Qupas Family

5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Dini

02 January 2020, at 10:00
5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Dini

Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting, khususnya bagi perkembangan anak. Maka dari itu, memastikan bahwa si kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas merupakan tugas setiap orang tua.

Untuk melakukan hal tersebut, orang tua bisa mengajarkan 5 kebiasaan baik sebelum tidur berikut ini kepada si kecil. Apa saja ya?

1. Menyikat Gigi dan Bersih-bersih

sikat gigi
brilliancedentalcare.com

Kebiasaan baik sebelum tidur yang harus diajarkan kepada si kecil sejak dini yang pertama adalah menyikat gigi dan mencuci tangan serta kaki.

Tekankan pada buah hari bahwa meskipun ngantuk dan sangat lelah, kegiatan bersih-bersih tubuh sebelum tidur nggak boleh dilewatkan karena dapat memengaruhi kesehatan.

2. Berhenti Makan 1 Sampai 2 Jam Sebelum Tidur

kebiasaan sebelum tidur
familydoctor.org

Selain menyikat gigi dan mencuci tangan serta kaki, sebaiknya biasakan si kecil untuk berhenti makan satu sampai dua jam sebelum tidur.

Buah hati memang sebaiknya tidur dalam keadaan kenyang agar nggak mudah terbangun karena kelaparan. Namun, makan terlalu dekat dengan waktu tidur akan membuat pencernaan terbebani dan menyebabkan begah.

3. Berhenti Menggunakan Gadget

perkembangan anak
familyvacationcritic.com

Sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, gadget memang sulit dilepaskan dari pandangan dan perhatian. Meskipun demikian, sebaiknya ajarkan anak untuk berhenti menggunakan ponsel dan perlatan elektronik lainnya setidaknya satu jam sebelum tidur.

Pasalnya, pancaran sinar biru dari gadget membuat jam biologis tubuh berubah dan membuat anak-anak sulit tidur.

Baca Juga: Cara Mudah yang Bisa Bunda Coba untuk Membuat Anak Usia Balita Tidur Nyenyak

4. Mendongeng Sebelum Tidur

mendongeng
noonacademy.qa

Orang tua juga bisa membiasakan untuk membaca cerita atau mendongeng sebelum si kecil tidur. Tanpa disadari, kegiatan sederhana ini bisa membantu perkembangan buah hati lho!

Mendongeng sebelum tidur merupakan kebiasaan baik yang bisa membuat buah hati belajar membaca, mengasah perkembangan otak serta imajinasinya.

5. Berbagi Cerita

pillowtalk dengan anak
americanadoptions.com

Biasakan anak untuk berbagi cerita tentang segala aktivitas hariannya sebelum tidur. Secara nggak langsung, hal ini akan meningkatkan bonding antara buah hati dan orang tua.

Selain itu, kebiasaan baik yang satu ini juga nantinya akan membuat si kecil nggak sungkan untuk menceritakan berbagai hal kepadamu saat beranjak dewasa. Sehingga, akan lebih mudah untuk memberikan dukungan positif dan memahami perasaannya.

Wah, ternyata kebiasaan baik sebelum tidur nggak cuma menyikat gigi saja ya Sobat Qupas. Yuk terapkan sejak dini kepada buah hati.