5 Film Indonesia yang Wajib Ditonton Saat Memperingati Hari Pahlawan

10 November 2019, at 20:00
0
0
5 Film Indonesia yang Wajib Ditonton Saat Memperingati Hari Pahlawan

Mulai tahun 1959, setiap 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Bangsa Indonesia pun memperingati tanggal spesial tersebut dengan berbagai cara.

Karena tanpa pengorbanan para pahlawan, kita mungkin nggak bisa merasakan kemerdekaan seperti sekarang ini.

Nah, kalau kamu berencana merayakannya dengan menyaksikan film pahlawan Indonesia, Qupas punya beberapa rekomendasinya yang wajib banget buat ditonton. Apa saja ya?

1. Trilogi Merdeka (2009-2011)

trilogi film merdeka
blogspot.com

Tergabung dalam 'Trilogi Merdeka', ada film 'Merah Putih' (2009), 'Darah Garuda' (2010), dan 'Hati Merdeka' (2011) yang bisa kamu tonton secara berurutan.

Dalam film tentang perjuangan Indonesia melawan penjajah ini kamu bisa menyaksikan Lukman Sardi, Darius Sinathrya, hingga Donny Alamsyah berperan sebagai pejuang yang berusaha melawan Belanda di tahun 1947.

2. Soekarno (2013)

soekarno 2013
imdb.com

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang riwayat presiden pertama RI, Ir Soekarno, dalam memperjuangkan kebebasan rakyat dari para penjajah.

Diperankan oleh jajaran aktor ternama seperti Aryo Bayu, Lukman Sardi, Tika Bravani, dan Maudy Koesnaedy, film sejarah Indonesia terbaik ini sempat diunggulkan untuk maju ke ajang Academy Awards di tahun 2015 lalu lho.

Baca juga: Keren! Deretan Film Indonesia Terbaik Ini Pernah Borong Penghargaan Internasional

3. Jenderal Soedirman (2015)

jenderal soedirman 2015
imdb.com

'Jenderal Soedirman' termasuk salah satu film biografi Indonesia terbaik yang dirilis tahun 2015 lalu. Dibintangi oleh Adipati Dolken, cerita di dalamnya berfokus pada peristiwa Agresi Militer Belanda II.

Saat itu, Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka. Mengetahui hal ini, Jenderal Soedirman yang dalam keadaan sakit berusaha menyusun rencana perang melawan Belanda.

Beliau kemudian memimpin perang secara gerilya di Pulau Jawa hingga Belanda mengaku kalah.

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)
imdb.com

Selanjutnya ada film bertema kemerdekaan yang diperankan oleh Reza Rahadian. Ceritanya berfokus pada kisah sang guru bangsa yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan, Tjokroaminoto.

'Guru Bangsa: Tjokroaminoto' menggambarkan bagaimana Tjokroaminoto rela mengesampingkan status kebangsawanannya demi berjuang untuk bangsa. Salah satunya dengan membangun organisasi Sarekat Islam.

5. Kartini (2017)

kartini 2017
imdb.com

Film sejarah Indonesia ini mengikuti kisah inspiratif pahlawan wanita, R.A. Kartin. Kamu bisa menyaksikan bagaimana perannya saat menjadi penggerak usaha para pengrajin mebel di Jepara, hingga perjuangan beliau lainnya yang masih relevan dengan kemajuan Indonesia saat ini.

Menariknya lagi, dari film tentang wanita inspiratif ini kamu juga akan semakin ingat, kalau memperjuangkan kemerdekaan Indonesia nggak melulu dengan cara peperangan, tapi juga bisa melalui gerakan emansipasi wanita.

Itulah 5 film pahlawan Indonesia yang bisa kamu tonton bersama keluarga di hari spesial ini. Selamat menyaksikan!

0 Comment