5 Film Horor Indonesia Ini Ternyata Diangkat dari Kisah Nyata, Sudah Pernah Nonton?

10 January 2019, pada 06:00
0
0
5 Film Horor Indonesia Ini Ternyata Diangkat dari Kisah Nyata, Sudah Pernah Nonton?

Banyak film yang diangkat dari kisah nyata. Termasuk tayangan horor dari Indonesia yang mungkin sudah pernah kamu tonton.

Film berdasarkan kisah nyata memang selalu menarik dan membuat penonton kian penasaran. Apalagi sebagian dari mereka mungkin ingin melihat kejadian yang biasa diceritakan, kemudian diangkat jadi visual layar lebar.

Siapa sangka, ternyata beberapa film horor dari Indonesia ternyata diadopsi dari kisah nyata. Tentunya dari Tanah Air sendiri.

Penasaran kan apa saja film yang Qupas maksud? Yuk intip ulasannya di bawah ini!

1. Mata Batin

mata batin
imdb.com

Siapa sangka kalau film horor yang dibintangi oleh aktris cantik Jessica Mila ini ternyata diadaptasi dari kisah nyata. Ceritanya tentang seorang wanita yang tinggal bersama adik perempuannya di rumah baru yang jauh dari kota.

Sebut saja Alia yang memutuskan untuk meninggalkan Bangkok dan kembali ke Jakarta pasca kedua orang tuanya meninggal.

Bersama sang adik yang masih remaja, Abel, Alia pindah ke rumah masa kecil mereka yang jauh dari keramaian. Dari sinilah Abel kerap bersikap aneh dan ketakutan.

Menurut Abel, ada penunggu di rumah tersebut. Tapi Alia dan kekasihnya, Davin enggan untuk menghiraukan Abel.

Ketika sikap Abel mulai mengkhawatirkan, Alia berniat membawa adiknya itu ke psikiater. Tapi Abel menolaknya dan justru mengatakan bahwa ia bisa melihat makhluk halus karena mata batinnya telah terbuka sejak kecil.

film mata batin
imdb.com

Sampai pada akhirnya Abel mengajak Alia untuk menemui Bu Windu, paranormal yang selama ini membantunya. Ia juga ingin membuktikan bahwa apa yang dikatakannya adalah benar.

Alia pun meminta Bu Windu untuk membuka mata batinnya. Secara perlahan, ia pun mulai mengalami kejadian aneh, seperti melihat sosok yang nggak bisa disaksikan oleh orang lain.

Tapi ternyata makhluk yang ada di rumah Alia dan Abel memiliki energi negatif dan membahayakan mereka berdua.

Pada akhirnya, Alia dan Abel pun terpaksa menetap di rumah tersebut dan meminta bantuan Bu Windu untuk mengatasi para makhluk halus itu.

2. Keluarga Tak Kasat Mata

keluarga tak kasat mata
imdb.com

"Keluarga Tak Kasat Mata" ini merupakan film yang diadopsi dari kisah nyata berdasarkan hal yang dialami oleh seseorang bernama Genta.

Cerita seram tersebut awalnya disebar oleh Genta di Kaskus dan menjadi viral. Tapi sebelum diangkat menjadi film, kisah horor tersebut sempat dibukukan terlebih dahulu.

Film ini mengisahkan tentang seorang desainer grafis bernama Genta yang mengalami hal-hal mistis di kantor barunya di Yogyakarta. Hal ini bermula ketika perusahaannya itu pindah lokasi di bangunan baru.

Satu persatu karyawan pun mulai dihadapkan dengan sosok penampakan yang seolah ingin menyampaikan pesan. Deretan teror seolah menjadi bukti akan adanya kehidupan dari makhluk halus.

film keluarga tak kasat mata
kincir.com

Dugaan dan beragam pertanyaan mulai muncul. Sampai pada akhirnya Genta dan rekan kantornya terpaksa meminta bantuan seseorang.

