5 Fakta Teleskop Raksasa di China yang Tangkap Sinyal Misterius dari Luas Angkasa, Alien Bukan Ya?

11 October 2019, at 10:00
0
0
5 Fakta Teleskop Raksasa di China yang Tangkap Sinyal Misterius dari Luas Angkasa, Alien Bukan Ya?

Buat Sobat Qupas yang sering merasa penasaran dengan dunia di luar angkasa sana, kamu pasti sudah membaca buku atau menonton film yang menggambarkan outer-space.

Sama halnya dengan apa yang dilakukan Negeri Tirai Bambu. Para ilmuwan di sana sedang berupaya mengembangkan berbagai teknologi dan ilmu untuk mencari tanda-tanda seputar luar angkasa.

Salah satunya dengan membangun teleskop raksasa yang konon luas pengamatannya bisa mencakup hingga 75 persen langit. Yuk, ulik teknologi canggih asal China ini!

1. Teleskop raksasa pertama diberi nama FAST

teleskop terbesar di dunia
chinadaily.com

Teknologi buatan Negeri Tirai Bambu memang nggak bisa disepelekan. Ini lho buktinya kalau China itu punya sederet teknologi super canggih, teleskop raksasa.

Teleskop ini diberi nama FAST atau Teleskop Sferikal Apertur Lima Ratus Meter. Setelah ditelantarkan pada tahun 2017 yang lalu, FAST menangkap sinyal misterius yang diberi nama FRB (Fast Radio Burst).

2. Kini, China membangun lagi teleskop besar lainnya bernama QTT

teleskop raksasa
hearstapps.com

Baru-baru ini, China membangun lagi sebuah teleskop besar yang diberi nama Xingjiang Qitai 110m Radio Telescope (QTT). Teleskop besar ini berlokasi di Kawasan Otonomi Xinjiang Uygir, Barat Laut China.

Sebelumnya juga sudah dibangun di Amerika Serikat sebuah teleskop radio yang dikenal dengan nama Green Bank.

Baca juga: Ingin Tandingi Tuhan, China Bikin Bulan Buatan! Wah, untuk apa ya?

3. Ruang pengamatannya mencakup hingga 75 persen langit

ruang pengamatan teleskop raksasa
thrillist.com

Teleskop raksasa baru yang dimiliki Negeri Tirai Bambu ini memiliki diameter berukuran 10 persen lebih besar dari Green Bank.

Ruang pengamatan QTT bisa mencakup hingga 75 persen langit lho. Antena terbesar di dunia ini memang bisa melacak asal sinyal yang diterimanya!

4. Kedua teleskop ini memberikan keuntungan penangkapan sinyal

wisata teleskop raksasa di china
realclearlife.com

FAST memiliki cakupan frekuensi yang cukup rendah dibandingkan QTT. Namun, dua teleskop raksasa ini bisa menangkap frekuensi yang tumpang tindih dengan kisaran 150 MHz dan 3 GHz.

Namun, proses penangkapan yang tumpang tindih inilah yang membuat sinyal menjadi mudah untuk ditindaklanjuti atau dideteksi.

5. Pada Agustus 2019, FAST menerima sinyal misterius

teleskop buatan china
ismscience.org

Pada 30 Agustus 2019 lalu, FAST mendeteksi sebuah FRB dan merekam puluhan sinyal. Sedangkan Pada 3 September lalu, FAST merekan lebih dari 20 sinyal FRB.

Masih didalami lebih lanjut apa dan darimana sinyal itu berasal. Hanya saja, para peneliti mencatat bahwa sinyal itu bisa saja berasal dari ledakan antariksa.

Nah, Sobat Qupas makin banyak ilmu dengan informasi tentang teleskop terbesar di dunia kan? Kira-kira kalau memang sinyal itu berasal dari Alien, kamu takut nggak?

0 Comment