Qupas Weekend

5 Film Tentang Kapal Selam yang Menggambarkan Peran 'Hantu' Bawah Laut

25 January 2020, at 10:00
5 Film Tentang Kapal Selam yang Menggambarkan Peran 'Hantu' Bawah Laut

Kapal selam biasanya digunakan oleh suatu negara untuk menjaga teritori lautnya. Alat tempur ini bahkan menjadi saksi yang berada di dasar samudera ketika masa peperangan masih berkecamuk.

Karena hal itu, beberapa sineas pun terinspirasi untuk membuat film  tentang kapal selam yang sering disebut-sebut sebagai hantu dasar laut. Kebanyakan ceritanya pun dibumbui dengan atmosfer perang yang menegangkan.

Nah, kalau kamu berniat nonton film bertema kapal selam, rekomendasi Qupas ini tentunya nggak boleh dilewatkan!

1. Hunter Killer (2018)

Hunter Killer (2018) (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film tentang kapal selam yang dirilis 2018 ini ceritanya bermula saat kapal selam milik Amerika Serikat ditemukan tenggelam di dasar laut yang masih cukup dekat dengan wilayah Rusia.

Sadar akan kejanggalan yang menyelimuti peristiwa tersebut, Kapten Joe Glass pun membentuk tim investigasi. Ditengah-tengah misinya tersebut, ia mulai menemukan fakta mengejutkan yang bisa mengancam dunia.

2. Kursk (2018)

kursk (2018) (Foto: binge.app)
sluzitel.binge.app

Masih dengan film tentang kapal selam 2018, kali ini ada "Kursk". Ceritanya diangkat dari kisah nyata yang menimpa kapal selam Kursk pada tahun 2000 silam.

Pada saat itu, diketahui kapal selam milik Rusia tersebut tenggelam setelah terjadi ledakan hebat. Akibatnya, 118 awak kapal dinyatakan tewas, 23 diantaranya selamat dan terombang-ambing di lautan sembari menunggu bantuan.

Baca juga: Seperti "1917", 5 Film Terbaru Ini Juga Dibuat dengan Teknik One-Shot

3. Black Sea (2014)

Black Sea (2014) (Foto: amazon.com)
amazon.com

Suka dengan film bertema pencarian harta karun? "Black Sea" mungkin bisa jadi tontonan yang pas untukmu.

Film ini bercerita tentang kapten Robinson yang memimpin ekspedisi untuk menemukan bangkai kapal selam Nazi di Laut Hitam. Konon katanya, di dalamnya terdapat emas batangan yang berharga jutaan dollar.

4. Phantom (2013)

Phantom (2013) (Foto: impawards.com)
impawards.com

"Phantom" adalah film kapal selam Amerika vs Rusia yang menengangkan buat ditonton. Ceritanya bermula saat kapten Dmitry Zubov memimpin kru-nya untuk melakukan misi rahasia.

Dalam pelayaran tersebut, ada pula Bruni, agen KGB beserta anak buahnya. Tanpa disangka, Bruni ternyata berencana meluncurkan serangan nuklir kepada angkatan laut Amerika Serikat.

Akibatnya, Dmitry dan awak kapalnya justru disandera dan kapal selamnya disabotase oleh Bruni.

5. U-571 (2002)

film U-571 (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film bertema Perang Dunia II ini berfokus pada kisah Letnan Andrew Tyler bersama armada Angkatan Laut Amerika yang ditugaskan untuk menemukan kapal selam U571 milik Jerman yang tenggelam saat perang berlangsung.

Hal itu didasari oleh adanya mesin enkripsi canggih yang ikut tenggelam bersama kapal selam tersebut. Sayangnya, perjalanan Andrew harus dihadang oleh pasukan Jerman yang menyerang secara tiba-tiba.

Nah, itulah 5 film kapal selam menengangkan buat ditonton. Dijamin bakalan seru sampai akhir cerita.