5 Jenis Sunscreen Berdasarkan Teksturnya, Mana yang Paling Cocok Untukmu?

03 September 2019, at 12:00
0
0
5 Jenis Sunscreen Berdasarkan Teksturnya, Mana yang Paling Cocok Untukmu?

Kalau dilihat dari cara kerjanya, tabir surya bisa dibedakan ke dalam dua jenis. Yaitu chemical sunscreen yang akan menyerap paparan sinar matahari dan physical sunscreen yang bekerja dengan cara menghalangi sinar matahari.

Tapi nggak berhenti di situ. Kalau kamu sadar, sunscreen yang ada di pasaran juga hadir dalam berbagai macam tekstur seperti krim dan gel.

Sebenarnya, ada 5 jenis sunscreen bila dilihat dari teksturnya. Apa saja?

1. Sunscreen Cream

sunscreen cream
instagram.com/innisfreeofficial

Tekstur sunscreen cream terasa kental dan biasanya memiliki kandungan pelembab berupa minyak. Itulah mengapa, tabir surya jenis ini sangat cocok dipakai oleh pemilik kulit kering.

Di samping itu, sunscreen cream yang terasa pekat juga bisa melembabkan dan melindungi kulit dalam waktu yang lebih lama.

2. Sunscreen Gel

sunscreen gel
instagram.com/skinaquaid

Sunscreen gel terbuat dari bahan dasar air dan formulanya ringan. Sehingga nggak terasa lengket dan bisa menyerap ke kulit dengan cepat.

Karena karakternya ini, sunscreen gel cocok dipakai oleh pemilik kulit berminyak dan cenderung berjerawat. Setelah diaplikasikan, bakalan langsung menyerap dan hasil akhirnya matte.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Aman bagi Remaja

3. Sunscreen Stick

sunscreen stick
instagram.com/missha.official

Sunscreen stick dikemas dalam bentuk batangan yang tentunya sangat praktis untuk dibawa bepergian. Selain itu, cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Yakni tinggal dioles saja.

Tabir surya jenis ini cocok untuk pemilik kulit normal dan nggak bermasalah. Karena akan memberi kelembaban yang pas tanpa membuat wajah kering ataupun berminyak.

4. Sunscreen Spray

sunscreen spray
instagram.com/banilaco_official

Nggak kalah praktis dari tabir surya berbentuk stick, sunscreen spray memiliki tekstur cair yang bisa diaplikasikan dengan cara disemprot langsung ke wajah.

Kelebihan lain yang dimiliki sunscreen spray adalah lebih higienis dan mengurangi risiko iritasi pada kulit. Karena kamu bisa mengaplikasikannya tanpa harus menggunakan jari.

Tapi, ada aturan main memakai sunscreen spray yang harus diingat. Yaitu jangan sampai menyemprotkannya di area sensitif seperti lubang hidung dan mata.

5. Sunscreen Lotion

sunscreen lotion
obagi.com

Tabir surya bertekstur lotion konsistensinya menyerupai sunscreen cream, hanya saja lebih cair. Selain itu, formulanya juga cukup cepat meresap ke dalam kulit.

Sunscreen lotion sangat nyaman digunakan dan bisa dipakai oleh semua jenis kulit.

Nah, itulah 5 jenis sunscreen bila dilihat dari teksturnya. Jadi, mana yang paling cocok untukmu?

0 Comment