Qupas Weekend

5 Film Tentang Bencana Nuklir yang Bikin Kamu Merinding dan Prihatin

04 January 2020, at 10:00
5 Film Tentang Bencana Nuklir yang Bikin Kamu Merinding dan Prihatin

Bencana nuklir di Chernobyl dan Fukushima adalah segelintir tragedi energi yang pernah terjadi dan menggemparkan dunia. Karena seperti yang diketahui, dampaknya memang mematikan dan berkelanjutan.

Tahun lalu, tragedi di Chernobyl yang sudah kerap diangkat ke layar lebar pun kembali dibuat oleh HBO ke dalam bentuk mini series yang epik. Review yang didapatkan juga memuaskan.

Nah, kali ini, Qupas akan memberimu rekomendasi 5 film tentang bencana nuklir yang nggak kalah bagus dari mini series "Chernobyl". Apa saja ya?

1. Pandora (2016)

pandora 2016
kosginnar.blogspot.com

Sukses mengantongi review positif, film Korea bertema survival ini terinspirasi dari bencana di Fukushima, Jepang. "Pandora" menceritakan tentang krisis di kota Busan setelah terjadi ledakan pembangkit listrik yang mengakibatkan kebocoran reaktor nuklir.

Fokus ceritanya ada pada seorang pekerja proyek yang berjuang mati-matian untuk menyelamatkan keluarga juga warga lainnya dari bahaya radiasi yang mengintai nyawa mereka.

2. Chernobyl Diaries (2012)

chernobyl diaries 2012
amazon.com

Dari judulnya saja sudah jelas, film ini memang terinspirasi dari bencana di Chernobyl. Ceritanya mengikuti kisah sekelompok turis yang nekat menyewa tour guide untuk jalan-jalan di Kota Pripyat, Ukraina.

Tempat itu dulunya ditinggali oleh para pekerja PLTN Chernobyl. Namun kemudian kosong sejak tragedi 1986 terjadi.

Karena melanggar peringatan yang ada, sekelompok turis itu akhirnya tersesat. Parahnya lagi, mereka sudah diintai oleh makhluk yang menyeramkan.

Baca juga: 6 Film Korea Tentang Bencana yang Bikin Kamu Selalu Waspada

3. Land of Oblivion (2011)

land of oblivion 2011
themoviedb.org

"Land of Oblivion" juga terinspirasi dari radiasi nuklir di Chernobyl. Ceritanya bermula pada tanggal 26 April 1986, saat Pyotr baru saja menikahi tunangannya, Anya.

Pesta mereka pun harus berhenti karena hujan dari langit yang gelap lekas turun. Selang beberapa saat, Pyotr dipanggil untuk memadamkan kebakaran di PLTN Chernobyl.

Tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, Pyotr pun berangkat menjalankan tugasnya. Padahal, ia sedang menuju tempat yang paling berbahaya, karena salah satu reaktor nuklir di Chernobyl telah meledak.

4. White Light/Black Rain: The Destruction of Hiroshima and Nagasaki (2007)

White Light/Black Rain: The Destruction of Hiroshima and Nagasaki (2007)
imdb.com

"White Light/Black Rain: The Destruction of Hiroshima and Nagasaki " termasuk salah satu film dokumenter terbaik buatan HBO. Cerita di dalamnya menggambarkan tentang peristiwa bom nuklir kiriman Amerika yang meluluh lantakkan dua Kota di Jepang pada tahun 1945 silam.

Cerita yang disajikan terbilang detil dan mengambil dari banyak sumber juga sudut pandang. Termasuk dari pihak Jepang maupun Amerika Serikat.

5. Aurora (2006)

aurora (2006)
tmdb.org

Film paling sedih ini bercerita tentang Aurora, bocah 12 tahun yang hidup di salah satu panti asuhan di Kota Pripyat, Ukraina. Ia punya mimpi untuk menjadi seorang balerina.

Tragisnya, Aurora menjadi saksi atas bencana di Chernobyl dan terpapar radiasi dalam kadar yang sangat tinggi. Ia kemudian dikirim ke Amerika untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Kira-kira, apakah gadis kecil ini bisa mewujudkan mimpinya?

Nah, itu lho 5 film tentang radiasi nuklir yang mengerikan sekaligus mengharukan. Kamu sudah pernah nonton apa belum?