5 Fakta Durian Gundul yang Ditemukan di Kaki Gunung Rinjani, Dulu Dikira Beracun Lho!

02 July 2019, at 12:00
0
0
5 Fakta Durian Gundul yang Ditemukan di Kaki Gunung Rinjani, Dulu Dikira Beracun Lho!

Ada yang suka banget menikmati durian? Yang kamu tahu pasti durian itu berduri dan memiliki aroma menyengat. Tapi baru-baru ini, ditemukan buah durian tanpa duri di Lombok. Hal ini pun sempat menggegerkan banyak pihak.

Wah, cukup unik bukan? Dari pada penasaran terus menerus dengan durian gundul, simak yuk lima faktanya berikut ini!

1. Sekilas Bentuknya Seperti Buah Sukun

durian gundul di lombok
instagram.com/babyplantsyk

Buah durian yang nggak memiliki duri ini sekilas seperti buah sukun. Diameter ukurannya bisa seperti melon dan memiliki berat hampir 1 kilogram.

Namun, banyak orang juga mengiranya seperti kelapa yang sudah dikupas separuh kulitnya. Hm, kalau menurut sobat Qupas durian gundul ini seperti buah apa?

2. Pertama Kali Ditemukan pada Tahun 2007 di Gunung Rinjani

durian gundul di kaki gunung rinjani
twitter.com/balqissidiqia

Durian gundul ini pertama kali ditemukan di sebuah desa bernama Narmada yang ada di kaki Gunung Rinjani, Lombok Barat. Diketahui oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) NTP pada tahun 2007.

Saat ditemukan, pohon buah durian gundul itu sudah dua kali berbuah. Namun masyarakat nggak berani mengambil dan memakannya begitu saja, walau baunya seperti durian pada umumnya.

3. Bisa Jadi Hasil dari Persilangan Alami

buah durian kaki gunung rinjani
twitter.com/balqissidiqia

Menurut Staf Ahli Botani di Taman Buah Mekarsari, bisa jadi gen yang mengandung kromoson pengatur sifat menjadi rusak. Mutasi bisa terjadi di biji atau pun tunas.

Kejadian ini bisa terjadi sekitar 1:11 juta. Tapi bisa saja hasil persilangan alami dari durian dengan duri pendek dan duri yang sangat pendek.

Baca juga : Biar Nggak Kaget dengan Baunya, Ini Lho 6 Tips Mencicipi Buah Durian untuk Pemula

4. Mulai Dibudidayakan di Taman Buah Mekarsari

di taman buah mekarsari
bangka.tribunnews.com

Bibit buah durian ini mulai dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia lho. Salah satunya yang ada di Taman Buah Mekarsari, Bogor.

Di sana juga dijual bibit pohon durian gundul. Jadi, buat sobat Qupas yang ingin membudidayakannya bisa tuh beli di sana. Ada yang berminat?

5. Kira-kira Dijual Dipasaran Nggak Ya?

durian gundul dijual
maidaniipancakedurian.com

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, pertumbuhan durian gundul di Taman Buah Mekarsari lebih lambat dari pada tanaman durian lainnya.

“Selama pembibitan kurang lebih dua tahun, 2010-2011. Sudah delapan tahun ini buah durian gundul masih belum berbuah. Idealnya tahun ke enak sudah berbuah,” ujar Junaedi selaku petugas bagian Agro Taman Buah Mekarsari.

Itulah lima fakta tentang buah unik yang sempat mengagetkan banyak orang. Sobat Qupas, ingin mencicipi buah dengan bau menyengat ini nggak?

0 Comment