5 Hal Nggak Terduga yang Jadi Penyebab Anak Terlambat Bicara

02 September 2019, at 22:06
0
0
5 Hal Nggak Terduga yang Jadi Penyebab Anak Terlambat Bicara

Berbicara merupakan salah satu tahapan penting dalam perkembangan anak. Si kecil seharusnya sudah mulai belajar memahami kata-kata sederhana pada usia 10 sampai 15 bulan.

Sedangkan pada usia 11 hingga 20 bulan, pada umumnya anak sudah bisa mengucapkan beberapa kata sederhana, seperti “mama”, “papa”, “pipis”, dan lain sebagainya.

bayi mengoceh
flipboard.com

Apabila pada rentang usia tersebut si kecil belum mampu mengucapkan sepatah kata pun, bisa dibilang bahwa buah hati mengalami keterlabatan bicara.

Selain gangguan pendengaran, neurologis, dan perkembangan otak yang bermasalah, berikut ini beberapa hal nggak terduga yang jadi penyebab anak terlambat bicara.

1. Kurangnya Komunikasi

kurangnya komunikasi
hellosehat.com

Meskipun sering nggak disadari, akan tetapi lingkungan yang kurang komunikatif dapat menjadi penyebab anak terlambat bicara lho.

Anak bisa lebih mudah menyerap dan menguasai kosa-kata apabila sering diajak bicara. Akan tetapi, beberapa orang tua yang sibuk biasanya mengabaikan hal tersebut dan menganggapnya kurang penting karena merasa si kecil belum bisa menjawab.

2. Terlalu Banyak Mendengar Bahasa

terlalu banyak mendengar bahasa
voksi.com

Selain kurangnya komunikasi, anak juga bisa terlambat bicara karena terlalu sering mendengar penggunaan beberapa bahasa sekaligus. Kondisi tersebut secara nggak langsung akan membuat si kecil mengalami kebingungan untuk memahami kosa kata.

Anak akan merasa bingung dengan beberapa kata yang maknanya sama seperti “bobo”, “tidur”, dan “sleep” sehingga membuatnya kesulitan dan nggak mau bicara.

3. Kecanduan Tv atau Gadget

kecanduan hp
hellosehat.com

Tahukah kamu, kecanduan menonton Tv atau menggunakan gadget ternyata juga bisa memengaruhi kemampuan anak dalam berbicara.

Pasalnya, kegiatan tersebut membuat buah hati hanya mendapatkan informasi satu arah sehingga nggak bisa mencerna setiap kosa kata yang masuk ke dalam otak.

Hal ini bisa menjadi semakin parah apabila bayi menonton tayangan yang nggak sesuai usia dan banyak menggunakan bahasa sulit.

Baca Juga: Pikir-pikir Lagi, Mengenalkan Empeng pada Bayi Bakal Berikan Efek Negatif Termasuk Terlambat Bicara Lho!

4. Dilarang Berbicara

dilarang bicara
babycenter.com

Pada suatu tahap perkembangannya, anak banyak mengoceh, berbisik, atau bergumam saat sedang mulai belajar berbicara.

Sayangnya, hal tersebut seringkali ditanggapi keliru oleh orang tua dengan melakukan teguran pada buah hati. Padahal, hal tersebut justru bisa membuat anak malas untuk bicara lagi dan akhrinya mengalami keterlambatan perkembangan.

5. Sifat Bisu Selektif

anak takut
avayeghoomes.ir

Penyebab anak terlambat bicara selanjutnya adalah sifat bisu selektif. Mungkin terkesan agak aneh, akan tetapi kondisi tersebut bisa saja terjadi lho.

Buah hati bisa saja terlambat bicara karena nggak nyaman dengan kondisi tertentu seperti saat bersama dengan banyak orang, berada di sekolah, atau mengalami trauma terhadap sesuatu.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak terlambat bicara selain masalah kesehatan atau fisik. Apabila buah hati menujukkan tanda-tanda, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

0 Comment