5 Hal yang Harus Dihindari Orang Cemburuan, Jangan Sampai Menyakiti Pasangan

07 March 2019, at 01:00
0
0
5 Hal yang Harus Dihindari Orang Cemburuan, Jangan Sampai Menyakiti Pasangan

Banyak orang yang menyebutkan bahwa cemburu adalah salah satu tanda cinta dan kasih sayang. Akan tetapi, tidak semua kecemburuan dapat berefek negatif pada sebuah hubungan.

Meskipun merupkan sesuatu yang normal dan sering terjadi, namun cemburu dapat membutakan dan merusak hubunganmu dan pasangan.

Bukannya menjadi tanda kasih sayang, justru hal tersebut akan menyakiti pasangan apabila tidak dapat dikontrol dengan baik dan benar.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Agar Tetap Langgeng dengan Pacar yang Posesif

Beriku ini beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh cemburuan jika tak ingin menyakiti pasangan.

1. Terus Menerus Mencari Bukti

terus menerus mencari bukti
pexels.com/@rawpixel

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan oleh si pencemburu adalah terus menerus mencari bukti. Sebenarnya, ingin membuktikan adalah sesuatu yang wajar dan boleh dilakukan.

Namun apabila sesuatu yang dicemburui sudah tidak masuk akal, sebaiknya hentikan pencarian bukti tersebut karena justru akan membuat pasangan merasa tidak bisa dipercaya.

Selain itu, hal ini juga bisa saja menimbulkan masalah-masalah baru pada kehidupan percintaan kamu.

terus menerus mencari bukti tidak boleh dilakukan orang cemburuan
pexels.com/@olly

Mencari bukti terus-menerus dapat membuat seseorang terkena efek Pygmalion. Ini adalah kondisi dimana orang tersebut mempercayai apa yang belum terjadi dan bertindak seolah-olah itu terjadi.

Semua hal kecil dapat menimbulkan pertengkaran besar. Kekasih akan terus dicurigai ketika menerima pesan dengan orang lain atau semacamnya.

Hingga akhirnya, hal yang dipercayai tersebut benar-benar menjadi kenyataan. Kecemburuan mungkin membuat pasangan merasa tidak nyaman, tersakiti, dan pada akhirnya benar-benar berhubungan dengan orang lain.

2. Menolak Menerima Penjelasan

menolak menerima penjelasan
pexels.com/@vera-arsic-304265

Perilaku negatif lain dari orang yang cemburuan yang tidak boleh dilakukan adalah tidak mau menerima penjelasan.

Padahal, bagaimana pun komunikasi merupakan bagian penting yang harus diterapkan apabila ingin sebuah hubungan berjalan dengan lancar.

Tidak memberikan kesempatan kepada pasangan untuk menjelaskan sama saja menutup diri dari penyelesaian masalah.

menolak menerima penjelasan karena cemburu
bravotv.com

Inilah yang kemudian menyebabkan hubungan menjadi berantakan secara perlahan. Tidak ada penjelasan dan komunikasi yang jelas membuatnya dan pasangan akhirnya hanya saling memendam.

Seiring dengan berjalannya waktu, permasalahan semakin banyak dan menumpuk. Ketika keduanya sudah tidak bisa membendung, maka perpisahan mungkin menjadi penyelesaiannya.

3. Mengendalikan Pasangan

mengendalikan pasangan
pexels.com/@pixabay

Orang yang cemburu biasanya merasa bahwa posisinya sedang tidak aman. Dibenaknya, terdapat ketakutan-ketakutan yang berhubungan dengan kandasnya hubungan.

Kondisi tersebut kemudian menyebabkannya ingin mengatur segala gerak-gerik pasangan. Padahal, tindakan mengendalikan seperti ini akan membuat kekasih merasa tidak nyaman dan tertekan.

mengendalikan pasangan karena cemburu
pexels.com/@thomasleeward

Meskipun saling mencintai dan memiliki, namun masing-masing individu dalam sebuah hubungan tetap membutuhkan ruang untuk bergerak.

Mengendalikan pasangan karena cemburu hanya akan membuatnya kesal dan hubungan menjadi kaku.

Baca Juga: 5 Hal Kecil yang Termasuk Selingkuh, Kamu Pernah?

4. Kemarahan yang Mendadak

kemarahan yang mendadak
nypost.com

Ketidak percayaan membuat orang yang cemburu seringkali uring-uringan. Menemukan hal kecil yang dianggap sebagai bukti akan langsung membuatnya meledakkan kemarahan.

theodysseyonline.com

Tanpa ada penjelasan, ia akan menyerang pasangan dengan berbagai kemarahan dan pertanyaan. Kondisi ini hanya akan membuat pasangannya bingung karena tidak memahami situasi yang terjadi.

Tidak berhenti di sana, keadaan akan semakin memburuk karena si pencemburu terus marah sedangkan pasangannya tak tahu apa-apa.

5. Kecemburuan Tidak Mudah Hilang

bustle.com

Banyak orang cemburu yang mengatakan bahwa ia akan belajar untuk berubah dan meminimalisir hal tersebut.

Namun pada kenyataannya, menghilangkan rasa cemburu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal tersebut merupakan proses panjang yang sulit dicapai.

theconversation.com

Seseorang yang pencemburu harus menyingkirkan keyakinan tertentu bahwa perasaan tersebut adalah hal yang normal sebagai bentuk cinta.

Apabila kamu orang yang sering cemburu pada pasangan, sebaiknya jangan melakukan 5 hal di atas. Hal tersebut tidak akan membuat perasaanmu membaik dan justru akan memperburuk keadaan.

Baca Juga: Jangan Dipaksa, Begini Tanda-Tanda Hubungan yang Sudah Tak Bisa Dilanjutkan

Berdiskusilah dengan pasangan tentang keadaanmu dan buatlah kesepakatan tentang bagaimana cara mengatasi hal tersebut dan segala permasalahan yang hadir.

Jangan membuat hubunganmu dengannya hancur hanya karena kamu menganggap cemburu adalah tanda cinta yang harus dipertahankan.

0 Comment