Qupas Family

5 Fobia Unik yang Biasa Diderita Anak-anak, Orang Tua Perlu Tahu Nih!

29 December 2019, at 12:00
5 Fobia Unik yang Biasa Diderita Anak-anak, Orang Tua Perlu Tahu Nih!

Fobia atau phobia merupakan istilah yang sudah nggak asing lagi. Ketakutan berlebihan terhadap benda atau situasi tertentu ini memang bisa dialami oleh semua orang, baik yang dewasa maupun anak-anak.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab fobia, mulai dari pengalaman traumatis, efek dari imajinasi yang belebihan, hingga faktor genetik.

Selain itu, ada banyak sekali jenis fobia di dunia lho. Berikut ini beberapa fobia unik yang bisanya diderita oleh anak-anak. Orang tua perlu tahu ya!

1. Glonophobhia Atau Fobia Balon

fobia balon
pinterest.com

Balon merupakan salah satu benda yang sering dikaitkan dengan anak-anak. Meskipun demikian, benda warna-warni ini juga bisa membuat si kecil merasa ketakutan lho.

Beberapa anak bisa saja mengalami glonophobia atau fobia balon yang membuatnya merasa sangat cemas apabila berada di dekat balon atau melihat orang lain meniup benda tersebut.

2. Lachanophobia Atau Fobia Sayuran

fobia sayuran
pexels.com/@chokniti-khongchum-1197604

Nah, fobia unik yang satu ini pasti sangat merepotkan orang tua karena membuat anak susah makan. Pasalnya, penderita lachanaphobia memiliki ketakutan yang aneh terhadap sayuran dan semua makanan yang mengandung bahan tersebut.

Fobia yang satu ini bisa muncul apabila si kecil sering dipaksa mengonsumsi sayuran yang nggak disukai. Jika mengalaminya, segera atasi dengan bijak ya Bunda!

3. Trypanophobia Atau Fobia Jarum Suntik

fobia jarum suntik
shutterstock.com

Kebanyakan anak kecil memang memiliki ketakutan terhadap jarum suntik. Akan tetapi, selain menangis penderita trypanophobia juga akan mengalami peningkatan detak jantung serta menggingil.

Kalau sudah begini, rasanya aktivitas imunisasi atau berobat ke dokter menjadi hal yang penuh dengan drama.

Baca Juga: Harus Yakin, Lakukan 7 Langkah Ini untuk Mengobati Trauma pada Anak

4. Ablutophobia Atau Fobia Mandi

fobia mandi
popsugar.com.au

Nggak punya fobia saja terkadang membuat anak susah diajak mandi, apalagi kalau menderita ablutophobia. Sudah bisa dibayangkan akan serepot apa kan?

Penderita fobia mandi biasanya akan mengalami ketakutan berlebihan terhadap air, sabun, dan kamar mandi serta aktivitas membersihkan diri. Apabila si kecil mengalaminya, segera atasi supaya nggak semakin parah ya Bunda.

5. Doronophobia Atau Fobia Hadiah

fobia hadiah
forbes.com

Meskipun jarang terjadi, namun ada beberapa anak yang mengalami doronophobia alias fobia hadiah lho! Penderita akan merasa cemas saat harus membuka hadiah karena takut di dalamnya berisi sesuatu yang berbahaya.

Unik juga ya? Padahal, menerima dan membuka hadiah merupakan hal yang menyenangkan dan membahagiakan untuk banyak orang.

Gejala Anak Mengalami Fobia

fobia anak
educaciontrespuntocero.com

Apabila si kecil mengalami seenggaknya tiga dari gejala di bawah ini, orang tua perlu waspada dan melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

  • Gemetar
  • Berkeringat
  • Jantung berdetak cepat
  • Napas pendek
  • Pusing atau kehilangan kesadaran
  • Nggak nyaman pada perut
  • Menggigil atau kepanasan berlebihan
  • Mati rasa

Baca Juga: Ternyata Jam Kelahiran Memengaruhi Kepribadian Anak Lho Bunda, Yuk Buktikan!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa fobia unik yang biasa diderita anak-anak dan gejala-gejalanya.