Qupas Weekend

5 Film Tentang Skizofrenia yang Wajib Ditonton, Biar Lebih Aware dengan Mental Illness

14 February 2020, at 12:00
5 Film Tentang Skizofrenia yang Wajib Ditonton, Biar Lebih Aware dengan Mental Illness

Skizofrenia termasuk salah satu gangguan mental yang kerap diangkat menjadi cerita sebuah film. Para sutradara biasanya akan mencoba mengajak penonton untuk merasakan apa yang dialami penderitanya.

Seperti yang diketahui, skizofrenia sendiri umumnya menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, juga nggak bisa membedakan mana khayalan dan kenyataan.

Nah, kali ini Qupas sudah merangkum 5 film tentang skizofrenia yang wajib kamu tonton. Selain mind-blowing, ceritanya juga bisa bikin kamu lebih aware terhadap mental illness lho.

1. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind (2001) (Foto: imdb.com)
imdb.com

Nggak lebay rasanya kalau menyebut "A Beautiful Mind" sebagai film skizofrenia terbaik. Sebab, karya yang didaptasi dari kisah nyata John Forbes Nash ini sukses menyabet piala Oscar 2002 dalam kategori "Best Picture".

Untuk ceritanya, film biopik terbaik ini menceritakan tentang John Forbes Nash, peraih nobel yang menderita skizofrenia. Ia dikenal sebagai salah satu ilmuwan tercerdas yang mampu memecahkan kode rumit.

Namun, suara-suara yang ada dipikirannya perlahan mengubah hidupnya jadi berantakan.

2. The Soloist (2009)

The Soloist (2009) (Foto: impawards.com)
impawards.com

"The Soloist" yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. dan Jamie Foxx ini menceritakan tentang Nathaniel Anthony Ayers, seorang pemain orkestra yang harus keluar dari grupnya karena menderita skizofrenia akut.

Meski sempat hidup luntang-lantung, kehidupan Ayers perlahan kembali tertata setelah ia bertemu dengan seorang wartawan bernama Steve Lopez. Kamu wajib nonton kelanjutan ceritanya nih, karena film ini kisahnya menyentuh banget lho.

Baca juga: Film Psikologi Thriller Terbaik yang Menawarkan Sensasi Menegangkan dan Bikin Kamu Mikir Keras

3. Shutter Island (2010)

Shutter Island (Foto: medium.com)
medium.com

Disebut-sebut sebagai salah satu film dengan plot twist terbaik, "Shutter Island" memang sukses bikin penontonnya pusing tujuh keliling.

Di film ini, kamu bisa melihat Leonardo Dicaprio memerankan karakter bernama Teddy, seorang detektif yang sedang menyelidiki kasus hilangnya pasien di rumah sakit jiwa yang terletak di pulau terpencil.

Ketika penyidikan tersebut berlangsung, Teddy mulai mengalami kejadian aneh hingga yang nggak bisa dinalar. Bahkan hingga film ini berakhir, penonton masih banyak yang dibuat bingung dengan kebenaran mana yang harus dipercayai.

4. Keira (2018)

Film Keira (2018) (Foto: akurat.co)
akurat.co

Selanjutnya ada film tentang mental illness dari Indonesia. Seperti judulnya, "Kiera" bercerita tentang seorang remaja bernama Kiera yang menderita skizofrenia dan punya tujuh kepribadian.

Kondisinya ini sering membuat Kiera nggak sadar akan semua yang dilakukannya. Di sisi lain, ia juga punya masa lalu yang kelam terus menyiksa hidupnya.

5. Joker (2019)

Film Joker (2019) (Foto: instagram.com/jokermovie)
instagram.com/jokermovie

Hangat diperbincangkan sepanjang tahun 2019 kemarin, kamu tentunya nggak asing dengan ide cerita dari film R rated terlaris sepanjang masa ini.

Karya sutradara Todd Phillips ini diketahui mengisahkan kehidupan sosok Joker yang berbeda dari yang digambarkan film DC sebelumnya. Penjahat yang identik dengan riasan badutnya itu hidupnya sangat kelam.

Menderita depresi, jadi korban bully, dan menunjukkan gejala-gejala skizofrenia seperti ibunya.

Baca juga: 5 Film Rating Dewasa Terlaris Sepanjang Masa, Favoritmu Ada?

Nah, itulah 5 film tentang skizofrenia yang wajib banget buat ditonton. Selain ceritanya bagus, kamu juga bisa lebih aware sama mental illness lho.