5 Hal Sederhana yang Bisa Membangun Karakter Jujur pada Anak, Apa Saja Ya?

22 September 2019, at 10:00
0
0
5 Hal Sederhana yang Bisa Membangun Karakter Jujur pada Anak, Apa Saja Ya?

Kejujuran merupakan salah satu sikap yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Nggak hanya di sekolah, karakter tersebut juga harus mulai dibangun dari rumah.

Sebagai orang tua, kamu bisa mendorong buah hati untuk bersikap jujur dengan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman sehingga si kecil terbiasa mengatakan kebenaran.

Selain itu, 5 hal sederhana berikut ini juga bisa kamu lakukan untuk membangun karakter jujur pada anak lho!

1. Berikan Pemahaman Tentang Kejujuran

bermain dengan anak
parentmap.com

Meskipun masih kecil dan mungkin belum terlalu paham, akan tetapi ada baiknya jika orang tua memberikan penjelasan tentang kejujuran kepada buah hati sejak dini.

Berikan pemahaman pada si kecil bahwa jujur adalah sikap terbuka, nggak berbohong, nggak berbuat curang, dan lain sebagainya yang sangat penting untuk dilakukan.

2. Menjadi Teladan

ibu dan anak
blog.parentlane.com

Selain memberikan pemahaman tentang kejujuran, orang tua juga wajib menjadi teladan atau contoh bagi buah hati. Kamu pasti sudah tahu kan kalau anak-anak adalah peniru ulung?

Seorang Profesor di Departemen Pendidikan dan Konseling McGill University, Victoria Talwar, menyampaikan bahwa ajaran dan tindakan yang nggak sejalan akan membuat anak menangkap pesan yang berbeda.

Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua nggak hanya memberikan penjelasan kepada anak melainkan juga memberikan contoh tentang kejujuran tersebut melalui kegiatan sehari-hari.

3. Memberi Kepercayaan

memberi kepercayaan pada anak
hacerfamilia.com

Siapa sih yang nggak suka mendapatkan kepercayaan? Bahkan anak kecil pun senang lho! Oleh sebab itu, memberi kepercayaan bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menanampak sikap jujur pada buah hati.

Orang tua bisa memulainya dengan hal-hal kecil dan sederhana seperti meminta anak menjaga mainananya sendiri, berbagi makanan dengan temannya, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini

4. Komunikasi yang Terbuka

karakter jujur pada anak
istockphoto.com

Kebiasaan jujur juga dapat berkembang apabila orang tua dan si kecil sering berkomunikasi secara terbuka dua arah atau lebih tepatnya berdiskusi.

Menurut psikolog dr. John Duffi, semakin terbuka percapakan antara orang tua dan anak, maka hubungan akan menjadi semakin efektif dan anak memiliki karakter yang baik.

5. Apresiasi Kejujuran

anak jujur
pinterest.com/theoverwhelmedm

Selain beberapa hal di atas, cara lain yang dapat membuat anak jujur adalah memberikan apresiasi saat si kecil melakukan hal tersebut.

Memberikan apresiasi atas kejujuran yang telah dilakukan anak adalah cara menyenangkan agar si kecil terbiasa melakukan kebaikan itu.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter jujur pada anak. Nggak susah, kan?

0 Comment