Qupas Weekend

5 Film CGI Terbaik dengan Biaya Produksi Termahal, Budgetnya Fantastis!

16 February 2020, at 10:00
5 Film CGI Terbaik dengan Biaya Produksi Termahal, Budgetnya Fantastis!

Kamu pasti sering dengar, kalau sineas Hollywood seakan nggak mikir panjang untuk mengeluarkan budget fantastis demi pembuatan sebuah film. Apalagi seperti sekarang ini, saat semuanya mengedepankan teknologi CGI (Computer-Generated Imagery).

Efek visual yang dihasilkan teknologi CGI memang nggak main-main. Hal-hal yang selama ini hanya sebatas fantasi, bisa diwujudkan dengan mudah dan tampak nyata.

Nah, dilansir dari usatoday.com, ternyata ini lho 5 film CGI terbaik dengan biaya produksi termahal. Hmm, kira-kira berapa ya budget pembuatannya?

1. Avatar (2009)

Avatar (Foto: imdb.com)
imdb.com

Sempat menyandang predikat film terlaris sepanjang masa selama satu dekade, "Avatar" ternyata juga dibuat dengan budget fantastis. Yaitu sebesar 478,7 juta USD atau setara dengan 6,7 triliun rupiah.

Kabarnya, biaya sebesar ini paling banyak dihabiskan untuk promosi dan teknik pembuatan filmnya. Karena pada saat itu, karya sutradara James Cameron ini memakai teknologi CGI yang terbilang masih sangat baru.

2. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011)

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (Foto: imdb.com)
imdb.com

Di posisi kedua ada seri keempat dari franchise film bertema bajak laut milik Disney, "Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides". Biaya pembuatannya ditaksir mencapai 444 juta USD atau setara dengan 6,2 triliun rupiah.

Budget sebesar itu tentunya dialokasikan ke banyak hal. Selain teknologi CGI, Johny Depp, selaku pemeran utama dari franchise "Pirates of the Caribbean" kabarnya menerima 55 juta USD atas kerja kerasnya di film ini.

Baca juga: 5 Franchise Film Terlaris Sepanjang Masa, MCU Nomor Berapa ya?

3. Avengers: Endgame (2019)

Avengers: Endgame (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Avengers: Endgame" yang mendominasi percakapan warganet selama tahun 2019 kemarin memang telah menorehkan berbagai catatan mengejutkan. Salah satunya berhasil menjadi film terlaris sepanjang masa, menggeser "Avatar" dari posisi puncak.

Selain itu, biaya produksi yang dikeluarkan ternyata juga bisa bikin geleng-geleng. Film superhero Marvel garapan Russo brothers ini membutuhkan biaya produksi hingga 356 juta USD atau setara dengan 4,9 triliun rupiah.

Untungnya, budget fantastis itu dihabiskan dengan baik. Terbukti dengan visual effect yang dihasilkan memang benar-benar membuat penggemarnya puas.

4. Pirates of the Caribbean: At World's End (2007)

Pirates of the Caribbean: At World's End (Foto: itl.cat)
itl.cat

Kembali ke frachise "Pirates of the Caribbean", film ketiganya ternyata juga membutuhkan budget yang nggak sedikit. Sang sutradara, Gore Verbinski membutuhkan dana sebesar 348 juta USD untuk mewujudkan semua fantasinya.

Pengeluaran "Pirates of the Caribbean: At World's End" kabarnya membengkak karena banyaknya lokasi pengambilan gambar, special effects CGI, dan bayaran dari para aktor berbakat yang terlibat memang cukup mahal.

5. Avengers: Age of Ultron (2014)

Avengers: Age of Ultron (Foto: imdb.com)
imdb.com

Kalau film superhero Marvel yang satu ini katanya membutuhkan biaya produksi sebesar 340 juta USD, atau setara dengan 4,8 triliun rupiah.

Meskipun jumlah superhero di 'Avengers: Age of Ultron' belum terlalu banyak, tapi untuk menghasilkan efek CGI dan berpindah lokasi syuting ke lima negara ternyata membuat pengeluaran jadi melambung tinggi.

Nah, itulah 5 film CGI termahal yang pernah dibuat oleh sineas Hollywood. Gimana menurutmu, biasa yang dikeluarkan sebanding nggak dengan hasilnya?