Qupas Weekend

5 Film Bagus yang Wajib Ditonton Saat Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia

09 December 2019, at 08:00
5 Film Bagus yang Wajib Ditonton Saat Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia

Mulai tahun 2003 lalu, tanggal 9 Desember resmi ditetapkan sebagai Hari Antikorupsi Sedunia. Praktik yang akan berdampak pada memburuknya perekonomian suatu bangsa ini memang masih merajalela dan kian memprihatinkan.

Melihat fenomena yang ada, beberapa sineas pun tertarik untuk mengangkat isu korupsi menjadi sebuah film.

Nah, kalau kamu tertarik untuk nonton film tentang korupsi terbaik, Qupas punya rekomendasinya yang nggak boleh dilewatkan. Apa saja?

1. Black and Blue (2019)

Black and Blue (2019)
imdb.com

Film tentang korupsi ini mengikuti kisah seorang polisi bernama Alicia yang jadi saksi pembunuhan pengedar narkoba. Meski begitu, ia nggak bisa berbuat banyak.

Karena seperti yang diketahui, dalang dibalik pembunuhan tersebut adalah beberapa polisi yang korup. Mampukah Alicia mengungkap kebenaran dan melawan rekan kerjanya sendiri?

2. The Mayor (2017)

The Mayor (2017)
imdb.com

"The Mayor" adalah film tentang korupsi Korea yang berkisah mengenai seorang wali kota Seoul. Dikenal ambisius, ia yang sudah menjabat selama dua periode ingin mencalonkan kembali untuk ketiga kalinya.

Di film ini, akan ditampilkan perjalanan karir sang wali kota dari awal hingga setelah pemilihan. Ceritanya pun penuh dengan intrik, konspirasi, korupsi, pembunuhan, bahkan pemerasan yang tentunya sangat menegangkan.

Baca juga: 5 Film Tentang Mafia Terbaik yang Penuh Intrik dan Menegangkan

3. Gabbar Is Back (2015)

Gabbar Is Back (2015)
imdb.com

Disebut-sebut sebagai salah satu film India terbaik, "Gabbar Is Back" menceritakan tentang Gabbar (Akshay Kumar) yang sangat membenci koruptor. Bahkan ia nggak segan-segan menculik dan menghabisi mereka yang suka makan uang rakyat.

Meski tujuannya baik, namun tindakannya tersebut tentu saja bertentangan dengan hukum. Itulah mengapa, Gabbar pun akhirnya justru jadi buronan polisi.

4. The Raid 2 (2014)

The Raid 2 (2014)
imdb.com

Kamu pastinya tahu dong kalau "The Raid" masuk dalam deretan film action Asia terbaik yang diproduksi oleh Indonesia? Selain penuh adegan baku hantam, konflik yang disajikan di dalamnya memang penuh konflik yang menegangkan.

Di sekuel keduanya, kamu akan menyaksikan kisah Rama (Iko Uwais) yang diberi misi untuk menyamar ke penjara dan memasuki dunia mafia untuk membongkar sindikat korupsi di kepolisian.

Dalam misinya itu, Rama harus berhadapan dengan dua geng mafia terbesar di Jakarta yang dipimpin oleh Bangun (Tio Pakusadewo) dan Goto (Kenichi Endo).

5. Trash (2014)

trash 2014
imdb.com

Jangan pernah meremehkan anak-anak, itulah yang berhasil disampaikan film paling menginspirasi ini. "Trash"  menceritakan tentang tiga bocah yang tinggal di lingkungan kumuh dan akrab dengan kemiskinan.

Namun siapa sangka, pada suatu hari ketika mereka sedang memulung, justru mendapatkan barang bukti untuk membongkar skandal korupsi politikus di Rio De Jeneiro. Keren kan?

Itulah 5 film antikorupsi yang bakal sayang kalau dilewatkan. Buruan nonton deh, ceritanya seru lho.