Qupas Family

5 Hal yang Perlu Orang Tua Ketahui Tentang Pemberian MPASI untuk Bayi

16 January 2020, at 10:00
5 Hal yang Perlu Orang Tua Ketahui Tentang Pemberian MPASI untuk Bayi

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memiliki bayi. Pasalnya, si kecil masih sangat sensitif dan sistem kekebalan tubuhnya masih lemah sehingga mudah terserang penyakit.

Mulai dari pakaian, penggunaan popok, jam tidur, bahkan ASI serta makanan pendampinya pun harus diperhatikan. Berbicara tentang makanan pendampin ASI atau biasa disingkat MPASI, berikut ini beberapa hal yang perlu orang tua ketahui.

1. MPASI Bukan Pengganti ASI

ibu menyusui
corpusfp.com

Seperti namanya, MPASI merupakan makanan pendamping bagi bayi. Oleh sebab itu, meskipun sudah mulai dikenalkan dengan makanan padat, si kecil tetap harus mendapatkan susu.

Bagaimana pun, ASI tetap lah sumber nutrisi terbaik bagi bayi yang nggak dapat digantikan dengan MPASI.

2. Berikan MPASI Setelah Bayi Berusia 6 Bulan

mpasi untuk bayi
romper.com

Kenalkan MPASI kepada buah hati saat usianya sudah 6 bulan. Terlalu dini memberikan makanan padat pada si kecil akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan, malnutrisi, infeksi, dan alargi. Pasalnya, sistem pencernaan bayi mungkin belum siap dan masih lemah.

Selain itu, terdapat beberapa ciri-ciri umum yang menunjukkan si kecil sudah siap mengonsumsi MPASI, yaitu:

tanda anak siap makan
sohu.com
  • Bayi memiliki koordinasi antara mata, mulut, dan tangan yang ditandai dengan kemampuan meraih makanan dan memasukkannya ke dalam mulut
  • Bayi bisa duduk dan menyangga kepala dengan baik tanpa bantuan
  • Bayi bisa menelan makanan dan tertarik dengan yang dikonsumsi oleh orang di sekitarnya

3. Porsi MPASI

pemberian mpasi
thenestaph.com

Pada awal-awal mengenalkan makanan padat pada bayi, orang tua biasanya bingung dengan porsi yang harus diberikan.

Kamu bisa coba memberikan MPASI sebanyak dua sendok makan bayi setelah menyusu. Bagaimana pun, makanan utama buah hati pada usia tersebut adalah ASI atau susu formula.

Baca juga: Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa Keluar? Ini Lho Jawabannya

4. Frekuensi Pemberian MPASI

makanan bayi
pinterest.com

Selain porsi, orang tua juga harus tahu frekuensi pemberian MPASI yang tepat. Untuk permulaan, jadwalkan pemberian makanan padat sebanyak satu kali sehari terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan agar si kecil bisa beradaptasi dan terbiasa dengan tekstur makanan padat serta belajar menelan. Lakukan secara konsisten setiap hari.

Seiring dengan berjalannya waktu, bayi akan terbiasa dan bisa makan lebih banyak dengan jadwal pemberian MPASI dua kali sehari. Pada usia 8 sampai 9 bulan, si kecil biasanya sudah bisa makan tiga kali sehari.

5. Hindari Penggunaan Gula dan Garam

makanan pendamping asi
dining-plus.com

Hal lainnya yang perlu diketahui oleh orang tua tentang pemberian MPASI pada bayi adalah penggunaan gula dan garam. Pada usia tersebut, si kecil belum membutuhkan dua komponen tersebut. Sebaliknya, zat itu hanya akan menambah beban kerja ginjal buah hati.

Selain itu, selalu perhatikan reaksi si kecil setiap kali pemberian MPASI ya! Apabila terdapat tanda-tanda alergi, segera hentikan dan atasi masalah tersebut.

Well, ternyata pemberikan MPASI untuk bayi nggak boleh asal ya Sobat Qupas. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti di atas.