Qupas Family

5 Hal yang Perlu Orang Tua Perhatikan Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare, Apa Saja?

14 February 2020, at 11:00
5 Hal yang Perlu Orang Tua Perhatikan Sebelum Menitipkan Anak ke Daycare, Apa Saja?

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Meskipun demikian, nggak bisa dipungkiri kalau beberapa hal, termasuk pekerjaan dan kesibukan lainnya, dapat menjadi hambatan.

Orang tua yang bekerja biasanya akan dibuat dilema karena harus meninggalkan si kecil karena banyaknya kesibukan. Kalau sudah begini, menitipkan anak ke nenek-kakaknya, menyewa babysitter, atau daycare biasanya menjadi pilihan agar perkembangan si kecil tetap maksimal.

Berbicara tentang daycare, berikut ini beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan sebelum memilih tempat penitipan anak. Apa saja ya?

1. Fasilitas Daycare

Memilih Daycare (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan menitipkan anak ke daycare tentu saja fasilitasnya. Daycare yang baik biasanya memiliki berbagai mainan yang dipisahkan berdasarkan usia untuk menjamin perkembangan si kecil secara maksimal.

Nggak hanya itu, perhatikan juga apakah tempat penitipan anak tersebut memiliki fasilitas tambahan seperti dokter anak dan lain sebagainya.

2. Jumlah Pengasuh

Daycare (Foto: rooschildcare.com)
rooschildcare.com

Meskipun kadang kurang diperhatikan, namun jumlah pengasuh di daycare sebenarnya termasuk hal penting yang menentukan kualitas tempat penitipan anak tersebut lho!

Menurut American Academy of Pediatrics, tempat penitipan anak yang ideal minimal memiliki satu pengasuh untuk menangani tiga orang anak (yang berusia di bawah 2 tahun). Sehingga, menitipkan buah hati ke daycare yang terlalu ramai sebenarnya juga nggak baik lho!

3. Kebersihan dan Keamanan Daycare

Cara Memilih Daycare (Foto: canva.com)
canva.com

Kebersihan daycare juga sangat penting untuk diperhatikan. Apabila tempat penitipan terlihat kotor dan berdebu, sebaiknya coret dari daftar! Kalau kebersihan tempat saja nggak terurus, bagaimana dengan anak?

Selain itu, keamanan juga sangat penting lho! Pasalnya, nggak ada orang tua yang ingin buah hatinya terluka sehingga hal yang satu ini perlu dipastikan terlebih dahulu.

Baca juga: Jangan Asal Mempekerjakan Babysitter, Perhatikan Tanda-Tanda Ini!

4. Menu Makanan

Tips Memilih Daycare (Foto: worldfiberline.com)
worldfiberline.com

Selain itu, orang tua juga perlu memerhatikan menu makanan tempat penitipan anak. Pastikan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi dengan baik.

Cobalah untuk menanyakan menu makanan harian yang disediakan oleh daycare serta berapa porsi yang diberikan setiap harinya. Jangan lupa juga untuk menanyakan tentang makanan ringannya, ya!

5. Penilaian Orang Tua Lain

Daycare untuk Anak (Foto: patch.com)
patch.com

Nggak hanya hal-hal di atas yang perlu orang tua perhatikan, Bunda juga perlu meminta penilaian dari saudara atau ibu-ibu lainnya. Biasanya, mereka akan merekomendasikan daycare berdasarkan pengalaman langsung atau pengalaman dari orang yang dikenal.

Penilaian orang tua lainnya cukup bisa dipercaya karena berdasarkan pengalaman kok! Setelah mendapatkan daftar tempat penitipan anak yang sekiranya cocok, orang tua bisa datang langsung dan melakukan survey.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih daycare untuk anak.