Qupas Family

5 Gejala Disleksia pada Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui Sejak Dini

30 May 2020, at 05:51
5 Gejala Disleksia pada Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui Sejak Dini

Disleksia merupakan salah satu gangguan belajar yang dialami oleh banyak anak. Kondisi tersebut membuat buah hati kesulitan untuk membaca, menulis, mengeja, atau berbicara dengan jelas.

Menurut para ahli, penyebab disleksia belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, peneliti sepakat bahwa gangguan belajar tersebut secara garis besar disebabkan oleh dua hal, yaitu genetik (cacat pada gen DCD2) dan cedera (otak, stroke, trauma, dan lainnya).

Penyebab Disleksia (Foto: lifehack.org)
lifehack.org

Banyak penderita disleksia yang memiliki kemampuan berpikir di atas rata-rata dengan penalaran yang kuat dan sangat kreatif. Sayangnya, mereka anak mengalami kesulitan dalam proses memahami pembelajaran, khususnya dari segi visual dan suara.

Sangat penting untuk mengidentifikasi disleksia pada anak sejak dini agar gangguan belajar tersebut bisa diatasi dengan optimal. Untuk itu, orang tua perlu mengetahui ciri-cirinya seperti berikut ini.

1. Kemampuan Berbicara yang Lambat Berkembang

Ciri-ciri Anak Disleksia (Foto: scholastic.com)
scholastic.com

Pada umumnya, anak penderita disleksia membutuhkan waktu yang cukup lama saat mengembangkan kemampuan berbicara. Mereka cenderung sering salah dalam memilih kata-kata dan kesulitan membedakan bunyi.

Meskipun si kecil sudah belajar mengenali huruf, kemungkinan besar ia akan lupa dengan hal yang telah dipelajari tersebut.

2. Kesulitan Membaca

Tanda Disleksia pada Anak (Foto: nationandstate.com)
nationandstate.com

Kesulitan membaca menjadi salah satu ciri-ciri utama disleksia. Penderita masalah ini biasanya harus bekerja keras untuk mempelajari huruf dan angka, sering terbalik, salah mengucapkan, dan memposisikan dalam tulisan.

Apabila si kecil mengalami kesulitan saat belajar membaca, jangan buru-buru marah karena menganggapnya malas ya! Coba perhatikan lagi, bisa jadi buah hati mengalami disleksia karena ada banyak anak yang sebenarnya memiliki kecerdasan normal namun menderita gangguan tersebut.

3. Kemampuan Koordinasi Buruk

Gejala Disleksia pada Anak (Foto: verywellmind.com)
verywellmind.com

Tanda disleksia pada anak lainnya adalah kemampuan koordinasi yang buruk. Hal tersebut meliputi kesulitan dalam kendali atau refleks gerak, menjaga keseimbangan, membuat gerakan seperti mengikat tali, mengancingkan baju, serta bingung mengenali arah, dan lain sebagainya.

Penderita disleksia juga kemungkinan besar mengalami kesulitan untuk fokus atau berkonsentrasi karena nggak tahan dengan suara keras atau bising.

Baca juga: Kenali Macam-macam Gaya Belajar Anak Agar Bisa Diarahkan dengan Tepat

4. Mudah Sakit

Tanda Anak Disleksia (Foto: heraldextra.com)
heraldextra.com

Ciri-ciri disleksia pada anak lainnya adalah mudah sakit. Hal tersebut karena mereka biasanya mengalami masalah sistem kekebalan tubuh.

Akibat sistem imun yang lemah, anak jadi mudah demam, eksim, asma, alergi, dan lain sebagainya.

5. Tumbuh Kembang (Milestone) Lambat

​​​​​​​Ciri-ciri Disleksia pada Anak (Foto: thebump.com)
thebump.com

Pada proses tumbuh kembang atau milestone, anak yang mengalami disleksia tetap bisa belajar berjalan, berbicara, merangkak, dan lain sebagainya, namun lebih lambat.

Apabila dikenali sejak dini, anak dengan disleksia bisa mendapatkan penanganan yang maksimal dan tepat dan tumbuh seperti anak-anak lainnya kok!

Tokoh-tokoh ternama seperti Thomas Alva Edison, Leonardo Da Vinci, Albert Einstein, dan Steve Jobs, menjadi bukti bahwa disleksia nggak menghalangi kesuksesan seseorang.