Qupas Family

5 Hal yang Perlu Diajarkan Saat Anak Dapat Angpao Lebaran, Biar Nggak Cuma Dipakai Jajan!

22 May 2020, at 07:40
5 Hal yang Perlu Diajarkan Saat Anak Dapat Angpao Lebaran, Biar Nggak Cuma Dipakai Jajan!

Sebenar lagi, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan kemenangan setelah berpuasa selama sebulan lamanya. Lebaran memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Nggak cuma orang dewasa, anak-anak pun selalu senang saat hari kemenangan datang lho! Pasalnya, sekolah akan libur dan mereka bisa bertemu dengan saudara-saudara jauh. Selain itu, tradisi salam tempel alias angpao lebaran juga pasti membuat si kecil bersemangat.

Nah, saat anak mendapatkan angpao lebaran, beberapa hal ini perlu orang tua ajarkan!

1. Berterima Kasih

Angpao Lebaran (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Hal pertama yang perlu diajarkan oleh orang tua kepada anak saat menerima angpao lebaran adalah berterima kasih.

Sebelum pergi bersilaturahmi, orang tua bisa mengingatkan anak dengan lembut untuk mengucapkan terima kasih dengan tulus apabila diberi sesuatu oleh orang lain. Baik itu berupa uang, makanan ringan, dan lain sebagainya.

2. Jelaskan Bahwa Jumlah Bukan yang Utama

THR Lebaran (Foto: dream.co.id)
dream.co.id

Selain mengajarkan untuk berterima kasih, orang tua juga perlu menjelaskan kepada anak bahwa jumlah uang yang ia terima bukanlah hal yang utama. Namun, ketulusan dan niat baik si pemberi lah yang perlu diperhatikan.

Jelaskan hal tersebut dengan kata-kata sederhana yang mudah dipahami oleh anak ya! Pasalnya, si kecil mungkin saja mengalami salah persepsi akibat jumlah angpao lebaran yang berbeda dari masing-masing orang.

3. Mengenal Uang

Mengajarkan Uang pada Anak (Foto: cheatsheet.com)
cheatsheet.com

Apabila anak masih berusia balita, manfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan uang kepadanya. Jelaskan konsep uang secara sederhana pada si kecil.

Selain itu, orang tua juga boleh mengajarkan nilai uang kepada anak. Gunakan lah contoh-contoh yang nyata dan sederhana agar anak lebih mudah memahaminya.

Baca juga: 4 Makna Idul Fitri yang Perlu Diajarkan Pada Buah Hati, Apa Saja Ya?

4. Berbagi Rezeki

Angpao Lebaran Anak (Foto: huffingtonpost.com.au)
huffingtonpost.com.au

Mendapat salam tempel memang menyenangkan bagi anak-anak. Bagaimana nggak, si kecil jadi punya uang sendiri sehingga bebas jajan sana-sini tanpa perlu minta uang ke orang tua lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua sebaiknya mengajak si kecil berbuat kebaikan dengan berbagi dengan orang yang lebih membutuhkan.

5. Menabung

THR Lebaran Anak (Foto: achievalife.com)
achievalife.com

Selain itu, orang tua juga sebaiknya mengajarkan anak untuk menabung. Ajak si kecil untuk menyimpan sebagian uang yang mereka dapatkan.

Mulai lah dengan hal kecil seperti membelikan celengan atau mengajak buah hati untuk membuka tabungan di bank. Jangan lupa untuk menjelaskan manfaat menabung juga ya!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu diajarkan saat anak mendapatkan uang “THR lebaran”, supaya nggak cuma dipakai untuk beli jajan.