Qupas Food

5 Jenis Potongan Cumi-cumi yang Menarik nan Menggugah Selera

08 August 2020, at 04:03
5 Jenis Potongan Cumi-cumi yang Menarik nan Menggugah Selera

Nggak hanya udang dan kepiting, cumi-cumi juga laris manis disajikan sebagai menu masakan seafood rumahan. Rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal membuat cumi-cumi mudah untuk dimasak.

Tapi, kamu sadar nggak sih kalau ada banyak jenis potongan cumi-cumi yang disajikan di setiap masakan? Tentunya, jenis potongan yang berbeda-beda ini dipengaruhi oleh menu masakannya.

Nih, Qupas sudah merangkum jenis potongan cumi-cumi beserta menu masakannya. Simak yuk!

1. Bentuk Utuh dengan Isian

Resep Kalio Cumi (Foto: instagram.com/novita._.sari)
instagram.com/novita._.sari

Menu masakan seafood yang satu ini biasanya tersaji di rumah masakan Padang. Badan cumi dibiarkan utuh tanpa diiris. Kemudian diisi dengan tahu yang sudah dicampur dengan telur.

Setelah itu direbus hingga isiannya matang. Sajian ini dimasak dengan bumbu balado yang pedas manis dan disajikan dengan diiris agar lebih mudah disantap. 

2. Bentuk Cincin

Resep Cumi Goreng Tepung (Foto: instagram.com/novita._.sari)
instagram.com/novita._.sari

Potongan cumi-cumi yang satu ini sering digunakan. Jenis potongan ini juga yang bisa membuat tekstur cumi jadi nggak alot.

Cocok buat kamu yang akan memasak cumi dengan adonan tepung. Tinggal bersihkan, iris cumi-cumi dengan ketebalan 2 cm, dan balut dengan adonan tepung goreng renyah.

Baca juga: Pilihan Resep Cumi yang Gampang Masaknya, Hmmm Yummy!

3. Keratan pada Cumi Utuh

Resep Cumi Bakar (Foto: instagram.com/eunice_euston)
instagram.com/eunice_euston

Buat kamu yang ingin mencoba jenis potongan cumi yang lainnya, bisa mencoba irisan yang satu ini. Beri keratan tipis di sisi kanan dan kiri cumi.

Potongan cumi yang satu ini dipakai untuk olahan cumi bakar atau panggang. Keratan bisa membuat bumbu meresap lebih cepat ke daging cumi.

4. Potongan Berbentuk Kerat Persegi

Resep Tumis Cumi (Foto: instagram.com/yscooking)
instagram.com/yscooking

Buat kamu yang suka masakan cumi-cumi bumbu kecap, kamu bisa mengaplikasikan jenis potongan yang satu ini.

Garis dengan bentuk horizontal bisa menyimpan banyak saus atau bumbu tumisan. Jadi saat dilahap akan terasa sekali bumbu tumisannya.

5. Potongan Cumi tanpa Kepala

Tumisan Cumi-cumi (Foto: instagram.com/shirleyliem)
instagram.com/shirleyliem

Buat kamu yang nggak seberapa senang dengan kepala cumi, kamu bisa memotongnya.

Setelah itu potong bagian bawah cumi-cumi agar badan cumi terlihat lebih lebar saat disajikan nanti. Biasanya jenis potongan cumi yang satu ini dipakai untuk tumisan cumi dengan bumbu sedikit.

Itulah 5 jenis potongan cumi yang biasa ditemukan di menu masakan seafood ala rumahan. Kamu sering memasak cumi dengan potongan yang mana nih?