Qupas Weekend

5 Film Indonesia yang Memperlihatkan Kisah Pengabdian Tentara, Menginspirasi!

23 January 2020, at 12:00
1
5 Film Indonesia yang Memperlihatkan Kisah Pengabdian Tentara, Menginspirasi!

Kalau berbicara tentang dunia militer, pasti identik dengan tentara yang berpenampilan gagah dan tangguh. Tapi kamu penasaran nggak sih bagaimana perjalanan mereka ketika bertugas?

Untungnya, kita bisa melihat sedikit tentang aksi-aksi tentara lewat sebuah film. Ya, karena kisah pengabdian mereka sudah banyak diangkat ke layar lebar.

Nah, kali ini Qupas sudah merangkum 5 film Indonesia tentang tentara yang wajib kamu tonton. Simak daftarnya yuk!

1. Jelita Sejuba (2018)

Film Jelita Sejuba (2018) (Foto: imdb.com)
imdb.com

Cukup unik, film Indonesia terbaru ini mengangkat kisah dari kehidupan seorang istri tentara. Cerita diawali saat Sharifah (Putri Marino) yang hidup di Pulau Natuna bertemu dengan tentara bernama Jaka (Wafda Saifan Lubis).

Tanpa banyak drama, mereka berdua pun menikah. Namun, Sharifah tentunya harus rela ditinggal suaminya untuk membela negara.

Selain menahan rindu, Sharifah pun berusaha memberi pengertian pada anaknya tentang kewajiban ayahnya.

2. Merah Putih Memanggil (2017)

Film Merah Putih Memanggil (2017) (Foto: youtube.com)
youtube.com

Film TNI terbaru ini wajib banget ditonton kalau kamu suka dengan tontonan bertema terorisme. Ya, karena ceritanya akan mengikuti kisah tentara Indonesia dalam menyelamatkan WNI yang disandera oleh teroris di sebuah kapal pesiar.

Atmosfer menegangkan pun sangat terasa saat nonton "Merah Putih Memanggil". Sebab, waktu yang dimiliki TNI untuk menyelamatkan orang-orang tersebut sangat terbatas, yaitu 2x24 jam saja.

Baca juga: 5 Film Terbaru Bertema Terorisme yang Bakalan Membuatmu Ngeri Ketakutan

3. I Leave My Heart in Lebanon (2016)

I Leave My Heart in Lebanon (2016) (Foto: cinemaworldindonesia.blogspot.com)
cinemaworldindonesia.blogspot.com

"I Leave My Heart in Lebanon" bercerita tentang kisah tentara Indonesia yang dikirim ke Lebanon. Selain dibintangi oleh jajaran aktor ternama seperti Rio Dewanto, Yama Carlos, dan Baim Wong, film ini juga melibatkan peran personel TNI dengan persenjataan lengkapnya lho.

Lewat film perang Indonesia ini, kamu bisa menyaksikan bagaimana peran TNI dalam 'melerai' pertikaian antara Israel dengan Lebanon. Selain itu, para pasukan garuda juga memberikan bantuan sosial kepada warga setempat.

4. Doea Tanda Cinta (2016)

Doea Tanda Cinta (2015) (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film militer Indonesia yang dibumbui dengan cerita romantis ini mengisahkan tentang perjalanan dua orang pemuda dengan karakter berbeda, Bagus dan Mahesa.

Selain menceritakan perjuangan Bagus dan Mahesa untuk menjadi seorang perwira yang berprestasi, "Doea Tanda Cinta" juga memperlihatkan bagaimana keduanya akhirnya bisa jatuh cinta pada perempuan yang sama, yaitu Laras.

5. Jenderal Soedirman (2015)

Jenderal Soedirman (2015) (Foto: beritagar.id)
beritagar.id

"Jenderal Soedirman" termasuk salah satu film biografi Indonesia terbaik yang ceritanya berfokus pada peristiwa Agresi Militer Belanda II. Saat itu, Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka.

Mengetahui hal tersebut, Jenderal Soedirman yang dalam keadaan sakit berusaha menyusun rencana perang melawan Belanda. Beliau kemudian memimpin perang secara gerilya di Pulau Jawa hingga Belanda mengaku kalah.

Nah, itulah 5 film tentang tentara yang wajib banget kamu tonton. Nggak cuma menegangkan, ceritanya juga memuat banyak pelajaran berharga lho.