5 Fakta Unik Air Terjun Sri Gethuk yang Bikin Jatuh Hati

03 September 2018, at 10:01
0
0
5 Fakta Unik Air Terjun Sri Gethuk yang Bikin Jatuh Hati

Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu objek wisata yang menawarkan eksotisme alam di Yogyakarta. Bahkan, pesona alamnya kerap disejajarkan dengan Grand Canyon yang berada di Utara Arizona, Amerika Serikat. Jadi, nggak salah kalau air terjun ini populer.

Objek wisata air ini berada di Dusun Menggoran, Bleberan, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta berjarak 42 km yang dapat ditempuh selama 1 sampai 1,5 jam berkendara. Nggak perlu khawatir nyasar untuk bisa sampai ke sini. Pasalnya, di sepanjang perjalanan sudah banyak terpampang petunjuk arah.

air terjun srigethuk
instagram.com/belvalfh/

Setelah sampai di lokasi, dijamin kamu nggak bakal nyesel berkunjung dan betah berlama-lama di Air Terjun Sri Gethuk. Apalagi, selain pemandangan cantik, ada juga beberapa fakta unik tentang objek wisata ini yang bakal bikin kamu tambah jatuh hati. Penasaran? Yuk, simak beberapa informasi dari Qupas berikut ini!

Baca juga: 5 Air Terjun Menawan Ini Ada di Tabanan, yang Paling Favorit di Jatiluwih!

1. Dua Nama Berbeda dengan Cerita Mistis

air terjun sri gethuk
reezkypradata.com

Objek wisata ini ternyata punya dua nama berbeda, yakni Air Terjun Sri Gethuk dan Slempret. Kadua sebutan yang diberikan masyarakat ini ternyata berkaitan dengan mitos tentang keberadaan raja jin bernama Anggo Menduro. Konon, sang raja jin sangat menyukai musik tradisional Jawa, yakni Gamelan. Menurut cerita, air terjun ini digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan musik tersebut.

Menurut keterangan masyarakat setempat, di waktu tertentu, mereka mendengar sayup-sayup alunan gamelan yang jika didekati suaranya menghilang. Menariknya, suara kethuk (instrumen perkusi berbentuk seperti gong berukuran kecil) dan slompret (alat musik tiup sejenis seruling) adalah yang paling dominan terdengar. 

keindahan air terjun sri gethuk
instagram.com/ariel91s

Karenanya, dua nama berbeda itu tercipta, dimana pengucapan kethuk melebur jadi gethuk. Sedangkan slompret berubah jadi slempret. Cerita yang menarik, bukan? Siapa sangka, di balik keindahannya, ternyata air terjun di Yogyakarta ini juga menyimpan kisah mistis.

2. Punya 3 Sumber Mata Air

tiga sumber mata air terjun sri gethuk
instagram.com/nicolaspateau

Umumnya, air terjun berasal dari satu sumber saja. Tapi, hal ini berbeda dengan Air Terjun Sri Gethuk. Ada 3 sumber yang mengalirinya, yakni Ngandong, Dong Poh, hingga Ngumbul dengan debit 30 sampai 60 liter per detik. Nggak heran kalau arusnya cukup deras.

sumber mata air terjun sri gethuk
instagram.com/nandasyah4

Aliran air terjun pun meluncur indah dari ketinggian 50 meter. Selanjutnya, air ditampung oleh Sungai Oya yang berada di bawahnya. Menariknya lagi, arus Sungai Oya yang relatif tenang dan tetap jernih sehingga terlihat sangat menawan.

3. Akses Masuk Ada Dua Jalur

akses masuk air terjun sri gethuk lewat sungai oya
instagram.com/meganfaustine

Air Terjun Sri Gethuk juga menyimpan fakta unik lain. Umumnya, objek wisata lain hanya punya satu jalur untuk memasukinya. Namun, area wisata ini berbeda. Pasalnya, kamu punya dua pilihan untuk bisa mengunjunginya, yakni melalui jalur darat maupun air.

Jalur daratan yang bisa kamu tempuh adalah melewati jalan setapak yang lengkap dengan hamparan sawah dan deretan pohon kelapa. Perjalanan yang ditempuh sekitar 450 meter dan disusul dengan menuruni anak tangga sejumlah 96 undakan. Cocok banget buat yang suka jalan kaki sambil menikmati pemandangan alam.

jalur air terjun sri gethuk
instagram.com/isnansholeh

Alternatif lain untuk memasuki air terjun ini adalah dengan berjalan kaki sejauh 300 meter menuju dermaga penyeberangan. Sungai Oya adalah jalur yang dilewati menuju area wisata menggunakan rakit sederhana dari drum bekas dan papan selama 7 menit perjalanan. Cukup menyediakan budget sebesar Rp 10 ribu, pengemudi perahu andal pun siap mengantarmu ke air terjun cantik di Yogyakarta ini.

Baca juga: Curug Sawer, Wisata Alam yang Terkenal dengan Cerita Mistisnya

4. Wisata Murah dengan Berbagai Aktivitas Seru

kegiatan seru di air terjun sri gethuk
instagram.com/nitamarga95

Bukan hanya pemandangan yang memanjakan indera penglihatan, berbagai kegiatan seru pun bisa kamu lakukan di sini. Apalagi, dengan tarif Rp 3 ribu, kamu sudah bisa masuk di area Air Terjun Sri Gethuk sekaligus Objek Wisata Goa Rancang Kencono. Kalau kamu memilih jalur air, ada tambahan sebesar Rp 10 ribu saja. Murah banget, kan?

body rafting di air terjun sri gethuk
instagram.com/i_akbar93

Selain tentunya bisa hunting foto sekaligus menikmati pemandangan, di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti cliff jumping, body rafting hingga canyoning. Ketiga kegiatan itu pun tentu akan menambah menambah daftar pengalaman seru karena memang cukup menantang. Cocok banget buat kamu yang memang suka memacu adrenalin.

5. Air Selalu Mengalir Deras Meski Kemarau Panjang

air selalu mengalir deras
instagram.com/royongzhen

Fakta unik lain dari objek wisata ini adalah airnya selalu mengalir deras meskipun sedang musim kemarau panjang. Nggak heran, banyak pepohonan dan tanaman lain di area wisata yang tumbuh subur. Menariknya lagi, dasar sungai juga bisa terlihat dari permukaan air saat musim kemarau.

sumber air selalu mengalir deras
instagram.com/rayneeshine

Di sisi lain, musim penghujan justru membuat tampilan objek wisata ini menjadi kurang enak dipandang. Warna air Sungai Oya menjadi kecoklatan dan arusnya super deras. Hal ini bikin kamu gagal menikmati keindahan Air Terjun Sri Gethuk serta melakukan aktivitas seperti cliff jumping serta body rafting. Jadi, sebaiknya datang saat kemarau saja, ya!

Itu dia beberapa fakta unik dari Air Terjun Sri Gethuk yang perlu kamu ketahui. Selain sebagai informasi penting, mungkin kamu juga akan semakin terpesona setelah mengetahuinya. Jadi, sudah siapkan diri untuk berlibur ke wisata di Gunung Kidul ini? Lumayan buat refreshing sekaligus hunting foto.

0 Comment