Qupas Family

5 Hal yang Sering Jadi Pemicu Pertengkaran Orang Tua dan Anak Remaja, Apa Saja Ya?

21 October 2019, at 12:00
5 Hal yang Sering Jadi Pemicu Pertengkaran Orang Tua dan Anak Remaja, Apa Saja Ya?

Memiliki anak usia remaja bukanlah sesuatu yang mudah bagi sebagian besar orang tua. Pasalnya, pada usia tersebut buah hati biasanya menjadi lebih sulit untuk dimengerti.

Alhasil, pertengkaran pun semakin sering terjadi. Mulai dari masalah sepele sampai dengan sesuatu yang besar. Lantas apa sih sebenarnya yang memicu pertengkaran tersebut?

Terlepas dari perubahan hormon dan lain sebagainya yang sedang dialami remaja, berikut ini beberapa hal yang paling sering menjadi penyebab pertengkaran orang tua dan anak.

1. Banyaknya Aturan di Rumah

anak dan ibu
workingmother.com

Salah satu hal yang sering menjadi pemicu pertengkaran orang tua dan anak remajanya adalah banyaknya aturan di rumah. Buah hati mungkin merasa dibatasi sehingga menjadi lebih nakal, memberontak, atau bahkan berbohong.

Meskipun demikian, memberikan aturan kepada anak remaja memang diperlukan untuk melatih kedisiplinannya. Sehingga sebaiknya orang tua memberlakukan aturan yang wajar dan menjelaskan kepada anak untuk menghindari pertengkaran.

2. Permasalahan dari Sekolah

ibu dan anak
intelligentliving.co

Pada umumnya, anak usia remaja sedang sibuk mencari jati diri dan mencoba hal-hal baru. Oleh sebab itu, beberapa anak mungkin mengalami kesulitan dalam pelajaran sehingga mengalami penurunan nilai.

Hal seperti ini seringkali memicu pertengkaran antara orang tua dan anak. Akan tetapi, sebagai orang yang lebih dewasa Ayah dan Bunda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengapa hal tersebut terjadi sebelum menghakimi anak atau memaksanya belajar lebih keras.

3. Anak Lebih Suka Menghabiskan Waktu di Kamar

bertengkar dengan anak
theyoungvision.com

Orang tua perlu tahu bahwa sebagian besar anak remaja lebih suka menghabiskan waktunya untuk menyendiri di kamar dibandingkan berkumpul bersama anggota keluarga lainnya.

Sebanarnya, ini merupakan hal yang wajar kok. Oleh sebab itu, ada baiknya apabila orang tua mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya sebelum memarahi mereka atas hal tersebut.

Baca Juga: Kenali Macam-macam Gaya Belajar Anak Agar Bisa Diarahkan dengan Tepat

4. Anak Terlalu Lama Main Ponsel

anak main hp
educenter.id

Selain hal-hal di atas, hal lain yang seringkali menjadi pemicu pertengkaran antara orang tua dan anak remaja adalah durasi menggunakan ponsel yang terlalu lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua boleh memberikan batasan atau jadwal penggunaan ponsel untuk anak. Selain menghindari pertengkaran, hal tersebut juga akan membuat buah hati lebih disiplin.

5. Diberlakukannya Jam Malam

anak nakal
maxent.fr

Anak yang sering pulang terlalu larut membuat orang tua seringkali berinisiatif untuk memberlakukan jam malam. Hal ini biasanya juga menjadi salah satu penyebab munculnya perselisihan.

Sebagai jalan tengahnya, orang tua bisa berdiskuasi dengan anak untuk waktu bermain yang sesuai. Kamu juga bisa meminta anak jujur dan terbuka tentang dengan siapa atau kemana ia akan pergi sehingga nggak terlalu khawatir.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang biasanya menjadi pemicu pertengkaran orang tua dan anak remaja yang bisa kamu hindari.