5 Film Horor Bertema Kerasukan dan Eksorsisme, Berani Nonton?

13 September 2018, pada 02:28
0
0
5 Film Horor Bertema Kerasukan dan Eksorsisme, Berani Nonton?

Eksorsisme atau praktik pengusiran setan pada orang yang kerasukan, menjadi bagian yang paling menyeramkan sekaligus favorit banyak pecinta film horor. Saat film bertema ini tayang di bioskop keren, tiketnya kerap laris manis. Adegan yang menegangkan dengan pemberontakan sang korban ketika iblis dalam tubuhnya sedang diusir, seperti jadi penyempurna keseraman yang disuguhkan dari awal hingga akhir.

Nah, kalau selama ini kamu cuma tahu film The Conjuring saja yang menampilkan adegan eksorsisme, nih Qupas kasih 5 rekomendasi film horor lainnya dengan tema yang sama. Siapkan mentalmu ya!

Baca Juga: 5 Film Indonesia Tayang di Bioskop Bulan September, Siap Nonton?

1. The Exorcism of Emily Rose (2005)

allthatsinteresting.com

Film yang disutradarai oleh Scott Derrickson ini, ditulis berdasarkan kisah nyata seorang wanita bernama Anneliese Michel yang mengalami kerasukan dan halusinasi selama bertahun-tahun. Kalau kamu search namanya di youtube, akan muncul beberapa video pengusiran setan di tubuh Anneliese yang bikin merinding.

the13thfloor.tv

Sedangkan di bagian awal filmnya, dikisahkan seorang pastor bernama Richard Moore yang ditangkap oleh pengadilan. Penyebabnya adalah ia dituduh menjadi 'dalang' kematian seorang wanita muda yaitu Emily Rose setelah melakukan praktik eksorsisme. Di dalam persidangan, Richard menceritakan masa lalu Emily yang menunjukkan tanda-tanda kerasukan setan.

Gadis canntik nan malang ini awalnya didiagnosa memiliki epilepsi, namun obat dari dokter nggak mampu menyembuhkannya. Puncaknya saat Richard akhirnya dipanggil untuk mengusir iblis yang merasuki tubuh Emily. Dalam persidangan juga diputar rekaman suara Emily yang menyebutkan nama-nama iblis yang ada pada dirinya, termasuk Lucifer. Seram banget ya, yakin nggak mau nonton?

2. The Exorcist (1973)

the exorcist
theartsdesk.com

Kalau yang satu ini, merupakan film horor jadul yang diproduksi pada tahun 1973. Walaupun sudah lama, The Exorcist ini nggak kalah serem lho sama film-film horor zaman sekarang. Kisah ini menceritakan tentang anak perempuan berusia 12 tahun bernama Regan. Bocah ini menunjukkan tingkah-tingkah aneh dan brutal setelah memainkan papan setan Ouija.

adegan the exorcist
hollywoodreporter.com

Tingkah Regan ini, menyebabkan kematian teman ibunya, Burke Dennings meninggal saat sedang membantu menjaga Regan. Ibu Regan akhirnya memanggil dua pendeta sekaligus, yakni Merrin dan Karras untuk mengusir setan dalam tubuh putranya tersebut. Namun, saat praktik eksorsisme dilakukan, Merrin malah meninggal karena diserang oleh iblis yang merasuki bocah malang ini. Gimana, penasaran sama kelanjutannya? Langsung lihat sendiri filmnya ya.

Baca Juga: Siap-siap, 'Goosebumps 2: Haunted Hallowen' Segera Tayang

3. The Possession (2012)

youtube.com

Sama seperti The Exorcist, film ini juga menceritakan seorang anak perempuan bernama Em yang mengalami kerasukan. Hal ini bermula saat ia menemukan sebuah kotak di sebuah rumah yang menjual barang-barang antik. Ternyata, kotak tersebut merupakan tempat pengurungan roh-roh jahat dan Em secara nggak sadar melepaskan sebuah roh hitam.

syfy.com

Setelah memiliki kotak tersebut, Em kemudian menjadi gadis murung dan sering melakukan kekerasan pada teman-temannya. Teror demi teror mengenaskan terus menghantui kehidupannya sehingga orang tuanya memanggil paranormal untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi. Mampukah paranormal tersebut mengusir hantu di rumah tersebut? Cari tahu jawabannya segera dengan menuntaskan menonton filmnya.

4. The Last Exorcism (2010)

youtube.com

Berbeda dengan film-film lain yang menceritakan tentang pendeta yang melakukan pengusiran setan beneran, film The Last Exorcism ini justru menampilkan pendeta bernama Marcus yang hanya berpura-pura mengusir setan. Praktik tersebut kemudian direkam oleh dua krunya dan dipertontonkan, agar jasanya laris dan ia mendapatkan banyak uang. Cara ini terbukti berhasil karena klien-kliennya selalu percaya bahwa sang iblis telah pergi.

patheos.com

Namun, saat melakukan eksorsisme di sebuah desa terpencil pada seorang gadis bernama Nell, trik pura-puranya ini nggak mempan dan setan yang ada di tubuh gadis tersebut nggak mau pergi. Remaja malang ini kemudian diketahui tengah hamil dan ayah gadis ini nggak mengetahui siapa ayah bayi tersebut. Karena eksorsisme tersebut nggak berhasil, Pendeta ini kemudian kembali ke rumah Nell dan menyaksikan sebuah ritual yang menyeramkan di desa tersebut.

Ayah Nell digantung dan putrinya melahirkan dengan proses yang menyeramkan. Saat Marcus dan krunya ketahuan, mereka juga kemudian dibunuh dengan sadis oleh seluruh penduduk yang terlibat ritual aneh itu. Hii, merinding!

5. The Haunting in Connecticut (2009)

fanart.tv

Ada lagi nih satu film horor bertema kesurupan yang juga berdasarkan kejadian nyata. Film ini bercerita tentang keluarga Campbell yang menyewa sebuah rumah di dekat rumah sakit agar anaknya, Matt, yang sedang sakit kanker stadium 4 bisa cepat mendapatkan perawatan ketika membutuhkan. Namun, masalah justru makin bertambah karena rumah tersebut ternyata memiliki sejarah kelam.

flixlist.co

Matt, mejadi satu-satunya anggota keluarga tersebut yang bisa melihat hantu-hantu tersebut. Ternyata rumah tersebut dulunya merupakan rumah di mana mayat-mayat dimandikan dan dirias sebelum dikuburkan. Sang perias mayat, Aickman memiliki anak bernama Jonah yang ternyata bisa berkomunikasi dengan mayat. Rumah rias ini kemudian menjadi terkenal dan laris karena para keluarga jadi bisa berkomunikasi dengan jenazah.

Aickman menjadi rakus dan ingin meraup uang banyak, sehingga melakukan ritual mengunci ratusan mayat dan mengambil kelopak matanya agar kekuatan Jonah semakin bertambah. Ternyata, ritual ini gagal dan para mayat terus menghantui rumah tersebut. Ceritanya beda banget sama film horor kebanyakan, jadi wajib kamu tonton!

Nah itu dia 5 rekomendasi film horor yang bertema kesurupan dan eksorsisme. Meski bukan film horor terbaru, judul-judul di atas tersebut bisa ditonton satu persatu saat akhir pekan tiba. Lumayan menguji nyali dan keberanianmu!

0 Komentar