5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Kembali ke Pelukan Mantan yang Pernah Selingkuh

28 March 2019, at 01:00
0
1
5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Kembali ke Pelukan Mantan yang Pernah Selingkuh

Putus cinta memang menyakitkan dan bisa jadi merupakan masalah berat bagi sebagian orang. Apalagi jika jalinan cinta berakhir dengan cara yang tidak baik, seperti diselingkuhi oleh pasangan misalnya.

Kondisi tersebut akan membuat sakit hati yang dirasakan menjadi semakin parah dan membuat seseorang sulit untuk memulai hubungan yang baru.

Alih-alih mendapatkan pasangan baru, beberapa orang justru mempertimbangkan untuk kembali pada mantan yang pernah berselingkuh.

Baca Juga: 5 Hal Ini Termasuk Selingkuh, Kamu Pernah Melakukannya?

Sebelum balikan sama mantan yang menyesal karena menyelingkuhimu, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini agar tidak sakit hati lagi.

1. Apakah Bisa Percaya Lagi Padanya?

apakah kamu bisa percaya
pexels.com/@pixabay

Tanyakan kepada hatimu dan jawablah dengan jujur, apakah kamu masih bisa percaya lagi kepadanya setelah diselingkuhi dengan orang lain?

Diakui atau tidak, perselingkuhan merupakan hal menyakitkan yang dapat merusak kepercayaan pada pasangan.

kepercayaan pada mantan
pexels.com/@martinpechy

Sebelum kembali ke pelukan mantan yang pernah selingkuh, sebaiknya pastikan dulu apakah masih ada rasa percaya dalam dirimu karena hal tersebut merupakan salah satu faktor penting yang harus ada dalam hubungan.

Jika tidak, sebaiknya hindari untuk kembali menjalin hubungan asmara dengan mantan karena keraguan yang ada dalam hatimu akan membuat dirimu sendiri terluka.

2. Pastikan Masalah Perselingkuhan Sudah Selesai

selesaikan masalah
pexels.com/@deathless

Sebelum benar-benar kembali bersama mantan, sebaiknya selesaikan dulu permasalahan yang terjadi diantara kalian berdua.

Hal tersebut berkaitan dengan perselingkuhan yang pernah ia lakukan. Jangan sampai membiarkan masalah tersebut menggantung dan menimbulkan tanda tanya dihatimu.

pastikan masalah perselingkuhan sudah selesai
pexels.com/@freestocks

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah untuk memaafkan perbuatannya dan memulai kembali hubungan juga akan lebih terasa menyenangkan.

3. Emosi Sudah Stabil

emosi sudah stabil
pexels.com/@pixabay

Hal lain yang harus dipertimbangkan ketika ingin balikan dengan mantan yang pernah selingkuh adalah kondisi emosi yang harus dipastika apakah sudah stabil atau belum.

Kondisi hati dan perasaan pasca diselingkuhi pasti masih berantakan dan labil.

pastikan emosi sudah stabil
pexels.com/@download-a-pic-donate-a-buck-8721

Menyetabilkan emosi setelah menjadi korban perselingkuhan penting untuk dilakukan, baik ketika kamu ingin balikan atau memulai hubungan dengan orang lain.

Hal tersebut karena emosi akan berpengaruh pada hubungan yang akan dijalani. Kembali bersama mantan dengan emosi yang belum stabil akan membuat hubungan tidak berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Menghadapi Masalah Perselingkuhan Menjelang Hari Pernikahan

4. Move On dari Perselingkuhannya

move on dari masalah
pexels.com/@pedro

Selain menyetabilkan hati, kamu juga harus move on dari kasus perselingkuhan yang pernah dilakukan oleh mantan. Jika tidak, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memulai hubungan lagi dengannya.

Sebaiknya kamu sudah benar-benar ikhlas dan memaafkan mantan atas kesalahan tersebut sehingga bisa tidak ada keraguan.

move on dari perselingkuhan
pexels.com/@olly

Jika kamu masih sering kesal dan marah dengan perselingkuhan yang dilakukan oleh mantan, hal ini akan berdampak buruk pada hubungan.

Kamu akan terus mengungkit hal tersebut apabila terjadi masalah, baik yang berhubungan dengan perselingkuhan maupun tidak, dan hal ini justru akan membuat pasangan menjadi tidak nyaman.

5. Bersiap dengan Risiko Terburuk

risiko terburuk
pexels.com/@freestockpro

Bersiaplah untuk risiko yang terburuk, yaitu kembali diselingkuhi olehnya. Sebuah penelitian yang tercantum pada jurnal Archives of Sexual Behavior menyebutkan bahwa orang yang pernah selingkuh akan cenderung mengulanginya.

Hal ini karena perselingkuhan didasari oleh beberapa faktor, seperti norma sosial yang dipercaya olehnya, kepuasan dalam hubungan, dan kepribadian.

siap dengan risiko terburuk
pexels.com/@picjumbo-com-55570

Memang tidak semua orang akan kembali berselingkuh, namun ada baiknya jika kamu mempertimbangkan risiko ini agar hatimu tidak terluka lagi.

Nah, itu dia Sobat Qupas hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin kembali ke pelukan mantan yang pernah melakukan perselingkuhan.

Jangan asal kembali karena hal tersebut tidak menjamin kebahagiaan. Perhatikan hal-hal di atas dan pikirkan secara matang terlebih dahulu.

1 Comment
Vania Prima
28/03 - 03:15
heehehee mending gausah balikan sih kalo aku, jijay