5 Jembatan Kaca di Indonesia Ini Bikin Kamu Seolah Melayang di Udara

02 January 2019, at 07:00
1
0
5 Jembatan Kaca di Indonesia Ini Bikin Kamu Seolah Melayang di Udara

Indonesia kaya akan wisata dan tersebar di seluruh wilayahnya. Bahkan baru-baru ini mulai ramai dibicarakan soal destinasi liburan yang cukup unik di Tanah Air. Sebut saja jembatan kaca.

Memang bisa dibilang jembatan kaca menjadi tren wisata di negara maju. Misalnya saja di China. Di sana ada jembatan kaca terpanjang di dunia yang membentang sepanjang 488 meter di Provinsi Hebei.

Tapi kini kamu nggak perlu jauh-jauh liburan ke China untuk bisa melintas di jembatan kaca. Sebab Indonesia sendiri sudah punya wisata serupa dan tersebar di beberapa wilayah.

Penasaran dimana saja? Yuk langsung simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Pantai Nguluran

pantai nguluran
instagram.com/heru_potret_377

Jogja seolah selalu saja berhasil menebarkan pesonanya. Beragam destinasi di kawasan ini pun memang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pantai Nguluran.

Bukan pemandangan khas samudera saja yang bisa kamu saksikan di sini. Spot foto unik dan menantang pun bisa kamu temui di sini, "Teras Kaca" namanya.

Sesuai dengan namanya, teras yang ada di Pantai Nguluran ini terbuat dari kaca transparan. Jadi kamu pun bisa menyaksikan air laut yang ada tepat di bawahnya.

Letaknya yang menjorok ke laut pun semakin menarik. Bahkan kamu tenut saja bisa hunting foto di sini. Apalagi ada spot cantik lainnya berupa miniatur kapal berwarna putih.

teras kaca pantai nguluran
instagram.com/nyonyokecil

Untuk bisa sampai ke sini dari Jogja, kamu bisa melewati Jalan Wonosari kemudian melewati kawasan Piyungan. Selanjutnya arahkan kendaraanmu ke Patuk.

Tepat di Gading (lapangan terbang), ambil arah ke kanan sampai di Pasar Playen. Lanjutkan perjalananmu ke Paliyan, kemudian ke Girikarto hingga ke Pantai Nguluran.

Gimana, tertarik untuk berkunjung ke pantai cantik di Jogja ini? Jangan ragu lagi untuk mampir ke sini mumpung tiket masuknya sangat murah.

Lokasi: Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima ribu rupiah

2. Wisata Religi Buntu Burake

buntu burake
instagram.com/lidiaptrna

Wisata Religi Buntu Burake memang sangat unik. Selain ada Patung Yesus Memberkati yang disebut-sebut paling tinggi di dunia, di sini juga ada jembatan kaca.

Jembatan kaca nan unik ini panjangnya mencapai 90 meter. Lebih mengejutkan, biaya pembangunannya sangat fantastis, yakni mencapai 4 miliar rupiah.

Bahannya sendiri terbuat dari tempered glass yang tahan panas serta bisa menahan beban angin, benturan dan tekanan air. Kalaupun pecah, kaca tempered ini bntuknya kecil yang tumpul dan pastinya aman.

Kalau ingin berkunjung ke sini, kamu pun harus meminta izin terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga akan menggunakan alas kaki khusus yang dikenakan biaya tambahan.

Letak wisata ini sendiri cukup jauh dari pusat kota. Apabila ada di sekitar Kota Makale, kamu bisa melewati salah satu jalan masuk di samping Plaza Telkom Makale.

buntu burake tana toraja
instagram.com/marrungnova

Medan yang akan kamu lalui selama menuju ke wisata ini pun cukup baik. Tapi begitu sampai di parkiran, kamu masih perlu melewati tangga batu yang menanjak agar bisa sampai di lokasi.

Meski terbilang melelahkan, semua itu akan terbayar begitu kamu sudah sampai di area wisata. Yuk langsung berangkat!

Lokasi: Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WITA

Tiket masuk: Lima puluh ribu rupiah (untuk ke jembatan kaca)

3. Caping Park

caping park
instagram.com/rahmat.wibowo

Jembatan kaca selanjutnya ada di Caping Park, Baturraden. Wisata unik satu ini rasanya memang sayang untuk dilewatkan selagi kamu mampir ke Jawa Tengah.

