5 Fakta Pohon Sengon yang Jadi 'Penyebab' Listrik Padam di Jakarta, Ternyata Bijinya Enak Dicamil!

08 August 2019, at 09:00
0
0
5 Fakta Pohon Sengon yang Jadi 'Penyebab' Listrik Padam di Jakarta, Ternyata Bijinya Enak Dicamil!

Pemadaman listrik yang terjadi selama tujuh jam di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten ini diduga karena pohon sengon yang menjulang tinggi hingga melebihi batas wajar.

Pohon tersebut memiliki ketinggian di atas batar ROW (row of way) sehingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik. Namun, hal itu hingga kini masih dalam tahap investigasi lebih lanjut.

Nah berkaitan dengan itu, Qupas punya sederet fakta tentang pohon sengon yang mungkin belum banyak dari kamu yang mengetahuinya. Salah satunya, buahnya bisa dijadikan camilan enak lho!

1. Pohon Sengon bisa Tumbuh hingga 45 Meter

fakta pohon sengon yang pertama
portalhijau.com

Sengon memang memiliki pertumbuhan yang dirasa cukup cepat. Saat sudah berusia 5 tahun, tinggi pohon ini bisa mencapai 4 meter per tahun.

Namun, rata-rata pertumbuhan tinggi tanaman tersebut akan berkurang pada tahun ke delapan atau pun sembilan. Pertumbuhannya hanya sekitar 1 sampai 1,5 meter.

2. Kayu Sengon Memiliki Nilai Ekonomis

fakta kayu pohon sengon
budidayakita.com

Pohon satu ini memiliki nilai ekonomis dan biasanya digunakan sebagai bahan utama perabotan rumah tangga, tiang bangunan rumah, hingga kertas.

Itu karena pertumbuhannya sangat cepat. Bahkan pohon sengon bisa ditumbuhi di daerah dengan suhu yang cukup ekstrem atau kurang subur.

3. Banyak Dibudidayakan di Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat

budidaya pohon sengon
alumnipgan90.files.wordpress.com

Pohon dengan nama latin Albizia chinensis ini banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Namun, spesies ini memang memiliki distribusi alami di kawasan Maluku hingga Pulau Papua.

Kemudian banyak dikembangkan di Pulau Jawa bahkan Sumatera. Akar tunggang sengon yang cukup kuat, membuat tumbuhan ini biasanya ditaman di tepi kawasan yang mudah terjadi erosi.

Baca juga: Aneka Bibit Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah, Bikin Asri dan Menyejukkan

4. Camilan Biji Sengon

camilan biji sengon
bukalapak.com

Mungkin camilan kacang sengon masih jarang terdengar di telinga sobat Qupas ya. Namun, seorang perempuan asal Surabaya bernama Satomah mengolah biji sengon.

Biji sengon digoreng dengan minyak yang banyak. Untuk menggoreng biji sengon, Satomah harus menggunakan helm dan sarung tangan untuk menghindari kulit wajah dan tangannya terkena percikan minyak.

5. Pohon Sengon Laut Memiliki Kualitas yang Cukup Bagus

pohon sengon laut
tamantropis.com

Pohon sengon memiliki jenis yang masuk dalam pohon berkualitas unggul. Salah satunya adalah sengon laut yang memiliki sebutan Sika (Maluku), Albasiah (Jawa), dan Wahogon (Papua).

Jenis pohon tersebut tergolong dalam pohon dengan kualitas yang cukup bagis karena batangnya mudah sekali digergaji dan diolah menjadi berbagai perabotan rumah tangga.

Nah, itu lah beberapa fakta mengenai pohon sengon. Mungkin diantara sobat Qupas yang ada di sini, ada yang rumahnya ditumbuhi dengan pohon sengon?

Topics:

0 Comment