5 Film Psikologi Bertema Kepribadian Ganda yang Dikenal Bisa Memeras Otak

27 July 2019, at 20:00
0
0
5 Film Psikologi Bertema Kepribadian Ganda yang Dikenal Bisa Memeras Otak

Kepribadian ganda atau personality disorder adalah jenis gangguan psikologis dimana seseorang punya beberapa identitas dan sifat di dalam dirinya. Kisah para penderitanya biasanya juga sangat menarik dan berbeda-beda.

Jadi nggak heran juga kalau gangguan psikologis ini sering diangkat ke layar lebar menjadi sebuah film bertema kepribadian ganda yang unik, bikin mikir keras, bahkan mengerikan.

Berbicara mengenai hal ini, Qupas sudah punya daftar film tentang kepribadian ganda yang wajib kamu tonton. Intip yuk ada apa aja!

1. Sybil (2007)

sybil (2007)
pinterest.com

Membahas mengenai film bertema kepribadian ganda terbaik, tentunya nggak boleh melewatkan 'Sybil'. Meski sudah dirilis tahun 2007 lalu, ceritanya tetap menarik untuk disaksikan ulang.

'Sybil' diangkat dari kisah nyata seorang gadis bernama Shirley Ardell Mason yang mempunyai 16 kepribadian. Dari sekian banyak kepribadian dalam dirinya, ternyata ada satu yang mendominasi.

Yaitu gadis bernama Sybil, yang akhirnya meminta bantuan pada seorang psikiater untuk mangatasi gangguan psikologisnya ini.

2. Black Swan (2010)

black swan 2010
filmblerg.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah familiar dengan film psikologi thriller yang satu ini. Karena ‘Black Swan’ memang booming saat dirilis tahun 2010 lalu dan sukses memenangkan berbagai penghargaan bergengsi.

Untuk ceritanya sendiri, film keren yang dibintangi Natalie Portman ini berkisah tentang seorang balerina yang punya banyak kejanggalan di dalam dirinya. Salah satunya kepribadian ganda yang bisa dilihat saat dirinya dalam pertunjukan balet.

3. Split (2016)

split (2016)
athomewithjoanna.com

Film tentang kepribadian ganda ini berfokus pada kisah Kevin Wendell. Ia diceritakan punya 24 kepribadian berbeda, dan ada salah satu yang mendominasi.

Yaitu sosok yang disebut The Beast, yang dikenal punya kekuatan besar dan antagonis. Selain itu, setiap transformasi karakter Wendell terasa sangat menegangkan.

Hal ini karena Wendell bisa berubah jadi anak-anak, wanita, hingga penjahat dalam waktu yang sangat singkat.

Baca juga: 8 Film dengan Plot Twist Terbaik, Jangan Harap Bisa Nebak Endingnya

4. Glass (2019)

glass 2019
jeded.com

Film psikologi thriller terbaru yang tayang di bulan Januari 2019 lalu ini adalah sekuel dari 'Split' yang kedatangannya memang telah dinantikan sejak lama.

Film besutan M. Night Shyamalan ini melanjutkan kisah pencarian Kevin Wendell Crumb, seseorang dengan 24 kepribadian di dalam dirinya yang menghilang setelah menculik para gadis.

Dibintangi oleh kumpulan aktor hebat seperti Bruce Willis, James McAvoy, dan Samue L. Jackson, 'Glass' tentunya sangat sayang untuk dilewatkan.

5. EL (2018)

el the movie 2018
wikimedia.org

Rekomendasi yang terakhir ada 'EL'. Tayang di tahun 2018, film Indonesia tentang kepribadian ganda ini mengikuti kisah Dafychi (Aurelie Moeremans), seorang gadis yang memiliki dua kepribadian.

Selain gangguan psikologi yang dimilikinya, Dafychi juga merasa hidupnya sangat membosankan. Hingga pada suatu hari, ia bertemu dengan Mario Adipati (Achmad Megantara), seorang pengusaha muda yang sangat sukses dan berhati dingin.

Nah, itulah 5 film psikologi terbaik bertema kepribadian ganda yang wajib kamu tonton. Selain menegangkan, cerita di dalamnya juga bisa menambah wawasanmu lho.

0 Comment