Ada sekitar 35 kamar yang terbagi dalam tiga tipe, yaitu:

  • Diamond (3 kamar)
  • Emerald (12 kamar)
  • Amethyst (20 kamar)

Meski ecolodge ini terkesan berada di pelosok, tapi tetap dialiri listrik kok. Fasilitas AC dengan sistem tenaga surya juga tersedia.

Selain itu, beberapa fasilitas seperti kipas angin, toilet, akses internet, hingga ranjang yang nyaman juga tersedia. Sedangkan budget yang perlu kamu sediakan sekitar Rp900 ribuan.

Lokasi Rimba Orangutan Ecolodge : Taman Nasional, Sungai Sekonyer, Tanjung Puting, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

Baca juga: Penginapan Eco Friendly di Indonesia, Ada yang Siram Toilet Pakai Serbuk Kayu

4. Satwa Elephants Ecolodge

satwa elephants ecolodges
instagram.com/sarahandmousse

Berada sekitar 500 meter dari gerbang masuk Taman Nasional Way Kambas di Lampung, Satwa Elephants Ecolodge juga berkonsep ramah lingkungan.

Menariknya lagi, ada tujuan tersendiri ketika didirikan penginapan ini. Yaitu memberi edukasi pada masyarakat sekitar tentang pentingnya konservasi hewan-hewan yang dilindungi, seperti gajah, owa, badak bercula satu, dan masih banyak lagi.

kamar satwa elephants ecolodge
instagram.com/eputrantii

Akomodasi ini menyediakan 4 pondok nyaman, dimana masing-masing bisa menampung hingga 4 tamu.

Sejumlah fasilitas juga bisa dinikmati di sini, seperti kamar mandi ensuite, kipas angin, bar sederhana, welcome drink, restoran, komputer, hingga akses wifi gratis. Fyi, untuk menikmati semua fasilitas itu, kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp650 ribuan.

Lokasi Satwa Elephants Ecolodge : Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Lampung

5. Mbeliling Mountain Ecolodge

mbeliling mountain ecolodge
google.com

Mbeliling Ecolodge menawarkan tata ruang bergaya kamp berbentuk A yang intim dengan 9 pondok dan restoran yang terletak di sisi Gunung Mbeliling. Setiap kamarnya punya pemandangan menakjubkan yang meliputi:

Selain memberikan pengalaman nggak terlupakan, penginapan ini didirikan untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan dan mendidik masyarakat lokal untuk ikut melestarikan lingkungan.

kamar mbeliling mountain ecolodge
ecolodgesindonesia.com

Beragam fasilitas akan kamu dapatkan ketika menginap di sini. Seperti ranjang nyaman, kamar mandi modern, pembuat kopi dan teh, balkon, hingga akses internet.

Nggak perlu khawatir kelaparan saat di sini. Soalnya, ada restoran yang disediakan ecolodge. Menariknya lagi, di sini juga tersedia menu diet khusus.

Lokasi Mbeliling Mountain Ecolodge : Tondong Belang, Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Itu dia ecolodge di Indonesia yang membuatmu lebih dekat dengan alam. Dari kelimanya, mana nih yang paling membuatmu tertarik untuk berkunjung?

0 Comment