Wisata ini terletak di kaki Gunung Slamet. Jadi nggak heran kalau udara di sekitarnya sangat sejuk.

Sambil berdiri di atas jembatan transparan yang terbuat dari  kaca laminated decorative glass dengan ketebalan 8 milimeter, kamu bisa menyaksikan view pegunungan yang memanjakan mata.

Salah satu hal yang menarik dari tempat ini memang spot foto berupa jembatan kaca. Tapi selain itu, di sini juga masih ada beberapa area selfie yang patut kamu kunjungi. Contohnya seperti:

  • Menara pandang
  • Balon udara
  • Properti kayu warna-warni
  • Ketapel raksasa, dan lain sebagainya

caping park baturraden
instagram.com/immamahmudah

Menariknya lagi, tempat ini merupakan wisata edukasi di bidang pertanian dan peternakan. Ada beraneka tanaman hingga binatang di sini.

Tertarik untuk berkunjung? Kamu bisa langsung menuju ke Baturraden dan Desa Kebumen.

Dari pusat kota Banyumas, wisata ini jaraknya hanya sekitar 30 kilometer dan dapat ditempuh selama kurang lebih 54 menit saja. Yuk langsung mampir!

Lokasi: Dusun II, Kebumen, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-20.00 WIB

Tiket masuk: Dua puluh ribu rupiah

Baca juga: 5 Wisata Baturaden dengan Spot Foto Unik, Siapkan Outfit Terbaikmu!

4. Kampung Jodipan

jembatan kaca kampung warna warni
instagram.com/riana_rohul

Kalau tempat satu ini ada di Malang, Jawa Timur. Kamu juga bisa menemukan jembatan kaca di sini.

Bahkan tempat yang dulunya kumuh ini memiliki beberapa spot foto menarik lain. Misalnya saja seperti:

  • Jembatan brantas
  • Balai payung
  • Lukisan 3D

Menariknya lagi, setiap sudut kawasan wisata Malang ini seolah memikat unutk dijadikan tempat foto. Terlebih lagi karena di sini kamu akan menyaksikan bangunan berwarna-warni.

Kampung Warna-Warni Jodipan sendiri berada sekitar 400 meter sebelah selatan dari Stasiun Kereta Api Malang Kota Baru.

jembatan kaca kampung warna warni malang
instagram.com/dwiiskandar.dwico

Kamu bisa dengan mudah menjangkaunya, yakni menggunakan angkot dengan kode ABG/ABH, AGJ/AJH, AMG/AMH atau MT dari stasiun.

Selanjutnya turun di dekat Jembatan Brantas di Jalan Gatot Subroto. Dari sini, Kampung Warna Warni Jodipan sudah bisa dilihat.

Lalu kamu hanya perlu berjalan kaki selama 5 menit untuk bisa masuk ke area perkampungan. Gampang banget kok untuk bisa sampai di sini.

Lokasi: Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Tiga ribu rupiah per orang

5. Jembatan Berendeng

jembatan berendeng cisadane
instagram.com/dinidy__

Meluncur ke Kota Tangerang, ada Jembatan Berendeng yang baru saja diresmikan pada 4 Februari 2018 lalu.

Landmark terbaru Kota Tangerang ini kamu juga menyajikan jembatan kaca yang letaknya tepat di atas Sungai Cisadane.

Namanya memang jembatan kaca. Tapi bahan pembuatnya nggak sepenuhnya dari kaca. Bagian transparan hanya ada di sisi tengah, sisi kanan dan kiri saja.

Bukan hanya untuk area wisata dan spot selfie. Tempat ini juga akan digunakan sabagai lintasan kendaraan.

jembatan berendeng cisadane tangerang
instagram.com/deniardy_arh

Nggak perlu takut saat berada di sini. Sebab Jembatan Berendeng dapat menahan beban sekitar 60 orang dengan berat maksimal masing-masing sebanyak 80 kilogram.

Jadi nggak sabar untuk main ke Jembatan Berendeng ini ya? Apalagi lokasinya cukup mudah untuk ditemukan.

Lokasi: Kelurahan Tangerang atau Benteng dan Gerendeng

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: -

Nah, itulah beberapa jembatan kaca yang ada di Indonesia. Kamu adalah seseorang dengan jiwa petualang dan nggak punya fobia ketinggian? Coba deh kunjungi wisata unik yang sudah Qupas rekomendasikan di atas!

0 Comment