5 Film Kisah Nyata yang Bakal Bikin Akhir Pekanmu Bermakna

02 September 2018, at 04:00
0
0
5 Film Kisah Nyata yang Bakal Bikin Akhir Pekanmu Bermakna

Film bukan hanya sekedar menjadi hiburan visual bagi para penonton, namun juga bisa untuk belajar tentang kehidupan. Kisah dalam gambar bergerak ini pun nggak hanya mengandung unsur fiksi, tetapi juga berdasarkan fakta. Di dunia ini, ada beberapa film kisah nyata yang sangat menginspirasi.

Banyaknya makna dan inspirasi yang terkandung dalam pengalaman hidup hingga biografi seseorang membuat kisah mereka diangkat menjadi sebuah film. Dengan penyampaian yang sangat baik, maka pesan bisa sampai ke penonton. Berikut ini ada beberapa film berdasarkan kisah nyata yang sayang kamu lewatkan di akhir pekan. Nggak hanya terhibur, dijamin kamu juga akan terinspirasi dengan kisahnya.

Baca juga: 5 Film Ini Membuatmu Sadar Bahwa Menjadi Working Mom Itu Menantang!

1. The Man Who Knew Infinity
 

poster the man who knew infinity
medium.freecodecamp.org

"The Man Who Knew Infinity" diadaptasi dari buku karya Robert Kanigel. Nama tokoh di dalamnya pun tetap sama seperti sumber asli. Kisah inspiratif dari film yang disutradari oleh Matthew Brown tentu sayang kamu lewatkan di akhir pekan nanti.

Film ini mengisahkan tentang seorang pria miskin dari Madras, India bernama Srinivasa Ramanujan. Ia mulai dikenal dunia karena kecerdasannya di bidang matematika. Bahkan, beberapa teori matematika berhasil ditemukannya. Karena hal itu pula, Srinivasa Ramanujan (Dev Patel) berhasil masuk ke kampus elit di Trinity College, London di tahun 1913. 

adegan the man who knew infinity
warnerbros.co.uk

Nggak hanya memanjakan mata atau imajinasi, film ini bisa menjadi sumber motivasimu. Terlebih untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan. Jadi, yakin nggak pengen nonton ulang film yang sudah tayang pada 2016 lalu ini?

2. Backcountry
 

poster backcountry
facebook.com/BACKCOUNTRYfilm

Film ini terinspirasi dari kisah nyata sepasang backpacker, Mark Jordan dan Jacqueline Perry pada 2005 lalu. Keduanya memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama saat ulang tahun pernikahan keempat mereka di hutan Ontario Utara. Namun sayang, nasib kurang menyenangkan menimpa Jordan dan Perry.

Keduanya tersesat hingga bertemu dengan beruang hutan yang sedang kelaparan. Selama perjalanan, hewan buas itu mengejar Perry, namun Jordan dengan sekuat tenaga berhasil melawannya. Ia memukul dan menusuk sang beruang menggunakan sebilah pisau. 

adegan backcountry
hollywoodreporter.com

Jordan pun berjuang membawa Perry yang terluka parah. Sayangnya, nyawa sang istri tak tertolong sebelum keduanya mencapai daratan. Meski Jordan selamat, ia menerima 300 jahitan.

"Backcountry" tentu juga menjadi salah satu film yang sayang untuk dilewatkan di akhir pekan nanti. Apalagi, film ini mengajarkan tentang kesetiaan seorang suami pada pasangannya. Karena keberanian itu pula lah Jordan berhasil dianugerahi Star of Courage pada tahun 2007 silam.

3. Room
 

film room
bustle.com

"Room" juga menjadi salah satu film kisah nyata yang bikin akhir pekanmu lebih bermakna. Film tentang seorang wanita muda bernama Joy (Aktris Brie Larson) yang diculik, dipenjara hingga diperkosa oleh pria bernama "Nick Tua". Karenanya, ia melahirkan seorang putra bernama Jack (Jacob Tremblay), tingal di gudang dan terputus dari dunia luar. Namun, pada akhirnya Jack berhasil kabur dan membawa polisi.

