5 Gunung di Bali yang Aman untuk Pemula, Yuk Mendaki!

19 July 2018, at 16:00
3
0
5 Gunung di Bali yang Aman untuk Pemula, Yuk Mendaki!

Pergi ke Bali jangan terus-terusan mengunjungi pantainya saja, masih ada destinasi lainnya yang bisa di kunjungi selain pantai. Salah satunya Gunung di Bali. Lima gunung di Bali ini bisa jadi destinasi berliburmu bersama teman-teman. Eits tenang saja, meski kamu bukan seorang pendaki yang handal, gunung di Bali tetap bisa kamu taklukan loh. Dimana saja gunung tersebut? Yuk siap siap pena dan kertas untuk mencatatnya!

 

Gunung Abang

 

batcaveminis.blogspot.com

Gunung Abang ini memiliki keindahan dengan pepohonan hijaunya yang merata menyelimuti gundukan pasir. Di bagian bawah gunung, terhampar danau batur yang konon katanya dulu merupakan sumber air untuk masyarakat suku Bali aga. Untuk para pemula pendakian gunung aga mungkin akan terkesan jauh dan tinggi karena berada di ketinggan 2.151 mdpl. Namun, gunung ini masih terbilang aman kok dengan guide yang setia memandu para pendaki.

 

Gunung Batukaru

 

jacobmetcalf.net

Gunung Batukaru memiliki fungsi penting sebagai sumber kehidupan masyarakat yang tinggal di Bali Tengah. Gunung ini memiliki hulu sungai yang tidak pernah surut dan airnya pun jernih. Jika kamu mendaki gunung tertinggi kedua di Bali ini, kamu bisa menemukan sebuah pura yang masih aktif digunakan penduduk sektiar untuk beribadah. Jadi cukup aman untuk pemula yang ingin mendaki gunung, karena sudah ada jalanan setapak yang dibuat oleh warga untuk jalan menuju ke pura.

 

Gunung Lesung

 

mountains-of-bali.info

Gunung Lesung dikelilingi oleh Danau Tamblingan. Di sana ada cerita yang melegenda yang tersebar bukan hanya dari penduduk namun juga para pendaki. Kawah yang ada di lubang gunung Lesung konon kabarnya menjadi tempat tinggal kawanan rusa. Track gunung ini tidak terlalu sulit, tingginya pun hanya 1.865 mdpl saja.

 

Gunung Batur

 

pendakigunung.top

Gunung Batur menjadi gunung pertama yang diakui oleh UNESCO sebagai geopark yang ada di Indonesia. Tidak heran jika kamu pergi mendaki ke gunung ini, itu artinya kamu sudah mendatangi tempat yang diakui oleh UNESCO. Menyenangkan ya pastinya. Selain itu, gunung ini memiliki tinggi yang cukup rendah hanya 1.717 mdpl. Jadi cukup aman untuk kamu para pemula.

 

Gunung Catur

 

Tanahnusantara.com

Masyarakat Bali biasa menyebut Gunung Catur dengan Puncak Mangu. Di Puncak Mangu berdiri sebuah pura yang masih dijadikan tempat beribadah umat Hindu yang ada di Bali. Walau untuk menuju ke puncak mangu harus berjalan selama 2,5 jam, namun sudah ada jalan setapak yang akan membimbingmu menuju ke sana. Jadi, kamu tidak perlu kesulitan untuk mencapai puncak gunung yang memiliki ketinggian 2.095 mdpl.

 

Gunung yang ada di Bali ini ternyata sangat friendly dan aman untuk para pemula yang ingin mendaki gunung. Jangan kaget jika saat pendakian kamu akan menemukan beberapa pura yang masih sering dikunjungi warga setempat. Berniat mau mendaki gunung yang mana nih kamu? Tulis di kolom komentar ya!

0 Comment