Qupas Family

5 Hal Sepele di Rumah yang Bisa Mengancam Keselamatan Anak, Perhatikan Ya Bunda!

15 February 2020, at 08:00
1
5 Hal Sepele di Rumah yang Bisa Mengancam Keselamatan Anak, Perhatikan Ya Bunda!

Rumah merupakan tempat untuk berlindung dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Oleh sebab itu, nggak heran kalau hampir semua orang tua ingin membuat rumah menjadi senyaman mungkin bagi anak-anaknya.

Meskipun begitu, kebanyakan orang tua nggak menyadari bahwa ada hal-hal di dalam rumah yang berisiko mengintai keselamatan buah hati. Apa saja ya, Bunda? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Stop Kontak

Stop Kontak (Foto: dreamstime.com)
dreamstime.com

Meskipun terlihat sepele dan biasa saja, stop kontak bisa menjadi hal yang sangat mengancam untuk si kecil lho Bunda. Bentuknya yang unik bisa saja memancing rasa penasaran buah hati untuk memasukkan jarinya ke dalam lubang.

Hal ini tentu saja bukan hal yang baik karena anak bisa saja tersengat listrik. Maka dari itu, usahakan untuk memberikan penutup atau pelindung pada setiap stop kontak di rumah yang letaknya bisa dijangkau oleh si kecil ya!

2. Peralatan Dapur

Peralatan Dapur (Foto: momlovesbest.com)
momlovesbest.com

Selain stop kontak, peralatan dapur juga termasuk dalam hal sepele yang bisa mengancam keselamatan anak. Barang-barang seperti pisau, termos yang berisi air panas, dan lain sebagainya dapat membahayakan buah hati.

Oleh sebab itu, usahakan untuk menyimpan alat-alat seperti pisau, garpu, dan lain sebagainya di rak tertutup dan jauh dari jangkauan si kecil.

3. Cairan Kimia

Cairan Kimia (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Sabun, shampo, cairan pembersih lantai, dan lain sebagainya memang merupakan benda umum yang ada di rumah. Akan tetapi, hal-hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang mengancam apabila kamu memiliki anak usia balita.

Pasalnya, si kecil mungkin saja merasa penasaran dan mengambilnya barang-barang tersebut. Kalau tertelan, buah hati bisa mengalami berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: 6 Jenis Mainan Berbahaya untuk Anak, Jauhkan dari Si Kecil Ya Bunda!

4. Tangga

Anak Naik Tangga (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Tahu nggak sih, menurut data terdapat 93.000 kasus anak di bawah usia 5 tahun yang harus dilarikan ke rumah sakit karena cedera saat naik atau turun tangga.

Maka dari itu, ada baiknya orang tua memberikan pengaman dan pengawasan lebih karena si kecil pasti melewati fase ekplorasi diri yang membuat dirinya  ingin menjelajahi seisi rumah.

5. Benda-benda Kecil

Mainan Anak (Foto: momlovesbest.com)
momlovesbest.com

Jangan pernah remehkan benda-benda yang ukurannya kecil. Meskipun mungkin nggak berbentuk tajam dan nggak bisa melukai si kecil secara langsung, namun barang yang mini bisa tertelan oleh buah hati.

Selain benda umum yang ada di rumah, usahakan untuk nggak membelikan anak mainan dengan ukuran kecil ya!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal sepele yang berisiko membahayakan buah hati. Jangan diremehkan!

anak saya dulu pernah menumpahkan deterjen di lantai dan saya tahunya setelah pulang sholat jumat. Untung nya tidak ada yang di emut atau di makan. Alhamdulillah tidak terjadi apa apa selain lantai yang penuh dengan deterjen saja. Karena itu saya lebih hati hati dalam menaruh deterjen agar jauh dari jangkauan anak anak

30 Mar 2020 14:58