Qupas Weekend

5 Film Indonesia Bertema Kuliner yang Siap Bikin Perutmu Keroncongan, Awas Ngiler!

31 July 2020, at 08:19
5 Film Indonesia Bertema Kuliner yang Siap Bikin Perutmu Keroncongan, Awas Ngiler!

Selain terdiri dari berbagai macam budaya, Indonesia juga terkenal memiliki banyak kuliner menarik yang layak dicoba. Dari Sabang sampai Merauke, masing-masing punya makanan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Berbicara tentang kuliner Indonesia, berikut ini beberapa film yang mengangkat tema tersebut. Banyaknya adegan yang melibatkan makanan dijamin bikin perut keroncongan!

1. Madre (2013)

Film Tentang Kuliner (Foto: imdb.com)
imdb.com

Hidup Tansen (Vino Bastian) berubah saat ia mendapatkan warisan yaitu toko roti Tan De Becker beserta biang roti berumur 70 tahun yang disebut Madre di dalamnya. Terbiasa hidup bebas membuat ia nggak ingin direpotkan dengan hal tersebut sehingga memutuskan untuk menjualnya.

Meilan (Laura Basuki) dari Fairy Bread ingin membeli toko Tan De Becker karena mengetahui keberadaan Madre. Di sisi lain, pekerja di sana mencoba untuk meyakinkan Tansen dan menumbuhkan kecintaannya akan makanan tersebut.

Hmm, kira-kira Tansen jadi menjual warisannya nggak ya? Daripada penasaran sama adaptasi karya Dewi Lestari berjudul “Madre” ini, mending langsung nonton aja yuk!

2. Filosofi Kopi (2015,2017)

Film Bertema Kuliner (Foto: imdb.com)
imdb.com

Sama seperti “Madre”, “Filosofi Kopi” juga merupakan film adaptasi prosa karya Dewi Lestari. Tayang pertama pada 2015, film yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto terbilang sukses sehingga dibuat sekuelnya tahun 2017.

Arahan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini bercerita tentang perjuangan Ben dan Jody dalam membangun kedai kopi mereka yang bernama Filosofi Kopi. Pecinta minuman pekat ini dijamin suka deh!

3. Aruna & Lidahnya (2018)

Film Kuliner Indonesia (Foto: imdb.com)
imdb.com

Aruna (Dian Sastrowardoyo) melakukan petualangan kuliner bersama dua sahabatnya yaitu Bono (Nicholas Saputra) dan Nad (Hannah Al Rashid). Dalam perjalanannya, ia bertemu kembali dengan seseorang dari masa lalu bernama Farish (Oka Antara).

“Aruna & Lidahnya” diangkat dari novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak. Melalui film ini, penonton akan diajak untuk menikmati berbagai makanan khas nusantara serta cerita yang nggak kalah menarik.

Baca juga: Selain Bikin Ngiler, 8 Drama Korea Tentang Koki Ini Juga Bisa Membuatmu Baper!

4. Tabula Rasa (2014)

Film Indonesia Kuliner (Foto: imdb.com)
imdb.com

Hans (Jimmy Kobogau) adalah pemuda asal Papua yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola. Sayangnya, nasib berkata lain. Ia justru dipertemukan dengan Mak (Dewi Irawan), pemilih rumah makan Padang yang kemudian mempekerjakannya.

Selama 1 jam 47 menit, ada banyak adegan yang menunjukkan proses pembuatan makanan khas Minang tersebut. Kalau nonton “Tabula Rasa”, dijamin kamu lansung laper deh!

5. The Wedding and Bebek Betutu (2015)

Film Indonesia Tentang Kuliner (Foto: imdb.com)
imdb.com

Pernikahan dari pemilik hotel terancam gagal karena adanya permintaan khusus untuk menyajikan hidangan berupa bebek betutu dengan resep spesial. “The Crew”, sekelompok pekerja di hotel tersebut berusaha keras untuk menyelamatkan acara sakral itu.

Bertabur bintang, “The Wedding and Bebek Betutu” juga nggak boleh kamu lewatkan. Para tokohnya yang diperankan oleh ex-program variety show lawas, “Extravaganza”, membuat film Indonesia yang satu ini kental dengan unsur komedi.

Well, dari beberapa rekomendasi film Indonesia tentang kuliner di atas, kamu paling dibikin ngiler sama yang mana?