Qupas Beauty

5 Kebiasaan Ketika Merawat Wajah Ini Ternyata Justru Bisa Merusak Kulit, Jangan Diulangi!

29 August 2020, at 06:09
5 Kebiasaan Ketika Merawat Wajah Ini Ternyata Justru Bisa Merusak Kulit, Jangan Diulangi!

Ketika merawat wajah, terkadang kita melakukan beberapa hal yang justru merusak kulit. Parahnya lagi, hal itu jarang disadari dan sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan.

Nah, dirangkum dari unggahan beauty influencer sekaligus pemilik brand kecantikan Krave Beauty, Liah Yoo, 5 kebiasaan yang merusak kulit ini sebaiknya kamu hentikan mulai dari sekarang!

1. Terlalu lama mencuci wajah

Kebiasaan yang Dapat Merusak Kulit (Foto: instagram.com/sebamed.id)
instagram.com/sebamed.id

Membersihkan wajah memang hukumnya wajib. Tapi, jangan terlalu sering dan menghabiskan terlalu banyak waktu ya.

Sebab, terlalu sering membersihkan wajah dengan durasi lama bisa menguras nutrisi yang dibutuhkan kulit hingga berpotensi menyebabkan acne detergicans. Yakni kondisi dimana jerawat akan timbul akibat reaksi terhadap kandungan dalam sabun cuci muka.

Jadi sebaiknya, cukup mencuci muka sebanyak dua kali sehari dengan durasi masing-masing selama sekitar 60 detik. Hal ini sudah cukup untuk membebaskan wajah dari segala kotoran tanpa merusak skin barrier.

2. Menyiksa kulit dengan pemakaian kapas

Kebiasaan Merusak Kulit (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Tanpa disadari, pemakaian kapas, cleansing wipes, peeling pad, hingga handuk juga berpotensi merusak kulit. Apalagi kalau kamu menggosokkannya dengan keras.

Sebagai tips, kurangi penggunaan kapas ketika mengaplikasikan skincare dan pembersih wajah. Atau, kamu bisa memilih kapas yang nggak bertekstur dan permukaannya lembut.

Selain itu, jangan menekan kapas ke kulit dan menggosoknya. Cukup usapkan secara perlahan dan pastikan semua permukaan kapasnya cukup basah.

Sebab, permukaan kapas yang masih kering sangat berisiko melukai kulit.

Baca juga: Terasa Sepele, Malas Membersihkan Makeup Ternyata Bawa 5 Bahaya Ini ke Wajahmu

3. Tak membilas cleansing water

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah (Foto: instagram.com/3ce_official)
instagram.com/3ce_official

Kebiasaan yang bisa merusak kulit selanjutnya adalah, nggak membilas wajah setelah memakai cleansing water. Produk pembersih wajah yang satu ini biasanya memang diklaim bisa digunakan tanpa perlu dibilas lagi.

Selain itu, agen pembersih yang dimilikinya memang lebih lembut daripada foam cleanser. Tapi yang luput dari perhatian, formulanya masih bisa mengganggu kelembapan alami kulit.

Nah supaya lebih aman, baiknya bilas wajah setelah penggunaan produk cleansing water dengan air hangat sebelum mengaplikasikan skincare yang lain.

4. Penggunaan produk jerawat yang berlebihan

Kebiasaan Merusak Kulit Wajah (Foto: instagram.com/sokoglam)
instagram.com/sokoglam

Terkadang, beberapa wanita terlalu buru-buru memborong skincare anti acne dan mengaplikasikannya sekaligus pada wajah. Harapannya supaya jerawat bisa cepat tersingkir.

Padahal nggak demikian cara kerjanya. Memakai beragam produk untuk jerawat sekaligus ternyata bisa berakibat buruk bagi wajah karena sebagian besar skincare anti acne berpotensi membuat kulit kering.

Bila produk seperti face wash, toner, hingga pelembab anti acne digunakan secara bersamaan, wajah justru bisa mengalami peradangan. Baiknya aplikasikan skincare dengan seimbang ya.

Sebagai contoh, imbangi pemakaian skincare anti acne dengan produk perawatan yang bersifat hydrating dan moisturizing. Di sela-sela itu, kamu juga bisa memakai exfoliating product seperti BHA untuk mengikis sel-sel kulit mati.

5. Terlalu dini memakai skincare anti aging

Kebiasaan Merusak Kulit (Foto: instagram.com/glowrecipe)
instagram.com/glowrecipe

Produk anti aging yang beredar di pasaran jumlahnya sangat banyak. Dari riset yang pernah dilakukan oleh salah satu brand kecantikan asal Jepang, skincare tersebut bisa kamu pakai sejak usia 25 tahunan.

Tapi perlu diingat juga, bahan skincare anti aging seperti retinol menjadi kurang baik kalau dipakai terlalu dini. Apabila usia kamu masih remaja atau awal 20 tahunan, penggunaan sunscreen dan produk yang bersifat hydrating sudah cukup untuk menjaga kulit supaya tetap sehat.

Baca juga: Nggak Perlu Nunggu Keriput, Ini Waktu yang Tepat untuk Mulai Pakai Skincare Anti Aging

Nah, itulah 5 kebiasaan yang merusak kulit wajah tapi sering kali nggak disadari. Kamu pernah melakukannya juga?