5 Film Bagus yang Menyuarakan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

25 November 2019, at 10:00
0
0
5 Film Bagus yang Menyuarakan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

Setiap tahunnya, tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan.

Nggak bisa dipungkiri, perempuan masih jadi sosok yang rentan terhadap kekerasan. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari kekerasan fisik, seksual, psikis, gender, hingga domestik rumah tangga.

Nah, kali ini Qupas sudah merangkum 5 film terbaik yang menyuarakan anti kekerasan terhadap perempuan. Hmm, ada apa saja ya?

1. Uyare (2019)

uyare 2019
imdb.com

Film India terbaru ini mengikuti kisah seorang calon pilot perempuan bernama Pallavi Raveendran. Ia diceritakan memiliki seorang kekasih bernama Govind yang sangat posesif dan sering melakukan kekerasan padanya.

Hingga pada suatu hari, Govind yang baru saja diputus langsung mengamuk dan menyiram wajah Pallavi dengan air keras. Peristiwa ini kemudian merusak penglihatan Pallavi dan menyebabkan izin terbangnya dicabut.

'Uyare' akan memperlihatkan perjalanan Pallavi dalam memperjuangkan keadilan melawan sang mantan kekasih hingga akhirnya ia mempunyai kesempatan untuk menerbangkan sebuah pesawat.

2. Red Sparrow (2018)

red sparrow
amazon.com

Dibintangi oleh aktris cantik Jennifer Lawrence, film tentang agen rahasia perempuan ini diadaptasi dari novel karangan Jason Mattews. Ceritanya berfokus pada Dominika Egorova, seorang balerina yang berubah menjadi mata-mata Rusia karena dijebak oleh pamannya sendiri.

Nggak mau berdiam dan terus dikontrol oleh sang paman, Dominika pun membuat rencana yang bisa dibilang sangat berani dan brilian. Kamu bakal menyaksikan plot twist yang memukau di akhir ceritanya.

Baca juga: 5 Film Tentang Agen Rahasia Ini Karakter Utamanya Wanita, Keren Abis!

3. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

marlina si pembunuh dalam empat babak
cinemapoetica.com

Sukses memborong penghargaan di dalam maupun luar negeri, 'Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak' memang patut disebut sebagai salah satu film Indonesia terbaik.

Ceritanya sendiri berfokus pada perjuangan seorang perempuan miskin di daerah terpencil yang baru saja dirampok dan didera pelecehan seksual.

Berhasil menunjukkan sisi garangnya dengan melawan sang perampok yang juga memerkosanya, Marlina kembali menghadapi tantangan ketika berhadapan dengan polisi yang nggak menanggapinya dengan serius.

4. Suffragette (2015)

suffragette
gowatchit.com

Film tentang perempuan inspiratif ini diangkat dari kisah nyata di Inggris pada awal abad 20-an. 'Suffragette' menceritakan tuntutan damai para perempuan yang ingin mendapatkan hak pilih di parlemen.

Namun tuntutan tersebut nggak mendapatkan tanggapan dari pemerintah. Akhirnya, Maud Watts, salah satu aktivis dalam aksi tersebut harus berjuang hingga akhirnya menjadi seorang militan.

Selain memperlihatkan tentang keberpihakan hukum pada laki-laki, 'Suffragette' juga menampilkan mirisnya nasib perempuan pada era tersebut yang sering mengalami kekerasan dalam rumah tangga hingga kehidupan kerja.

5. The Whistleblower (2011)

the whistleblower 2011
imdb.com

'The Whistleblower' menceritakan tentang Kathryn (Rachel Weisz), seorang perwira polisi Amerika yang ditugaskan untuk menjaga perdamaian pasca perang dengan Bosnia.

Dalam menjalankan tugasnya tersebut, Kathryn juga dihadapkan pada kasus perdagangan dan pelecehan seksual yang dialami para perempuan. Bermaksud ingin membantu mereka dalam mencari keadilan, Kathy justru menemui jalan buntu.

Karena kasus tersebut melibatkan sosok-sosok penting yang kebal terhadap hukum.

Baca juga: 5 Film Keren Bertema Kudeta yang Membuatmu Ingin Pindah Planet

Nah, itulah deretan film tentang anti kekerasan terhadap perempuan yang wajib banget ditonton. Kamu bisa belajar banyak lho dari ceritanya.

0 Comment