Film ini diadaptasi dari novel karya Emma Donoghue, dimana kisahnya berdasarkan kehidupan nyata dari seorang wanita bernama Elisabeth Fritzl. Ia dikurung dari usia 18 tahun. Buruknya, hal itu dilakukan oleh ayahnya sendiri, Josef Fritzl. 

adegan film room
wired.com

Josef mengurung Elisabeth selama 24 tahun sampai putrinya itu melahirkan 7 anak. 1 anak meninggal setelah dilahirkan, sedangkan tiga lainnya ada di ruang bawah tanah bersama sang ibu. Sisanya, dibesarkan oleh Josef dan sang istri, Rosemarie.

Mirisnya lagi, ibu kandung Elisabeth nggak pernah tahu kalau putrinya dikurung oleh Josef. Berbagai kebohongan dikatakan oleh pria itu sebelum kasus terungkap oleh anak tertua Elisabeth bernama Kerstin yang berusia 19 tahun.  Akhirnya, Josep pun menerima hukuman kurungan penjara seumur hidup.

Baca juga: 4 Film Bioskop Terbaru Ini Siap Mengajakmu Ketawa Sepanjang Nonton

4. Aftermath
 

film aftermath
plejmo.com

"Aftermath" menceritakan tentang seorang pekerja konstruksi bernama Roman Melnyk (Arnold Schwarzenegger) yang kehilangan istri dan seorang putri dalam kecelakaan pesawat tragis. Karena hal itu, hidup Melnyk hancur berantakan. Ia pun memutuskan untuk balas dendam pada pengendali lalu lintas udara (Scoot MyNairy) dengan menusuknya sampai mati.

Kisah dalam film ini terinspirasi dari seorang pria Rusia bernama Vitaly Kaloyev yang kehilangan istri dan kedua anaknya karena kecelakaan pesawat pada 2002 silam. Akibatnya, 71 orang meninggal dan 45 di antaranya masih anak-anak. Sebagai seorang ayah yang menemukan mayat sang putri, tentu saja Kaloyev merasa terpukul.

adegan aftermath
vanyaland.com

Kaloyev pun menduga bahwa pengendali udara Swiss bernama Peter Nielsen telah bersalah atas kejadian itu. Namun, akhirnya Nielsen bebas dari tuduhan itu. Kaloyev yang nggak yakin dengan kejadian itu pun berusaha untuk menyelidiki hal tersebut hingga ia menikam sang pengendali udara sampai mati. 

Pasca kasus pembunuhan itu, Kaloyev dijatuhi hukuman 8 tahun penjara. Namun, beberapa manuver politik dari pemerintahan Rusia membantu Kaloyev sehingga ia dibebaskan setelah dua tahun kemudian. Jadi, apakah kamu termasuk salah satu penggemar kisah memilukan? Jika iya, "Aftermath" bisa jadi pilihan untuk ditonton di akhir pekan.

5. The Post
 

film the post
taosnews.com

"The Post" menceritakan tentang seorang penerbit surat kabar bernama Kay Graham dan sang editor (Tom Hanks) yang terlibat dalam perseteruan antara wartawan dan pemerintah. Fokus dari film yang tayang pada Januari 2018 lalu ini adalah keputusan Kay dan surat kabarnya untuk mempublikasikan berkas besar Pentagon pada 1971. Keputusan ini pun sudah berdasarkan etika media dalam menyampaikan ingormasi pemerintah secara transparan.

adegan the post
amiratthemovies.com

Kisah dalam film ini diangkat berdasarkan kisah nyata tentang surat kabar The Washington Post yang dipimpin oleh Katherin Graham alias Kay Graham. "The Post" sendiri juga menjadi nominasi untuk kategori Best Motion Picture di ajang penghargaan perfilman. Alur cerita menarik dan menegangkan tentu ada dalam tayangan ini. Jadi, apa kamu tertarik untuk menontonnya di akhir pekan?

Itu dia beberapa film kisah nyata yang sayang banget untuk dilewatkan di akhir pekan. Apalagi selain menghibur, kamu juga bakal mendapatkan berbagai makna. Jangan lupa juga, kisah nyata yang terkandung di dalamnya juga semakin menambah wawasanmu. So, film mana yang menjadi favoritmu? 

0 Comment