5 Jenis Pisang Populer di Indonesia serta Cara Mengolahnya, Biar Nggak Salah Masak!

20 November 2019, at 09:00
0
0
5 Jenis Pisang Populer di Indonesia serta Cara Mengolahnya, Biar Nggak Salah Masak!

Pisang adalah salah satu buah yang paling disukai oleh masyarakat Tanah Air. Rasanya yang manis serta harganya yang murah menjadi alasan mengapa buah tersebut difavoritkan.

Olahan buah pisang pun ada beraneka macam lho. Mulai dari dijadikan gorengan, rebusan, hingga kukusan. Nah biar nggak salah mengolanya, intip deh 5 jenis pisang dan cara memasaknya berikut ini.

Biar rasanya semakin enak dan khasiatnya pun terasa dalam tubuh!

1. Pisang Cavendish

jenis pisang cavendish
wikimedia.org

Mungkin banyak orang yang mengira kalau jenis pisang yang satu ini berasal dari luar negeri ya. Padahal, pisang cantik ini merupakan produk asli Indonesia lho.

Teksturnya yang lembut dan bentuknya yang lonjong nan ramping ini, sangatlah cocok untuk djadikan topping salad atau isian pada roti bakar.

2. Pisang Barlin

jenis pisang barlin
haikudeck.com

Pisang yang populer di Indonesia selanjutnya ini adalah pisang barlin. Ukurannya yang kecil dan mungil ini emang paling enak disantap tanpa harus diolah.

Nah karena bentuknya yang mungil, kamu bisa mengolahnya menjadi isian molen goreng yang renyah!

Baca juga: 4 Resep Camilan Pisang Nugget, Lebih Sehat Daripada Beli

3. Pisang Kepok

jenis pisang kepok
ayselalver.blogspot.com

Pisang kepok memang memiliki rasa manis yang khas. Teksturnya yang keras membuat pisang ini biasanya dimasak menjadi isian kolak.

Jenis pisang ini pertama kali dibudidaya bukan dari Indonesia lho, melainkan di Filipina.

4. Pisang Ambon

jenis pisang ambon
petaniternak.files.wordpress.com

Jenis pisang yang satu ini, memiliki harga yang sangatlah murah di pasar tradisional.

Pisang Ambon memang terkenal dengan dagingnya yang lembut dan pulen. Aromanya pun manis-manis harum, nggak heran kalau biasanya diolah menjadi bolu pisang manis legit.

5. Pisang Raja

pisang raja enak saat diolah
miamifruit.org

Jenis pisang yang satu ini terkenal juga dengan sebutan pisang Raja Sere. Walau namanya raja, namun ukuran pisang ini nggak besar lho.

Pisang ini biasanya hadir di perayaan pernikahan orang Jawa, dijadikan sebagai properti dekorasi gerbang rumah pengantin. Pisang ini paling cocok disajikan es pisang ijo yang segar.

Sekarang, jadi semakin tahu bukan jenis pisang populer di Indonesia? Nah, kalau kamu sendiri ingin memasak pisang dengan olahan yang mana nih?

0 Comment