Melalui seseorang bernama Rere, misteri mulai terpecahkan. Tapi nggak semua fakta boleh diucapkan.

Sampai pada akhirnya kisah seram ini bisa diangkat menjadi film atas persetujuan dari "Keluarga Tak Kasat Mata".

3. Ruqyah: The Exorcism

ruqyah the exorcism
instagram.com/cinemapedia_id

Kalau film horor Indonesia satu ini diangkat berdasarkan pengalaman pribadi seorang pekerja seni yang tinggal di Jakarta pada tahun 2012.

"Ruqyah: The Exorcism" sendiri mengisahkan tentang Mahisa (Evan Sanders) yang berusaha menolong seorang artis film bernama Asha (Celine Evangelista).

Asha sendiri mengaku dirinya merasa diganggu oleh makhluk halus selama ini. Awalnya Mahisa enggan untuk percaya sampai ia melihat beragam kejadian aneh secara langsung.

film ruqyah the exorcism
trans7.co.id

Akhirnya Mahisa percaya bahwa Asha telah dirasuki oleh makhluk gaib. Ia pun mencoba melakukan ruqyah pada Asha setelah sebelumnya berkonsultasi pada seorang ustaz kenamaan.

Ternyata mahkluk yang merasuki Asha nggak mudah untuk dilepaskan. Bahkan cenderung menyerang Mahisa.

Selain itu, diketahui pula kalau jenis makhluk yang merasuki Asha adalah "pemikat" agar disukai banyak orang. Hal inilah yang membuat Mahisa tertarik pada Asha yang sejatinya sudah memiliki pasangan.

Baca juga: Sekian Film Horor Indonesia yang Siap Rilis di Januari 2019, Seramnya Nggak Main-Main!

4. Danur

danur
imdb.com

Banyak orang mungkin hanya mengetahui kalau film satu ini diadaptasi dari buku karya Risa Saraswati berjudul "Gerbang Dialog Danur".

Tapi siapa sangka kalau film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina ini ditulis berdasarkan pengalaman Risa mengingat dirinya adalah seorang indigo.

Karena kemampuannya ini, Risa juga bisa berkomunikasi dengan makhluk yang nggak bisa dilihat oleh orang lain.

film danur
idfilmcritics.com

Dalam film yang disutradarai oleh Awi Suryadi ini, kamu akan melihat bagaimana Risa berkomunikasi dengan 'teman-teman' yang nggak bisa dilihat orang lain.

Selain itu, film keren yang sudah tayang pada 30 Maret 2017 ini juga mengisahkan tentang beragam rintangan yang dialami Risa saat bertemu makhluk gaib jahat.

5. Hantu Nancy

hantu nancy
instagram.com/filmnasional

Mari beralih ke film yang sudah rilis pada 13Agustus 2015 lalu ini. Ternyata "Hantu Nancy" diadopsi dari kisah nyata yang terjadi di SMA Negeri 5 Bandung.

Kisahnya sendiri tentang seorang peremuan bernama Nancy. Tapi cerita ini ada dalam beragam versi.

Ada cerita yang mengatakan bahwa Nancy ini merupakan seorang Noni Belanda yang meninggal akibat bunuh diri.

film hantu nancy
malangtoday.net

Sementara kisah lainnya menyebut bahwa Nancy merupakan korban pemerkosaan. Selain itu, terdapat pula yang mengatakan kalau perempuan itu meninggal karena dibantai secara keji.

Sedangkan pada filmnya sendiri mengisahkan tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan uji nyali. Akibatnya, mereka pun diteror oleh hantu bernama Nancy.

Gimana, sudah pernah nonton film horor Indonesia seperti yang sudah Qupas ulas di atas? Siapa sangka kalau ternyata kisah-kisah dari tayangan tersebut diadaptasi dari cerita nyata.

Ingin buktikan kengeriannya? Coba deh tonton ulang film-film horor di atas!

0 Komentar