5 Jenis AHA dalam Skincare yang Bisa Bikin Wajah Sebening Kaca

01 November 2019, at 18:00
0
0
5 Jenis AHA dalam Skincare yang Bisa Bikin Wajah Sebening Kaca

Di bidang kecantikan, asam atau acid termasuk bahan skincare yang ampuh untuk membuat wajah jadi glowing. Salah satu yang mungkin sering kamu temui adalah AHA (Alpha Hydroxy Acids).

AHA sendiri adalah chemical exfoliator yang bisa didapat dari tebu, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Secara garis besar, bahan skincare ini ditugaskan untuk mengelupas sel kulit mati di permukaan wajah.

Tapi tahu nggak sih, ternyata ada 5 jenis AHA yang paling sering dimanfaatkan untuk meracik skincare lho. Apa saja ya?

1. Lactic Acid

skincare yang mengandung lactic acid
beautybay.com

Sempat tren jadi bahan skincare, Lactic Acid memang termasuk jenis asam yang paling spesial. Hal ini karena di dalamnya mengandung elemen pelembab yang nggak dimiliki oleh jenis AHA lainnya.

Karena itu pula, Lactic Acid mampu bekerja dengan baik dalam menghidrasi kulit. Selain itu, jenis AHA yang didapatkan dari susu dan yoghurt ini bisa menyeimbangkan pH kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan menghilangkan garis-garis halus.

2. Glycolic Acid

skincare yang mengandung glycolic acid
beautybay.com

Glycolic Acid bisa didapatkan dari tanaman berkadar gula tinggi seperti tebu. Memiliki molekul terkecil, jenis AHA yang satu ini akan bekerja sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati supaya wajah terasa lebih halus.

Selain itu, Glycolic Acid mampu memperbaiki tekstur kulit, mengatasi masalah hiperpigmentasi, hingga mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput.

Baca juga: Mengenal Kehebatan AHA, BHA, dan PHA, Asam dalam Skincare yang Bikin Wajah Flawless

3. Malic Acid

skincare yang mengandung malic acid
lookbylinnstore.se

Malic Acid bisa dibilang sebagai sahabat dari pemilik acne prone skin. Karena formulanya ampuh untuk mengontrol produksi sebum sekaligus membersihkan wajah dari minyak dan berbagai kotoran yang menyumbat pori.

Jenis AHA yang diperoleh dari buah anggur dan apel ini juga bisa bertindak sebagai antioksidan bagi kulit, membantu meningkatkan suplai oksigen di kulit, menghidrasi wajah, dan memperbaiki teksturnya.

Tapi kalau kulitmu termasuk sensitif, sebaiknya hati-hati karena produk yang mengandung Malic Acid bisa menimbulkan iritasi di wajah.

4. Citric Acid

skincare yang mengandung citric acid
hautelookcdn.com

Mirip seperti namanya, Citric acid diperoleh dari buah citrus seperti jeruk ataupun lemon. Secara garis besar, fungsinya nggak jauh berbeda dari jenis AHA lainnya.

Yakni mampu mengatasi masalah hiperpigmentasi akibat bekas jerawat ataupun flek hitam, melawan tanda-tanda penuaan, dan berperan sebagai eksfoliator yang akan mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut.

5. Mandelic Acid

skincare yang mengandung mandelic acid
amazon.com

Memiliki tipe molekul paling besar, penetrasi dari produk yang mengandung AHA jenis Mandelic Acid terhitung lambat dan lembut. Karena itulah, bahan ini paling aman untuk kulit sensitif.

Didapatkan dari kacang almond, Mandelic Acid yang memiliki sifat anti-bakteri sangat ampuh untuk mengatasi jerawat membandel, menghilangkan flek hitam, dan mengontrol minyak berlebih tanpa membuat wajah terasa kering.

Nah, itulah 5 jenis AHA yang biasanya ditemukan dalam produk skincare. Kira-kira, mana yang paling cocok untuk wajahmu?

0 Comment