5 Fakta Keju Keledai yang Dijual dengan Harga Belasan Juta

05 July 2019, at 05:00
0
0
5 Fakta Keju Keledai yang Dijual dengan Harga Belasan Juta

Keju menjadi bahan makanan yang semakin mudah ditemui. Bukan hanya menjadi taburan roti, tapi juga bisa ditaburkan pada mi instan goreng atau pun sup krim.

Kebutuhkan konsumsi keju yang kian tinggi itulah menjadi inspirasi produsen makanan dalam membuat varian rasa keju. Salah satunya keju keledai yang konon dibanderol dengan harga belasan juta.

Simak yuk, keistimewaan beserta fakta keju mahal dari Utara Serbia ini!

1. Keju Pule dari Serbia

pule cheese
afp.com

Bahan makanan yang terbuat dari susu keledai ini biasanya disebut dengan Pule. Berbeda dengan bahan utama pembuatan keju, pule memang terbuat dari susu keledai yang nggak banyak menghasilkan susu.

Itu karena kelenjar mamae keledai lebih kecil dari sapi atau kambing. Dibutuhkan sekitar 25 liter susu keledai untuk membuat satu kilogram pule. Nggak heran kalau harganya mahal.

Keledai yang diperas susunya hidup di kawasan cagar alam, Utara Serbia. Ada sekitar 200 kawanan keledai yang dikembangbiakkan.

2. Proses Pembuatannya Cukup Rumit

proses membuat keju keledai
newsmedia.tasnimnews.com

Proses pembuatan pule pun cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Ditambah lagi, susu keledai nggak punya jumlah protein kasein yang cukup banyak.

Padahal protein kasein inilah yang berfungsi untuk menggumpalkan susu. Makanya para pembuat pule pun menambahkan susu kambing untuk membantu menggumpalkan susu keledai menjadi keju.

Baca juga : 5 Keju Lokal Khas Indonesia, Rasanya Enak dan Nggak Kalah dengan Olahan dari Eropa

3. Dari Susu Keledai Liar Afrika

fakta keju keledai
ruptly.tv

Keledai yang diperas susunya, bukanlah keledai sembarangan lho. Keledai Balkan yang menghasilkan susu sebagai bahan utama pule. Ternyata spesies keledai ini sangat langka.

Spesies tersebut adalah keturunan keledai liar dari Afrika. Pantas saja harganya hingga belasan juta ya!

4. Dibanderol dengan Harga yang Cukup Fantastis

keju keledai di serbia
serbia.com

Mungkin yang disebutkan hanya belasan juta saja, kira-kira berapa ya harga aslinya? Untuk satu cupcakes kecilnya saja dibanderol dengan harga $55 atau setara dengan Rp770 ribu.

Untuk harga setengah kilogramnya dibanderol mulai dari $1000 atau setara dengan Rp14 juta. Wah, cukup fantastis bukan?

5. Pabrik Juga Menjual Sosis dan Sabun Susu Keledai

pabrik keju keledai
reuters.com

Ada sebuah perternakan bernama Simic yang juga menjual keju keledai sejumlah 6 hingga 15 kilogram saja per tahunnya. Selain pule, peternakan itu juga memproduksi sosis keledai, sabun, dan minuman keras lho.

Produk ini sudah ada sejak tahun 2012 yang lalu oleh sekelompok peternak di kawasan cagar alam hingga akhirnya meluas hingga ke seluruh Serbia.

Kira-kira sobat Qupas mau membelinya nggak nih? Susu keledai juga bisa menyembuhkan penyakit asma dan bronchitis lho.

0 Comment