5 Kebiasaan Baik yang Penting Diajarkan Agar Anak Menghormati Guru

25 November 2019, at 15:00
0
0
5 Kebiasaan Baik yang Penting Diajarkan Agar Anak Menghormati Guru

Selamat Guru Nasional!

Menggantikan peran orang tua di sekolah, guru merupakan sosok penting yang menjadi salah satu penentu kesuksesan anak di masa depan. Maka dari itu, sudah sepantasnya buah hati diajarkan untuk menghargai dan menghormati guru mereka.

Agar anak menghormati gurunya, 5 kebiasaan berikut ini bisa kamu ajarkan sejak dini lho Bunda. Apa saja ya?

1. Menyapa dan Bersalaman

hari guru
creativechinese.com

Kebiasaan baik pertama yang perlu diajarkan kepada buah hari adalah menyapa dan bersalaman setiap kali bertemu dengan gurunya.

Meskipun sepele, namun hal tersebut dapat menunjukkan rasa hormat anak kepada gurunya dan membuat mereka menjadi lebih dekat.

2. Biasakan Berterima Kasih dan Meminta Maaf

hari guru nasional
worldfuture.org

Selain itu, buah hati juga perlu diajarkan untuk berterima kasih apabila mendapatkan bantuan dan meminta maaf jika melakukan sesuatu yang salah.

Apabila anak sudah terbiasa melakukan hal tersebut, maka kebiasaan ini juga akan terbawa ke sekolah sehingga si kecil akan lebih mudah menghormati gurunya.

3. Ajarkan Anak untuk Nggak Memotong Pembicaraan

Anak-anak mungkin sangat suka membicarakan banyak hal, oleh sebab itu orang tua perlu menanamkan pada buah hari agar nggak memotong pembicaraan orang lain dan menunggu giliran.

Kebiasaan ini akan membuat si kecil lebih mudah mendengarkan guru saat berada di sekolah, baik saat memberikan materi maupun saat menegur buah hati yang melakukan kesalahan.

Baca Juga: Anak Nggak Suka dengan Gurunya, Orang Tua Harus Bagaimana?

4. Tanamkan Kebiasaan Suka Menolong

mengajari anak menghormati guru
flipboard.com

Kebiasaan baik lainnya yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini adalah suka menolong. Tanamkan nilai kebaikan tersebut pada si kecil dalam proses tumbuh kembangnya.

Kebiasaan tersebut akan membuat tangan anak menjadi lebih ringan saat menolong orang lain, baik orang tua, teman-teman, maupun guru di sekolah.

5. Menghormati Semua Orang

anak menghormati guru
istockphoto.com

Meminta anak untuk menghormati guru saja terkadang nggak cukup bisa membuat si kecil melakukannya. Oleh sebab itu, ajarkan buah hati untuk menghormati semua orang sejak dini.

Cara tersebut akan membuat anak terbiasa untuk menghargai siapa saja, termasuk guru di sekolah, tanpa memandang usia, status sosial, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Tata Krama yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Usia Dini

Si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan sopan apabila 5 kebiasaan tersebut sudah ditanamkan sejak kecil. Nggak hanya hormat kepada guru, buah hati akan menghargai semua orang tanpa terkecuali.

Maka dari itu, sangat penting bagi Sobat Qupas untuk memberikan contoh kepada anak terkait 5 kebiasaan di atas. Jangan hanya meminta buah hati melakukannya tanpa ada contoh nyata ya!

0 Comment