5 Film Bencana Alam dari Kisah Nyata ini Inspiratif dan Mengajarkan Kita untuk Selalu Waspada

29 December 2018, at 06:00
0
0
5 Film Bencana Alam dari Kisah Nyata ini Inspiratif dan Mengajarkan Kita untuk Selalu Waspada

Tahun 2018 ini, beberapa bencana alam yang dahsyat kembali melanda beberapa kota di Indonesia. Sebut saja gempa Lombok, tsunami Palu, dan yang paling baru tsunami Selat Sunda.

Berbagai peristiwa memilukan serupa ternyata pernah menginspirasi para sineas untuk membuat film bertema bencana alam dari kisah nyata yang pernah mengguncang dunia.

Untuk itu, kali ini Qupas telah merangkum deretan film tentang bencana alam yang diangkat dari kisah nyata. Begitu inspiratif dan akan mengajarkan kita agar selalu waspada, seperti berikut ini.

1. Krakatoa: The Last Days

krakatoa: the last days
narod.ru

Tsunami yang menggulung beberapa wilayah di Selat Sunda 22 Desember 2018 lalu diperkirakan terjadi akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau. Namun sebelum itu, pada tahun 1883 Gunung Krakatau lebih dulu mendatangkan bencana yang luar biasa besar.

Letusan Gunung Krakatau yang sangat dahsyat diketahui menimbulkan tsunami setinggi 36 meter dan juga mempengaruhi iklim dunia. Peristiwa ini kemudian diangkat menjadi sebuah doku-drama berjudul Krakatoa: The Last Days yang dirilis 2006 lalu.

krakatoa: the last days
darrylhammer.com

Krakatoa: The Last Days disutradari oleh Sam Miller dan menceritakan tentang letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 berdasarkan catatan saksi mata.

Film ini menyoroti tentang sebuah keluarga ilmuan Geologi dari Belanda dan warga setempat yang berusaha untuk menyelamatkan diri dari peristiwa alam mematikan yang bersejarah tersebut.

2. Aftershock

aftershock 2010
amazon.com

Aftershock dirilis pada tahun 2010 lalu. Disutradari oleh feng Xiaogang, film ini terinspirasi dari peristiwa mengerikan di Tiongkok.

Pada 28 Juli 1976, Kota Tangshan jadi luluh lantak karena guncangan gempa berkekuatan 7,8 SR. Akibatnya, sekitar 250.000 orang dikabarkan tewas pada saat itu.

aftershock 2010
static01.nyt.com

Afteshock sendiri menyoroti tentang kisah seorang ibu bernama Yuan Ni. Ia harus memilih salah satu dari dua anak kembarnya yang berusia tujuh tahun untuk diselamatkan dari bangunan yang runtuh.

Film yang berhasil mengangkat salah satu bencana alam terbesar di Tiongkok secara epik ini disambut baik oleh berbagai pihak. Bahkan berhasil meraih penjualan tertinggi pada saat itu.

Mengharukan dan banyak pelajaran yang bisa dipetik. Kamu wajib nonton!

2. Hafalan Shalat Delisa

hafalan shalat delisa
kincir.com

Tsunami paling mematikan yang mengguncang pesisir Samudera Hindia pada 26 Desember 2004 silam diangkat menjadi film oleh sineas dari dalam negeri. Seperti yang diketahui, Indonesia memang jadi salah satu negara yang terkena dampak terparah selain Sri Lanka, India, dan Thailand.

Sebanyak hampir 300 ribu orang dinyatakan tewas dan hilang akibat disapu tsunami. Hafalan Shalat Delisa yang dirilis pada tahun 2011 menceritakan tentang gadis kecil dari Aceh bernama Delisa.

hafalan shalat delisha
ytimg.com

Delisa adalah salah satu korban yang berhasil bertahan hidup yang kemudian diselamatkan oleh seorang prajurit angkatan darat Amerika. Sayangnya, ia harus kehilangan ibu, ketiga kakaknya, dan kaki kanannya yang harus diamputasi akibat hantaman tsunami.

Meski begitu, secercah harapan masih menghampiri Delisa. Ayahnya yang bertugas di sebuah kapal tanker perusahaan minyak Internasional akhirnya berhasil menemukannya.

Baca juga: Deretan Film Hollywood yang Paling Ditunggu Rilisnya di Tahun 2019

4. The Impossible

the impossible
everythingnonfiction.com

Setahun setelah Hafalan Shalat Delisa dirilis, industri film Hollywood juga mengadaptasi peristiwa tsunami di sepanjang pesisir Samudera Hindia yang terjadi pada 2004 lalu. Bukan di Indonesia, melainkan di Thailand yang juga terkena imbas cukup parah.

Diketahui sebanyak 5000 orang dikabarkan tewas di daerah Khao Lak, Thailand. Dan lebih dari separuhnya adalah wisatawan asing yang sedang berlibur akhir tahun di sana. 

the impossible
cineset.com.br

The Impossible mengisahkan tentang keluarga asal Inggris yang sedang menikmati liburan di Thailand. Namun naas, tsunami tiba-tiba menerjang penginapan mereka yang terletak persis di bibir pantai.

Film yang tayang pada tahun 2012 ini menyoroti tentang cara bertahan hidup satu keluarga ini setelah dipisahkan oleh tsunami. Kegigihan mereka akhirnya membuahkan hasil karena satu keluarga ini berhasil berkumpul dengan utuh.

5. The Wave (2015)

the wave
pmcvariety.wordpress.com

Tsunami yang dahsyat ternyata pernah menggulung sebuah wilayah di Norwegia pada tahun 1934 silam. Peristiwa ini kemudian menginspirasi lahirnya film berjudul The Wave yang dirilis 2015 kemarin.

Film yang disutradari oleh Roar Uthaug ini bercerita tentang Kristian, seorang geologist yang bekerja di Geiranger, Norwegia. Ia menemukan fenomena aneh pada gunung di wilayah tersebut.

the wave
zombiesdontrun.net

Fenomena aneh yang ditemukan Kristian tersebut ternyata menuntun pada datangnya gelombang tsunami yang menggulung wilayah tersebut.

Kristian harus berjuang melawan rasa panik untuk menyelamatkan seluruh keluarganya dari bencana mengerikan yang pernah ada di Norwegia ini.

Nah, itulah deretan film bertema bencana alam yang diangkat dari kisah nyata. Begitu inspiratif dan banyak pelajaran yang bisa diambil di dalamnya. Kamu harus nonton!

0 Comment