Qupas Healthy

5 Fakta Tentang Virus dan Perkembangannya di Dalam Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

30 January 2020, at 08:00
5 Fakta Tentang Virus dan Perkembangannya di Dalam Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

Wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona di China masih menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, masalah kesehatan ini kian meluas dan semakin banyak memakan korban.

Berbicara tentang virus, bagaimana sih perkembangannya dalam tubuh manusia? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan Qupas terkait fakta tentang virus yang perlu kamu ketahui.

1. Perkembangan Virus Terjadi dengan Membelah Diri

Ilustrasi Virus (Foto: nationalgeographic.org)
nationalgeographic.org

Masih ada banyak orang yang belum paham bagaimana cara kerja virus di dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit. Pada dasarnya, virus membelah diri atau menghasilkan banyak salinan yang menyerupai bentuknya.

Virus memanfaatkan sel inang yang sedang ia tempati atau tubuh manusia untuk memproduksi salinan diri dan memberikan intruksi dalam bentuk DNA dan RNA sehingga nggak dideteksi sebagai ancaman.

2. Virus Bisa Menyerang Bagian Tubuh Mana Saja

Sakit (Foto: hellosehat.com)
hellosehat.com

Setelah berkembang dan menjadi lebih banyak, virus akan menyebar dan menginfeksi bagian tubuh mana pun. Kemudian, tubuh akan menghasilkan gejala tertentu tergantung pada organ tubuh yang terserang.

Misalnya, apabila virus menginfeksi saluran pernapasan, maka hal tersebut bisa menyebabkan flu dan pilek. Sedangkan jika menyerang saluran pencernaan, korban akan menderita diare.

3. Virus Nggak Hanya Menular Antar Manusia

Penyebab Virus (Foto: earth.com)
earth.com

Fakta tentang virus yang selanjutnya adalah tentang penularannya. Berbeda dari anggapan kebanyakan orang, ternyata virus nggak hanya bisa menyebar dari orang ke orang lho.

Beberapa masalah kesehatan mungkin juga ditularkan melalui gigitan seranga, hewan, mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, dan lain sebagainya. Virus corona misalnya, selain menular antar manusia, penyakit ini juga diduga dapat terjadi karena mengonsumsi kelelawar yang terinfeksi.

Baca juga: Waspadai Virus Corona Menyebar ke Indonesia, Kenali Ciri-cirinya!

4. Perkembangan Virus Hanya Bisa Dihentikan dengan Obat Antivirus

Ilustrasi Flu (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Banyak orang salah mengira bahwa virus yang berkembang di dalam tubuh dapat disembuhkan dengan obat antibiotik dan lain sebagainya.

Faktanya, virus hanya bisa dihentikan dengan obat antivirus. Penggunaan antibiotik secara sembarangan justru dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi.

5. Tubuh Memiliki Kemampuan Khusus untuk Menghambat Perkembangan Virus

Terserang Virus (Foto: topicofcancer.org.uk)
topicofcancer.org.uk

Tahu nggak sih, tubuh sebenarnya memiliki kemampuan khusus untuk menghambat perkembangan virus lho. Tugas tersebut dilakukan oleh sel T sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Saat sistem imun mendeteksi adanya perkembangan virus, maka sel T akan menyerang virus dan menghancurkannya. Selain itu, hal ini juga akan mencegah agar virus nggak menular.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa fakta tentang virus yang perlu kamu ketahui. Sudah tahu kan sekarang?