5 Fakta Film Bumi Manusia yang Kini Trending di YouTube, Sempat Tuai Kontroversi!

08 July 2019, at 19:00
0
0
5 Fakta Film Bumi Manusia yang Kini Trending di YouTube, Sempat Tuai Kontroversi!

Trailer film "Bumi Manusia" yang baru saja dirilis pada 4 Juli 2019 lalu sukses menarik perhatian publik. Bahkan sekarang jadi trending nomor 1 di YouTube.

Film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini banyak ditunggu banyak moviegoers. Apalagi beberapa bintang ternama, seperti Iqbaal Ramadhan, Sha Ine Febriyanti, dan Eva Dejhong bakal tampil di "Bumi Manusia".

Nah, sebelum menontonnya, nggak ada salahnya buat mengulik fakta-fakta tentang film yang bakal rilis pada 15 Agustus 2019 mendatang ini. Bahkan disebut juga sempat menuai kontroversi, lho. Kenapa ya?

Baca juga: Keren! Deretan Film Indonesia Terbaik Ini Pernah Borong Penghargaan Internasional

1. Ada 5 adegan yang dipotong

bumi manusia
instagram.com/falconpictures_

Setelah "Avengers: Endgame", kabarnya film "Bumi Manusia" waktu tayangnya juga bakal lama, yaitu hampir mencapai 3 jam. Hal ini bisa dibilang wajar mengingat novel karya Pramoedya Ananta Toer ini tebalnya sampai 500 halaman.

Karena durasi yang cukup panjang tersebut, Hanung Bramantyo selaku sutradara sudah memotong lima adegan seperti dalam novel supaya penayangan film ini nggak kelewat lama.

2. Lebih dari setengah pemainnya dari Belanda

film indonesia bumi manusia
instagram.com/falconpictures_

Hal yang menarik dari film Indonesia terbaru ini adalah para pemainnya yang kebanyakan dari Belanda. Tujuan sang sutradara tentu untuk memaksimalkan kualitas "Bumi Manusia".

Hanung Bramantyo pun sampai rela menggelar casting di Belanda. Jadi jangan heran kalau kamu nonton film "Bumi Manusia", yang terlihat di layar kebanyakan adalah orang Belanda. Bahkan bisa dibilang kalau 60 persen pemerannya dipilih secara langsung di Negeri Kincir Angin, lho.

3. Kontroversi pemeran utama

film falcon bumi manusia
instagram.com/falconpictures_

Seperti diketahui, pemeran utama film "Bumi Manusia" ini adalah Iqbaal Ramadhan. Aktor muda ini nantinya bakal memainkan perannya sebagai Minke.

Setelah diumumkan, ternyata pemilihan karakter utama ini sempat menuai kontroversi, lho. Soalnya banyak yang menganggap bintang film "Dilan 1991" ini terlalu muda untuk memerankan Minke. Selain itu, akting Iqbaal juga sempat diragukan.

Baca juga: Dilan 1991 dan 7 Film Indonesia Lainnya yang Bercerita Tentang Kisah Cinta di Sekolah, Bikin Baper!

4. Hanung sempat ditolak sebagai sutradara

sutradara bumi manusia
instagram.com/hanungbramantyo

Siapa sangka kalau ternyata Hanung Bramantyo sempat ditolak saat ia mengajukan penawaran pada Pramoedya Ananta Toer untuk mengangkat novel sang legendaris menjadi film?

Sampai akhisnya pada tahun 2018, usaha Hanung nggak sia-sia. Ia pun didapuk oleh rumah produksi Falcon untuk jadi sutradara film "Bumi Manusia".

5. Sempat ditawar sutradara luar negeri

film bumi manusia
instagram.com/falconpictures_

Satu lagi nih yang mengejutkan. Ternyata sebelum resmi digarap Hanung, novel Bumi Manusia sempat ditawar oleh sutradara asal Amerika Serikat bernama Oliver Stone dengan harga tinggi.

Tapi Pram menolaknya karena ia ingin ada orang Indonesia yang mau menggarap novelnya menjadi film. Nah, sebelum Hanung dipilih, sempat juga ada sutradara kondang lain, seperti Riri Riza sampai Garin Nugroho.

Itulah sekilas info tentang fakta "Bumi Manusia" yang baru-baru ini trailer-nya trending nomor 1 di YouTube. Gimana, makin nggak sabar buat nonton filmnya ya?

0 Comment